panduan kuliah ke Jerman
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

5 Panduan Kuliah Di Jerman Khusus Untuk Kamu!

Panduan kuliah di Jerman – Jerman merupakan salah satu destinasi kuliah di luar negeri yang selalu jadi incaran para pelajar di Indonesia nih guys. Mulai dari pendidikannya yang memiliki kualitas yang tinggi, kehidupan perkotaan yang menyenangkan, banyak tempat hiburan yang bisa dikunjungi, hingga budaya yang beragam dari orang-orang yang datang dari berbagai negara semuanya hadir di Jerman.

Buat kamu yang masih bingung gimana caranya bisa lanjut kuliah ke Jerman, tenang aja guys! goKampus akan bantu kamu memberikan informasi mengenai panduan kuliah di Jerman. Kepoin artikel ini yuk!

Kuliah di negara Jerman memang memiliki persyaratan khusus yang agak berbeda dengan negara lainnya loh. Namun, bukan hal yang mustahil kalau kamu ingin mengambil kuliah ke Jerman. Kira-kira bagaimana ya panduan kuliah ke Jerman?

1. Memilih jurusan dan kampus yang tepat

Panduan pertama untuk kuliah ke Jerman yang pertama adalah kamu harus bisa menentukan dulu jurusan dan kampus yang memang kamu incar nih guys. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau konsultasi dengan goKampus yang bisa menjamin kamu untuk mengurus kuliahmu di luar negeri nih.

Nah, kalau kamu jurusan dan kampus yang kamu incar udah matang, maka kamu lebih gampang untuk bisa mempersiapkan banyak hal lain untuk melanjutkan rencana studi selanjutnya.

2. Menguasai bahasa Jerman secara mendalam

Panduan kedua kuliah ke Jerman adalah sebisa mungkin kamu menguasai basic bahasa Jerman dulu nih karena para penduduk Jerman gak berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa Inggris, jadi wajib banget nih buat kamu pelajar Internasional untuk bisa mendalami bahasa Jerman dengan baik agar dalam kehidupan sehari-hari kamu gak kebingungan. 

3. Bisa mengikuti foundation terlebih dulu

Panduan kuliah ke Jerman yang ketiga adalah kamu bisa mengikuti Foundation terlebih dulu. Kamu bisa kuliah di Jacobs University International College (JUIC) yang merupakan bagian Oxford International Education Group (OIEG) dan bisa melanjutkan pendidikanmu di berbagai kampus terbaik di Jerman khususnya di Jacobs University.

Berbagai program yang ditawarkan oleh OEIG JUIC akan mempersiapkan para pelajar internasional untuk melanjutkan ke program sarjana di Jacobs University. Dengan mengembangkan standar tertinggi dalam kurikulum penelitian dan pembelajaran,OEIG JUIC sudah banyak meluluskan mahasiswa yang berkompetensi untuk bisa mendapatkan gelar sarjana secara lengkap.

Kamu juga akan mendapatkan pembelajaran bahasa Jerman untuk memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh kampus terkait.

Baca Juga: Mau Kuliah Di Amerika? Oregon State University aja!

4. Rencanakan keuangan secara matang!

Panduan kuliah di Jerman yang selanjutnya adalah kamu harus memiliki rencana keuangan secara matang. Kamu bisa menentukan apakah kamu ingin melanjutkan kuliah dengan mengambil beasiswa, biaya mandiri, atau biaya lainnya. Rencana keuangan ini dibutuhkan agar saat kamu melanjutkan pendidikan di Jerman tidak ada kendala di masalah biaya guys.

5. Pengajuan visa dan kedatangan di Jerman

Panduan kuliah ke Jerman yang paling penting adalah soal pengajuan visa ke kedutaan besar Jerman. Pengajuan visa ini membutuhkan berbagai dokumen yang diminta misalnya seperti paspor, bukti jaminan finansial, sertifikat bahasa, bukti penerimaan, dan lain sebagainya. Jadi, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen ini dari jauh-jauh hari ya.

Dengan mengikuti pembelajaran di OIEG JUIC, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Jacobs University loh guys. Jacobs University merupakan no. 1 universitas swasta terbaik di Jerman dan berlokasi di Bremen, Jerman. Bisa dibilang bahwa Jacobs University merupakan salah satu universitas paling internasional di dunia.

Sumber: Portal Oxford International Education Group

Lebih dari 1,500 siswa yang tersebar lebih dari 120 negara saat ini tinggal dan belajar di Jacobs University untuk mempersiapkan karir internasional mereka khususnya dalam bidang bisnis dan sains. 

Jacobs University juga menawarkan program studi yang luas mulai dari sains, matematika, hingga ilmu sosial dan ekonomi. Para mahasiswa lulusan Jacobs University juga banyak yang memilih untuk melanjutkan karir mereka di perusahaan-perusahaan terbaik di Jerman.

Jacobs University secara konsisten juga mempertahankan nilai tertinggi dalam peringkat universitas yang paling komprehensif dan terperinci di Jerman Di satu sisi, kuliah ke Jerman ada banyak kelebihannya loh guys. Misalnya aja seperti ini:

1. Bertemu dengan banyak orang baru

Salah satu kelebihan kamu kuliah di luar negeri adalah kamu akan bertemu orang dari berbagai penjuru dunia. Meskipun dengan berkuliah di dalam negeri, peluang membuat pertemanan baru juga terbuka sama lebarnya, namun feelingnya akan terasa berbeda dibandingkan kamu kuliah di luar negeri.

2. Mengenal tempat baru

Sebagian dari kita mungkin berpikir dengan kita kuliah di luar negeri pastinya lebih malu dan lebih sulit untuk bisa beradaptasi dengan tempat baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya. Nyatanya gak loh.. Kuliah di luar negeri justru sangat memungkinkan kamu untuk merasakan tempat dan pengalaman berbeda yang mungkin bisa kita dapatkan di kota asal.

Bahkan gak cuman tempat baru aja, tapi kamu bisa semakin beradaptasi dengan cuaca dan budaya di masing-masing daerah yang kunjungi.

3. Kesempatan berkarir lebih besar

Jika tujuan terakhir kamu adalah untuk meniti karir di luar negeri, maka itu bagus untukmu karena kamu bisa mendapatkan networking yang lebih luas dan kesempatanmu untuk bisa berkarya di luar negeri di berbagai perusahaan besar bisa terbuka sangat lebar.

Pendapatan yang mungkin kamu dapatkan juga akan lebih tinggi dan kamu bisa belajar dan mengeksplor banyak hal saat kamu di luar negeri.

4. Homesick!

Nah, ini adalah hal yang paling menyedihkan di momen saat kamu kuliah di luar negeri, karena kamu pastinya akan langsung terbiasa hidup dan tinggal sendiri serta jauh dari keluarga khususnya orang tua.

Saat kamu kuliah di luar negeri, tentunya jadwal kamu untuk bisa pulang ke Indonesia pun juga dibatasi loh, apalagi biaya yang tergolong lumayan mahal untuk kamu bisa terbang ke Indonesia.

Tapi, hal positifnya adalah kamu bisa belajar untuk hidup mandiri tanpa adanya ketergantungan dari orang tua, mulai dari makan hingga tabungan pun kamu yang memutuskan sendiri, sehingga secara gak langsung kamu akan belajar untuk memutuskan segala sesuatu dalam hidupmu.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu juga bisa klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *