BII Kaplan
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

5 Alasan Kuliah Di Singapura Buat Pelajar Indonesia!

Alasan kuliah di Singapura – Setuju gak nih guys kalau pendidikan adalah salah satu investasi terbesar untuk anak-anak muda di masa depan? Karena itu banyak banget orang-orang yang rela merogoh kocek lebih banyak untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi hingga ke luar negeri. Memang banyak negara-negara di luar negeri yang menawarkan program pendidikan kelas dunia.

Salah satunya adalah Singapura. Singapura adalah negara ASEAN yang terkenal dengan keunggulannya di bidang pendidikan loh. Bahkan banyak juga para pelajar di Indonesia yang melanjutkan kuliah di Singapura loh. Yuk, simak berbagai alasan kenapa kamu harus kuliah di Singapura!

1. Secara geografis dekat dengan Indonesia!

Alasan kuliah di Singapura yang pertama adalah letak geografis dari Singapura terbilang sangat dekat dengan Indonesia loh guys. Hal ini menjadi salah satu alasan kuliah di Singapura bagi para pelajar.

Bahkan fakta bahwa biaya transportasi ke Singapura bisa jauh lebih murah dari beberapa penerbangan antar kota di Indonesia adalah satu hal yang perlu diperhatikan dalam poin ini. Jadi, kalau kamu melanjutkan studi di Singapura, kamu bisa lebih hemat untuk pulang ke Indonesia loh.

2. Gak jauh beda dengan Indonesia

Hal ini bisa menjadi salah satu alasan kuliah di Singapura. Situasi dan kondisi di Singapura gak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia di dalam beberapa hal. Hal ini penting banget untuk bisa menempuh studi, kalau kamu tinggal di Singapura, gak akan terlalu membuat culture shock. 

3. Tingkat kriminalitas rendah

Alasan kuliah di Singapura yang selanjutnya adalah tingkat kriminalitas di Singapura cukup rendah. Jadi, kamu gak perlu khawatir nih kalau harus hidup di sana selama beberapa waktu atau mungkin hanya sekedar berlibur di Singapura.

4. Biaya hidup lebih murah

Biaya hidup selalu menjadi pertimbangan bagi para pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikannya di luar negeri. Bisa dibilang kalau kuliah di Singapura memiliki biaya hidup yang lebih murah kalau dibandingkan dengan negara-negara di Eropa atau Amerika. 

5. Budayanya beragam

Salah satu alasan kuliah di Singapura yang selanjutnya adalah budaya di Singapura sangat beragam, mirip-mirip dengan di Indonesia loh. Berbagai suku bangsa dan bahasa bisa kamu temukan di Singapura karena selain dari Indonesia, banyak para pelajar dari negara lain yang menempuh pendidikan di Singapura.

Buat kamu yang pengen melanjutkan kuliah ke Singapura, tapi masih bingung kampus mana yang ingin kamu tuju. Jangan khawatir guys! Karena goKampus memiliki dua kampus favorit di Singapura incaran para pelajar Indonesia yang bisa kamu daftarkan langsung di aplikasi goKampus. Apa aja ya? Ini dia!

1. PSB Academy Singapura

Kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di Singapura, nama PSB Academy harus masuk ke top list kamu nih. PSB Academy adalah sebuah institusi yang terkenal di dunia dengan memiliki program pendidikan kelas dunia.

Sumber: PSB Academy

PSB Academy memiliki lebih dari 600 staf akademik dan siap untuk mendidik lebih dari 10 ribu mahasiswa setiap tahunnya. PSB Academy gak hanya memprioritas kualitas akademik tapi PSB Academy juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan industri saat ini.

Durasi program kuliah di PSB Academy bisa dibilang termasuk singkat loh guys. Untuk mendapatkan gelar Bachelor Degree/S1 hanya butuh waktu 3 tahun aja.

Yang menarik adalah kamu akan menghabiskan waktu 2 tahun kuliah di PSB Academy Singapura dan 1 tahun terakhir di UK/AS/AUS! Namun, durasi program pembelajaran ini beda-beda loh ya tergantung dengan program studi yang kamu pilih.

PSB Academy juga memiliki kerja sama dengan berbagai universitas terkemuka di dunia. Diantaranya adalah  La Trobe University, The University of Newcastle Australia, The University of Western Australia, University of Wollongong, Coventry University, Edinburgh Napier University dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: APU, Universitas Di Malaysia Favorit Bidang Teknologi!

Mahasiswa akan mendapatkan gelar diploma dari PSB Academy yang diterima oleh berbagai universitas bergengsi. Dan untuk gelar sarjana, mahasiswa akan mendapatkan ijazah dari universitas mitra. 

Bidang studi yang dapat dipilih student untuk memperoleh fasilitas ini adalah Accounting & Finance, Business & Communications, Engineering & Technology, Life & Physical Science serta Languages Program.  Seluruh program studi dapat diselesaikan rata-rata dalam kurun waktu 15 bulan atau 5 semester.

PSB Academy juga memiliki dua kampus nih, kampus pertama lokasinya ada di Marina Square, dimana kampus tersebut khusus untuk jurusan bisnis, keuangan, dan lain-lain yang tidak membutuhkan laboratorium. Pemandangan dari kelas juga menghadap langsung ke Marina Bay Sands dan Singapore Flyer.

Kebayang gak kelas kita bisa punya pemandangan yang keren kayak gitu? Kampus kedua berlokasi di Toa Payoh, kampus kedua ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan teknologi seperti engineering, matematika, dan seluruh hal yang berkaitan dengan IT dan membutuhkan laboratorium.

Saat kuliah di sini, kamu gak perlu takut kesepian loh, karena banyak sekali mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Singapura. Hal ini karena jarak dari Indonesia dan Singapura cukup relatif dekat dan harga tiket tidak terlalu mahal, berbeda jika kita memilih kuliah di Amerika atau UK.

Nah, buat kamu mahasiswa Indonesia yang takut gak punya teman disana atau mungkin kepikiran gak punya kenalan. Kamu jangan khawatir! Karena di PSB Academy pun juga memiliki komunitas khusus untuk mahasiswa dari Indonesia loh! Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut mengenai PSB Academy!

2. Management Development Institute Of Singapore (MDIS)

Kampus kedua yang harus masuk ke dalam list perkuliahanmu kalau ingin melanjutkan pendidikan di Singapura adalah Management Development Institute of Singapore atau yang biasa disingkat dengan MDIS. MDIS adalah sebuah kampus swasta papan atas tertua di Singapura loh guys. 

Sumber: www.google.com/MDIS Singapore

Selain di Singapura, MDIS memiliki tiga kampus internasional lainnya di Uzbekistan, Malaysia, dan India. MDIS juga memiliki lebih dari 13 ribu mahasiswa yang berasal dari 82 negara di dunia. MDIS juga berkomitmen untuk selalu menjunjung tinggi semangat dan secara aktif memberikan pendidikan kualitas dunia kepada anak-anak muda. 

Dengan  memilih berkuliah di MDIS Singapura, mahasiswa akan memperoleh beberapa keuntungan dengan disediakannya kursus, seminar, dan layanan manajemen, serta berbagai peluang yang terakreditasi dengan baik untuk berkembang secara profesional melalui program akademis. Program-program yang tersedia di MDIS tersebut akan membantu para mahasiswanya meraih kesuksesan akademis dan mencapai karir idaman mereka.

MDIS juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri secara profesional  melalui program-program sertifikat, diploma, sarjana, hingga pascasarjana. Sejumlah program yang terakreditasi di bidang Bisnis dan Manajemen, Komunikasi Massa, Ilmu Biomedis, dan Teknologi Informasi yang ditawarkan, bekerja sama dengan sejumlah universitas ternama di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Beberapa program studi yang bisa dipilih di MDIS seperti bisnis dan manajemen, teknik, desain fashion, ilmu kesehatan, media dan komunikasi, teknologi informasi, psikologi, dan manajemen travel, pariwisata dan perhotelan, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliah MDIS cukup terjangkau loh guys. Besarnya biaya kuliah ditentukan dari jenis program studi dan tingkatan program yang diambil. Contohnya untuk Program Diploma Bisnis, MDIS memberlakukan biaya kuliah rata-rata per tahun sebesar +/- SG$6.955, sementara untuk Program Sarjana (S1) Studi Bisnis dan Keuangan, memberlakukan biaya kuliah rata-rata +/- SG$28.890 per tahun.

Umumnya untuk biaya hidup, para mahasiswa internasional mengeluarkan biaya sekitar +/- SG$8.238 per tahunnya dengan biaya rata-rata untuk sewa akomodasi kampus sekitar +/-  SG$8.400 per tahun.  Kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut mengenai MDIS ya!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *