Bagikan
scoll top
 
goKampus

Apa Saja Jurusan Kuliah Yang Pas Untuk Anak IPA/IPS?

Apa aja jurusan kuliah – Memilih jurusan kuliah bukan hal yang mudah loh.. Apalagi kalo sudah dekat masanya untuk daftar kuliah, pasti waktu kita habis terbuang deh untuk mencari tahu apa saja jurusan kuliah yang kira-kira sesuai dengan keahlian kita. Buat kamu anak kelas 12 SMA dengan jurusan IPA atau IPS, bisa jadi kamu masih bingung, galau, dan bertanya-tanya nih, kira-kira apa saja jurusan kuliah yang bisa diambil sebagai anak IPS atau IPA?

Nah, gak perlu khawatir. goKampus akan kasih penjelasan ke kalian apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk anak kelas 12!

A. APA SAJA JURUSAN KULIAH UNTUK ANAK IPS?

Buat kamu anak-anak IPS yang identik dengan “cinta hapalan dibanding cinta rumus”, ini ada beberapa rekomendasi pilihan jurusan yang bisa kamu sesuaikan dengan jurusan IPS kamu. Apa aja jurusan kuliah nya ya?

1. Ilmu Komunikasi

Apa saja jurusan kuliah anak IPS yang pertama ya? Nah, buat kamu anak-anak IPS yang identik lebih “cinta hapalan dibanding cinta rumus”, pilihan jurusan pertama yang bisa kamu ambil adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Meskipun namanya Ilmu Komunikasi, bukan berarti hanya orang-orang yang jago berkomunikasi saja yang bisa masuk ke jurusan ini. Tapi, di jurusan ini, kamu akan diajarkan dengan seluruh pelajaran-pelajaran seru yang masih ada kaitannya dengan Ilmu Komunikasi, seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain, membuat film, bahkan membuat sebuah iklan produk.

Intinya sih kamu akan mendalami aspek-aspek komunikasi baik secara teori maupun praktek. Dan kamu gak perlu bertanya-tanya lagi apa saja jurusan kuliah yang oke, karena kalau selama SMA suka dengan pelajaran sosiologi, bahasa, geografi, dan ekonomi. Selain itu, kalo kamu adalah lulusan Ilmu Komunikasi, kamu bisa mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai public relations, Hubungan Masyarakat (Humas), jurnalis, bahkan penyiar.

2. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang terkenal dan paling diminati oleh pelajar Indonesia nih guys. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas politik antar negara. Kamu akan mendalami ilmu seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, bahkan hukum-hukum yang ada di luar negeri. Ilmu-ilmu ini akan membuat kamu gak perlu bertanya-tanya lagi “apa saja jurusan kuliah yang cocok ya”, karena jurusan HI ini udah pasti oke banget buat kamu!

Baca Juga : Jurusan HI Jadi Pejabat? Apa Sih Yang Dipelajari?

3. Psikologi

Nah, kalo kamu bertanya-tanya, apa saja jurusan kuliah yang bisa membaca pikiran orang ya? Psikologi adalah jawabannya! Jurusan kuliah psikologi juga salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh para pelajar di Indonesia. Jurusan psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Biasanya sih para mahasiswa jurusan ini sering disebut sebagai “Cenayang” karena dianggap bisa membaca pikiran orang, padahal gak loh! Di jurusan psikologi kamu akan mendalami, dan meneliti alur pemikiran manusia dan alasan kenapa manusia memiliki perilaku atau tindakan yang seperti itu. 

Bahkan, jurusan psikologi menerima para pelajar SMA dari jurusan IPA maupun IPS loh! Jika kamu adalah mahasiswa lulusan Psikologi, kamu pasti gak akan asing lagi dengan pekerjaan HRD perusahaan, psikolog klinis, psikolog konseling, dan juga terapis.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah salah satu jurusan yang mempelajari dasar-dasar keuangan, seperti prinsip akuntansi, teori keuangan, akuntansi pajak bahkan kamu akan diperkenalkan dengan audit keuangan. Jurusan kuliah akuntansi ini cocok banget dengan kamu yang suka dengan dunia pembukuan atau keuangan dan matematika. Kalo kamu merupakan sarjana akuntansi, kamu akan familiar nih dengan dunia kerja akuntan, finance/keuangan, admin, ataupun manajer keuangan.

5. Ilmu Politik

Siapa disini yang pengen jadi anggota DPR? Buat kamu yang ingin bekerja menjadi anggota parlemen, jurusan ilmu politik cocok banget buat kamu guys! Mahasiswa yang memilih jurusan ilmu politik akan mendalami teori-teori serta praktik politik, kamu akan dituntut untuk bisa melakukan riset dan bersikap kritis dalam menganalisa setiap fenomena politik di dunia. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka pelajaran PPKN, sosiologi, dan ekonomi. Nah, kalau kamu adalah mahasiswa ilmu politik pastinya kamu memiliki banyak kesempatan kerja menjadi konsultan politik, anggota parlemen, politikus, dan pengamat politik.

B. APA SAJA JURUSAN KULIAH UNTUK ANAK IPA?

Sebelumnya ada 5 jurusan kuliah yang cocok untuk anak-anak kelas 12 SMA yang ambil jurusan IPS nih. Tapi, yang anak IPA jangan sedih dulu! Apa saja jurusan kuliah untuk anak IPA ya? Penasaran kan? Yuk kita bahas apa saja jurusan kuliah yang sering banget jadi incaran anak kelas 12 SMA yang ambil jurusan IPA.

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Apa saja jurusan kuliah yang pertama? Nah, buat kamu yang jago hitung menghitung dan memutar logika, kamu bisa mencoba masuk ke jurusan MIPA nih guys. Mahasiswa yang mengambil jurusan Matematika pastinya akan mempelajari ilmu matematika murni seperti analisis matematika, aljabar, geometri, serta statistika. Gak cuman itu, kamu juga akan mendalami banyak hal di ilmu matematika seperti pola, diagram, komputasi, dan banyak hal lainnya. Nah, meskipun peminat jurusan matematika masih gak terlalu banyak, tapi peluang kerja nya luas banget loh! 

Peluang kerja sebagai mahasiswa jurusan Matematika bisa menjadi seorang tenaga pengajar alias dosen, analisis perusahaan, teknik perminyakan, ahli statistika, ahli keuangan, bahkan menjadi astronom. Wah.. seru banget ya!

2. Teknik Sipil

Apa saja jurusan kuliah yang fokus ke urusan “bangun-membangun”? Teknik Sipil juaranya! Jurusan Teknik Sipil ini cocok banget buat kamu yang SMA nya dari jurusan IPA, karena di jurusan Teknik Sipil, kamu gak hanya fokus untuk pembuatan bangunan saja, tapi kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya memilih material yang cocok, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, kamu juga akan diberikan tanggung jawab yang besar untuk menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja seluruh orang yang terlibat. 

3. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini terkenal banget dengan jurusan teknik yang “gak teknik-teknik banget”, tapi buat kamu anak-anak SMA jurusan IPA yang mungkin masih galau apa saja jurusan kuliah yang oke, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh! Jurusan Teknik Industri sangat pas buat kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar hal-hal mengenai perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

4. Kedokteran

“Waktu kecil cita-cita kamu apa? Dokter. Emangnya apa saja jurusan kuliah yang bisa wujudin cita-citaku waktu kecil ya?”

Jurusan kedokteran jawabannya! Kedokteran merupakan salah satu program studi yang sangat terkenal dan digandrungi oleh banyak pelajar, khususnya yang ambil peminatan IPA nih. Meskipun peminatnya banyak, bukan berarti itu menjadi hal yang mudah loh untuk bertahan di jurusan ini. Di jurusan kedokteran, kamu akan mempelajari biologi kedokteran, kimia kedokteran, anatomi, fisika kedokteran, ilmu penyakit dalam, dan masih banyak lagi.

5. Farmasi

Nah, jurusan ini juga cocok untuk kamu yang tertarik ingin belajar di dunia kesehatan. Selain itu jurusan farmasi juga merupakan jurusan favorit di kalangan pelajar IPA nih. Memangnya belajar apa saja jurusan kuliah ini? Jurusan farmasi adalah jurusan yang mempelajari semua hal tentang jenis obat. Mulai dari bahan kimia, proses pembuatan obat, proses pengemasan obat, fungsi kegunaan obat, sampai bagaimana cara distribusi obat. Jadi kamu akan belajar semua hal tentang obat! 

Kalo kamu sering liat apoteker? Nah itu ada lulusan dari jurusan farmasi! Seorang ahli farmasi bertanggung jawab untuk memberikan obat yang tepat untuk berbagai penyakit sesuai dengan resep dokter. 

Nah, ini dia 10 jurusan terbaik yang bisa dipilih untuk anak IPA dan IPS. jadi, buat kamu yang kira-kira masih bertanya-tanya nih “apa saja jurusan kuliah yang cocok? jangan galau lagi ya! Karena semua persoalan tentang perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan bersama goKampus aja!

Semoga artikel dari goKampus menjawab kegalauan apa saja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-