mahasiswa baru
Daftar Kuliah

8 Tips Dan Trik Menjadi Mahasiswa Baru Di Kampus

Berubah menjadi status mahasiswa adalah momen yang paling menegangkan untuk ditunggu-tunggu. Siap-siap duduk di depan laptop dan mendapatkan email dari kampus impian bahwa kita diterima untuk kuliah di jurusan yang kita inginkan, selalu jadi harapan semua pelajar SMA. tentunya dunia mahasiswa baru akan jauh berbeda dengan masa sekolah, mulai dari suasana, pertemanan, sistem pembelajaran, hingga tantangan yang akan kamu hadapi. Gak jarang, banyak pelajar yang masih merasa khawatir dan cemas saat menghadapi masa-masa perubahan jadi mahasiswa baru di kampus.

Biasanya sebagai mahasiswa baru yang paling ditakuti adalah saat masa-masa menuju orientasi, bertemu dengan para senior, dan mendapatkan tugas yang bertubi-tubi. Namun, sebenarnya menjalani kehidupan awal menjadi mahasiswa baru itu merupakan hal yang menyenangkan loh khususnya saat orientasi.

Gak semua kampus memiliki orientasi seperti yang kamu takuti, bahkan gak jarang kamu akan menemukan banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang kampus dan jurusanmu saat di masa orientasi. 

Kesuksesan seorang mahasiswa di kampus bisa dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari sistem perkuliahan, budaya mengajar, dosen, lingkungan, keluarga, dan yang paling penting diri sendiri.

Banyak mahasiswa yang mengejar prestasi di bidang akademik namun lupa untuk mengasah potensinya di bidang non-akademik. Mungkin saat kamu masih SMA, fokus di akademik aja menjadi pilihan utama, tapi saat kamu menyentuh dunia perkuliahan, kamu harus memiliki skill dan kemampuan yang seimbang loh antara akademik dan non-akademik. 

Saat menjadi seorang mahasiswa baru, kamu akan menemukan banyak sekali kegiatan yang memaksamu untuk terus beradaptasi dengan keadaan perkuliahan.

Kamu tau gak? Waktu jadi Maba, kamu harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Beda banget dengan dunia SMA, saat kuliah kamu akan diajari dan dilatih untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam bidang akademik maupun non-akademik, sehingga sejak awal perkuliahan, kamu akan diperkenalkan dengan banyak sekali kegiatan atau acara kampus yang sedang berjalan!

Nah, supaya kamu gak galau gimana caranya beradaptasi, goKampus akan kasih kamu 4 tips dan trik menjadi mahasiswa baru di kampus! Simak artikel ini ya!

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

1. Manfaatkan ospek jadi masa buat beradaptasi

Tips menjadi mahasiswa baru di kampus yang pertama adalah kamu harus bisa belajar untuk beradaptasi secara singkat dan cepat, kamu bisa memanfaatkan masa ospekmu untuk beradaptasi dan menjalin relasi baru loh. Kamu gak perlu takut atau malu untuk ngobrol dengan mahasiswa lain dari jurusan yang beda, karena siapa tau kalian akan membutuhkan satu sama lain saat udah di semester akhir nanti!

2. ‘Malu Bertanya Sesat di Jalan’

Kamu pasti tidak asing lagi kan dengan peribahasa ‘malu bertanya sesat di jalan?’ benar banget! Menjadi mahasiswa baru yang aktif bertanya di kelas merupakan suatu hal positif yang bisa membantu kamu mengasah kemampuan dalam berpikir. Sehingga, kamu akan mudah menjalin pertemanan dengan teman sekelas ataupun dosen.

Contohnya, jika kamu bisa bertanya beberapa pertanyaan yang kamu tidak mengerti jawabannya, atau kamu membantu memecahkan sebuah persoalan di mata kuliah itu. Otomatis kamu akan dianggap sebagai mahasiswa baru yang kece di kelas!

3. Jadi Mahasiswa ‘Kura-Kura’

Mahasiswa ‘Kura-Kura’ artinya mahasiswa yang ‘Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat’. Kamu bakal jadi mahasiswa baru yang keren nih kalau kamu aktif banget di organisasi yang kamu suka. Jangan cuma selesai kelas langsung pulang ke rumah, sebisa mungkin jadikan dirimu mahasiswa ‘Kura-Kura’, secara tidak langsung kamu akan melatih dirimu bagaimana caranya membagi waktu antara kuliah dan organisasi.

Kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu dan kesempatan untuk berkontribusi membawa nama baik kampus dalam kegiatan-kegiatan di organisasi kamu.

Baca Juga: 10 Cara Belajar Yang Baik Untuk Mahasiswa

4. Aktif Media Sosial

Media sosial bukan cuma untuk panjat sosial, tapi ada banyak sekali keuntungan kalau kamu bisa menggunakan media sosial dengan baik saat kuliah. Dengan media sosial, kamu bisa memperluas jaringan dan pertemanan bahkan dengan mahasiswa di universitas lain. Kamu juga bisa berteman dan saling belajar dari satu sama lain. Selain itu, media sosial juga bisa membantu kamu mempertahankan eksistensi di kampus.

5. Berprestasi di bidang akademik dan non-akademik

Selama kuliah berlangsung, kamu jangan sampai menyia-nyiakan kesempatanmu untuk berprestasi juga dalam bidang non-akademik, ya! Kamu bisa bergabung dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu suka.

Bukan nggak mungkin loh, untuk berprestasi di bidang akademik, tapi juga eksis di bidang-bidang non-akademik! Yang penting adalah sebagai mahasiswa baru kamu harus berusaha untuk terus beradaptasi dan tumbuh dengan dunia kampusmu sebanyak mungkin! Siapa tahu kedepannya kamu akan menjadi lulusan terbaik di kampus favoritmu!

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

6. Atur keuanganmu secara matang

Biasanya saat menjadi mahasiswa baru, kamu akan lebih diberikan tanggung jawab untuk mengatur keuanganmu. Kamu akan dituntut untuk terampil dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan. Inilah pentingnya kamu belajar tentang financial planning atau perencanaan keuangan.

7. Cari gaya belajar yang paling ideal

Tips menjadi mahasiswa baru yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajar yang paling ideal dan cocok untukmu. Ini bisa jadi salah satu kunci kesuksesan di dunia perkuliahan loh. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang suka belajar di malam hari hingga subuh, ada juga yang suka belajar di pagi hari, ada yang senang belajar dengan mendengarkan lagu, dan ada juga yang belajar dengan kondisi yang tenang.

Cobalah untuk mencari gaya belajar yang ideal untukmu, karena kamu bisa memiliki persiapan jika tugas-tugas kuliah mulai menumpuk.

8. Kenali karakteristik dosen

Tips menjadi mahasiswa baru yang terakhir adalah kamu harus bisa mengenali karakteristik dosen yang mengajar kamu nantinya. Dengan mengenal karakteristik dosen, kamu bisa menyesuaikan model dan strategi belajarmu. Hal ini bisa membantu kamu untuk menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan loh.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *