beasiswa kuliah di korea
Tips Mahasiswa

Gagal Kuliah ke Korea? Cek Beasiswa Kuliah di Korea Ini Yuk!

Mau kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa? Kamu tau gak sih fakta sebenarnya Korea Selatan juga memiliki sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia loh.

Kalau kamu sering mengikuti drama-drama korea atau yang biasa kamu kenal dengan drakor, pasti kamu ada keinginan dan harapan nih buat bisa terbang ke Korea Selatan hanya sekedar untuk melihat-lihat negaranya. Apalagi kalau bisa sampai kuliah di sana.

Ternyata setiap tahunnya, pemerintah Korea Selatan membuka peluang beasiswa di sana untuk para pelajar internasional khususnya di Indonesia guys! Buat kamu yang mungkin masih takut gak bisa dapat kuliah karena belum berhasil di SBMPTN, kamu bisa loh coba untuk mendaftar ke beasiswa! goKampus akan kasih tau kamu 4 beasiswa kuliah di Korea, simak artikel ini yuk!

1. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa kuliah di Korea yang pertama adalah KGSP. KGSP merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan khusus untuk para pelajar di Indonesia. Yang gak kalah serunya lagi nih, KGSP menyediakan beasiswa mulai dari S1-S3 guys. 

Beasiswa dari KGSP juga meliputi berbagai macam loh guys, mulai dari biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, hingga pelatihan bahasa korea juga. Ada beberapa persyaratan pendaftar yang bisa kamu ikuti ya, yaitu:

  1. Bukan Warga Negara Korea Selatan
  2. Untuk beasiswa S1, maksimal usia 25 tahun, dan tidak melebihi 40 tahun untuk beasiswa S2.
  3. Telah menyelesaikan pendidikan SMA dengan baik untuk pendaftar beasiswa S1.
  4. Tidak pernah mendaftar ke universitas di Korea sebelumnya.
  5. Penerima KGSP sebelumnya dapat mendaftar kembali (hanya sebanyak 1 kali) jika telah mencapai skor TOPIK level 4, atau telah menerima surat rekomendasi dari Kedutaan Korea.
  6. GPA 80% ke atas dari pendidikan sebelumnya.

2. The Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship

Nah, salah satu beasiswa favorit adalah International Cooperation Agency (KOICA) nih guys. Program beasiswa kuliah di Korea ini juga memberikan beasiswa untuk negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa kuliah di Korea ini khusus untuk mereka yang ingin melanjutkan S2 di Korea untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan pembangunan dan ekonomi. Beasiswa dari KOICA juga mencakup tunjangan seperti:

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan bulanan
  3. Akomodasi
  4. Asuransi kesehatan
  5. Transportasi perjalanan

3. Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program

Mau kuliah di Korea Selatan tapi di bidang kehutanan? Beasiswa KGPA ini cocok banget buat kamu coba. Program beasiswa kuliah di Korea ini untuk kamu yang ingin mendalami jurusan terkait dengan kehutanan. Beasiswa ini khusus untuk lanjut S2, ya. 

4. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 

Kalau program beasiswa LPDP, pasti selalu jadi incaran para pelajar di Indonesia nih. LPDP memberikan beasiswa khusus untuk S2 dan S3 di berbagai perguruan tinggi di Korea Selatan nih seperti Pohang University of Science and Technology, Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Sungkyunkwan University, Yonsei University, Korea University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University. Untuk mendapatkannya bisa dengan berbagai cara mudah seperti mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti ketentuan seperti minimal GPA, dan organisasi yang kamu ikuti selama perkuliahan.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan emang gak akan pernah mudah guys. Sebisa mungkin kamu harus kuliah dulu dan mengikuti berbagai organisasi di kampus sebagai mahasiswa yang aktif untuk bisa mendapatkan peluang untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Takut gak keterima kuliah atau masih bingung mau kuliah jurusan apa? Daftar aja pake aplikasi goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam pasti diterima!

Foto oleh Ying Qi Chai dari Pexels

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *