Bagikan
scoll top
 
goKampus

8 Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

Buat kamu yang saat ini masih duduk di bangku kelas 12 SMA atau SMK, pastinya kamu sudah kepikiran buat kuliah di mana nantinya. Nah, kamu harus membuat perhitungan dulu nih gimana ya cara memilih kuliah yang pas? kira-kira apa ya jurusan dan program studi yang pas sesuai dengan minat dan bakatmu, karena di luar sana banyak sekali jurusan yang mungkin akan terdengar asing atau baru kamu tau saat sedang mencari kampus.

Jurusan kuliah yang kamu pilih di perguruan tinggi pastinya merupakan hal penting untuk dipertimbangkan, karena keputusan tersebut akan sangat mempengaruhi pilihan karirmu setelah lulus perkuliahan. Sehingga, kamu harus mulai menjelajahi minat dan mengetahui apa yang kamu sukai. Ada beberapa tips bagaimana cara memilih jurusan kuliah sesuai dengan kemampuanmu nih, apa aja sih? Simak yuk!

1. Pahami potensi dirimu!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil jurusan dan program studi tertentu untuk masuk ke kampus yang kamu inginkan, alangkah baiknya untuk kamu bisa mencari tau dulu nih apa yang kamu minati di masa depan. Misalnya aja sih kalo kamu merasa bahwa kamu memiliki potensi di bidang bahasa asing atau sastra, mungkin jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan sastra inggris atau jurusan Hubungan internasional bisa kamu ambil sesuai dengan kemampuanmu.

Cara memilih jurusan kuliah lainnya adalah kalau memang kamu merasa bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dari jenjang sebelumnya untuk fokus di mata pelajaran IPA, yang dimana memang kamu memfokuskan diri untuk pendidikan Dokter. Nah untuk memahami potensi dirimu, kamu bisa juga melakukan berbagai hal seperti mengikuti bimbel, atau ikut komunitas yang memiliki potensi yang sama,dan banyak cara lainnya.

2. Kenali passion!

Modal utama sebelum kamu fokus untuk berkarir di satu tujuan itu adalah passion atau hasrat yang kamu miliki. Jika kamu merasa kamu memiliki passion di bidang komunikasi, maka kamu jangan memaksakan diri untuk mengambil bidang kedokteran, karena kamu gak bisa mengambil jurusan yang berseberangan dengan kemampuan. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat bahkan menjadi salah satu hobi. Kalo kamu memang benar-benar memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion, pastinya saat kamu kuliah pun kamu akan bisa melewatinya dengan penuh kegembiraan.

3. Sesuaikan biaya kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah kamu harus menyesuaikan budget kuliah yang kamu punya dengan biaya kuliah di kampus yang kamu inginkan. Nah, untuk biaya kuliah di setiap jurusan itu berbeda-beda, ada yang mahal banget hingga ratusan juta tapi ada juga yang kurang dari puluhan juta.

Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apapun, penting banget untuk pertimbangkan keuangan dari orang tua atau uang kamu sendiri. Jangan sampai kamu mengambil jurusan yang biayanya sangat mahal namun kamu dan orang tua tidak punya persiapan budget yang cukup. Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orang tua dulu terkait jurusan yang mau kamu ambil dan pertimbangkan biayanya. Kalau semuanya sudah sesuai dengan diskusi, pastinya kamu gak akan bisa kebingungan untuk mendaftarkan diri ke kampus yang memang kamu inginkan.

Baca Juga : 12 Jurusan Kuliah IPS Favorit Pelajar

4. Lihat peluang karir di bidang tersebut!

Cara memilih jurusan kuliah yang keempat adalah kamu harus bisa melihat peluang apakah jurusan yang akan kamu pilih itu memiliki peluang pekerjaan yang cukup oke di masa depan. Cara memilih jurusan kuliah adalah kamu harus mengambil jurusan yang memang sekiranya memiliki peluang kerja yang cukup tinggi. Misalnya saja kalau kamu mengambil jurusan pariwisata, maka kamu harus melakukan riset dulu nih tentang peluang kerja untuk lulusan mahasiswa di bidang pariwisata, kalau kamu merasa bahwa pekerjaan di bidang pariwisata bisa stabil di masa depan.

5. Riset yang mendalam!

Cara memilih jurusan kuliah kelima adalah lakukan riset yang mendalam terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa kamu lakukan dengan mencari tau tentang lokasi, mata kuliah, lulusan kampus, hingga biaya kuliah per semesternya. Riset ini bisa membuat kamu semakin yakin apakah kamu akan fokus mengambil jurusan tersebut atau gak.

Sebelumnya nih buat kamu yang daftar di beberapa kampus atau di beberapa jurusan, kamu harus melakukan riset dan membandingkan antara satu demi satu jurusan. Nah, dari riset ini kamu bisa menaruhnya sebagai pilihan dan menunggu hasil nantinya.

6. Jangan ikut-ikutan teman!

Hal ini sepele tapi bisa merugikan loh! Jangan pernah ikut-ikutan teman kalau kamu ingin daftar kuliah. Ini adalah salah satu cara memilih jurusan kuliah yang mungkin banyak dilanggar orang. Apapun alasannya yang penting adalah pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakatmu.

Jangan kamu memilih jurusan kuliah hanya karena teman atau gebetan yang mungkin kamu suka. Meskipun mungkin nantinya gak masalah kalau ternyata di kampus yang sama kamu ketemu teman lamamu, atau gak masalah kalau nanti di awal kamu gak dapat teman kuliah, karena seiring berjalannya waktu teman kamu juga akan datang sendiri. Yang penting adalah kamu harus fokus dengan apa yang akan diperoleh.

7. Konsultasi dengan ahli professional!

Cara memilih jurusan kuliah yang ketujuh adalah kalau kamu bingung dan merasa butuh arahan tentang kampus atau soal jurusan yang ingin kamu ambil, solusinya adalah kamu gak perlu malu untuk coba berkonsultasi dengan orang-orang terdekat atau orang yang paham dengan dunia perkuliahan. Misalnya nih kamu bisa berkonsultasi dengan guru, orang tua, kakak tingkat, atau siapa saja yang mungkin lebih ahli di bidang ini. Tanyakan semua pertanyaan yang mungkin akan kamu butuhkan nanti, siapatau guru-gurumu bisa memberikanmu pandangan lebih lanjut ya!

8. Tau konsekuensi dan tanggung jawab!

Mungkin saja saat kamu sudah menjalani dunia perkuliahan pastinya akan berbeda dengan info-info yang kamu riset saat memilih kuliah. Nah, kamu harus tau tentang konsekuensinya dan belajar untuk bertanggung jawab menyelesaikan perkuliahan.

Jangan sampai hasil riset yang kamu lakukan sebelumnya gak sesuai dengan pembelajarannya, kamu langsung malas-malasan begitu aja ya! Meskipun ada yang gak sesuai dengan ekspektasi, kamu harus bertanggung jawab menyelesaikan perkuliahan dan sebisa mungkin tetap aktif berkontribusi agar bisa menjadi bekal untuk di dunia kerja nantinya.

Gimana menurutmu 8 tips cara memilih jurusan kuliah dari goKampus? Udah siap untuk memilih kuliah belum? Yuk, kunjungi halaman ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang dunia perkuliahan.

Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-