Bagikan
scoll top
 
goKampus

Belajar Apa Aja Ya di Kuliah Jurusan Bisnis? Simak Yuk!

Dalam beberapa tahun ini dunia bisnis selalu jadi incaran para pelajar Indonesia nih guys. Seiring munculnya entrepreneur muda, banyak juga calon mahasiswa baru yang mulai mengambil kuliah jurusan bisnis nih. Hal ini juga berpengaruh loh dengan meningkatnya para perusahaan yang mencari lulusan mahasiswa dari kuliah jurusan bisnis.

Buat kamu mahasiswa yang kuliah jurusan bisnis pernah denger gak sih kalau kuliah jurusan bisnis itu hanya bakal fokus ke hitung-hitungan? Gak juga loh! kamu akan bicara dan mendalami banyak hal-hal penting yang terdiri dari hitungan maupun hafalan.

Belajar Apa Kalau Kuliah di Jurusan Bisnis?

Saat kuliah jurusan bisnis, kamu akan banyak mempelajari tentang bagaimana caranya kamu merancang strategi bisnis dan mengambil berbagai keputusan bisnis. Biasanya kamu akan mempelajari tentang ilmu-ilmu dan berbagai teori ekonomi dan menerapkannya ke dalam praktik bisnis.

Kok ketemu teori ekonomi? Iya guys, karena kuliah jurusan bisnis biasanya akan selalu bersinggungan dengan fakultas ekonomi dan bisnis. Jadi gak heran nih kalau beberapa mata kuliahmu pasti akan membahas banyak hal soal ekonomi. Di dalam fakultas ekonomi dan bisnis yang paling populer adalah jurusan manajemen.

Jurusan manajemen ini menyiapkan berbagai lulusan-lulusan yang akan berkembang menjadi manajer atau wirausahawan yang berintegritas dan memiliki intelektual tinggi dengan memiliki kemampuan komunikasi, analisis, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, kerjasama, serta berorganisasi dengan berlandaskan nilai-nilai yang melayani masyarakat.

Jurusan manajemen yang ada di dalam fakultas ekonomi dan bisnis juga memiliki berbagai cabang yang bisa dipelajari nih misalnya seperti manajemen sumber daya manusia dan organisasi, manajemen operasi dan sistem informasi, manajemen pemasaran, manajemen umum, manajemen teknologi informasi, dan manajemen keuangan. Jadi, kamu akan fokus membahas tentang berbagai manajemen di perusahaan.

Nah, beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di kalau kamu kuliah jurusan bisnis adalah pengantar bisnis, akuntansi keuangan, matematika bisnis, organisasi tata niaga, ekonomi mikro dan makro, manajemen keuangan, hingga perpajakan.

Selain berbagai mata kuliah yang akan kamu temui, kamu harus tau nih dulu apa sih kemampuan yang akan kamu dapat jika kamu sedang kuliah jurusan bisnis.

Baca Juga: Wajib Tau! 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Kemampuan Penting yang Kamu Dapatkan di Jurusan Ini

Pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan manajerial, dimana kamu akan memiliki keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasikan, dan mengarahkan para bawahan ke arah tujuan yang telah ditentukan oleh organisasi.

Kedua adalah kemampuan komunikasi, sebagai mahasiswa di fakultas ekonomi dan bisnis, kamu harus bisa menjelaskan dan mengkomunikasikan secara jelas tentang pesan-pesan atau hal apapun kepada tim, sehingga tim bisa mengerjakan berbagai tugasnya secara terorganisir.

Dan ketiga adalah kemampuan untuk melakukan observasi, dimana kamu sebagai mahasiswa di fakultas ekonomi dan bisnis, kamu harus jeli dan bisa memiliki kemampuan untuk mengamati sebuah objek, biasanya objek yang kamu amati ini akan kamu gunakan untuk meneliti atau mendukung sebuah penelitian. 

Selain itu, kamu harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang oke nih, jadi kalau kamu adalah orang yang suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, dan kamu pintar bicara di depan umum, maka kamu akan cocok banget untuk jurusan bisnis ini.

Yang keempat adalah berpikir kritis, kalau kamu mampu berpikir kritis, maka tugas-tugasmu akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara rasional. Selain itu, kamu harus mencari solusi terbaik, nah untuk kamu yang berpikir kritis itu sekaligus bisa mencari solusi terbaik dimana di dalam dunia bisnis akan selalu ada permasalahan yang membutuhkan orang-orang yang bisa berpikir kritis, rasional, dan juga bisa memecahkan masalah.

goKampus akan kasih tau 5 prospek kerja jurusan bisnis yang bisa jadi referensi kamu nih. Simak yuk!

1. Business Development

Prospek kerja jurusan bisnis yang pertama adalah menjadi salah satu business development (BD). business development adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis. 

Dengan kata lain, seseorang yang bekerja di bidang business development bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang. 

Beberapa tanggung jawab business development antara lain: melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antar pelanggan atau klien, menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan, melakukan riset perkembangan bisnis secara berkala, serta memahami produk dari perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar.

2. Entrepreneur

Prospek kerja jurusan bisnis yang kedua adalah menjadi seorang entrepreneur. Siapa pun memang bisa menjadi seorang entrepreneur. Namun, jika kamu merupakan lulusan manajemen bisnis, prospek kerja yang satu ini sangat cocok untukmu. Kamu tentu sudah memiliki bekal ilmu tentang manajemen, bisnis, marketing, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan entrepreneurship. Oleh karena itu, kamu bisa langsung menerapkannya dalam pekerjaanmu.

3. Marketing Executive

Biasanya, marketing menjadi salah satu konsentrasi atau penjurusan di dalam fakultas manajemen dan bisnis. Namun, walaupun tidak mengambil konsentrasi ini, kamu tentu mempelajari dasar-dasar marketing selama kuliah bisnis. Salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang fokus di bidang pemasaran adalah marketing executive. Profesi ini bisa disebut sebagai induk dari semua kegiatan marketing perusahaan. 

Lantas, apa yang membedakannya dari profesi-profesi lain di bidang marketing? Marketing executive berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang ia jalankan. Nantinya, kegiatan atau strategi itu dijalankan oleh bagian marketing lainnya, seperti content marketing, digital marketing, dan social media marketing.

4. Risk Manager

Prospek kerja jurusan bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang risk manager. Setiap keputusan perusahaan tentu memiliki resiko, baik risiko keuangan, keselamatan, maupun keamanan. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang risk management atau manajemen risiko. Risk manager adalah seseorang yang menyiapkan rencana dan tindakan untuk mengurangi faktor risiko.

5. Project Manager

Prospek kerja jurusan bisnis yang selanjutnya adalah menjadi seorang project manager.  Seorang project manager bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek.

Nah, asal kamu tau fakultas ekonomi dan bisnis yang oke di Indonesia ada di Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut dengan UNTAR loh! Fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Tarumanagara merupakan fakultas tertua dengan jumlah mahasiswa yang paling banyak di UNTAR! Jumlah mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Tarumanagara meningkat dengan pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari alokasi ruangan/bangunan yang disediakan Yayasan Tarumanagara untuk bisa menampung dalam menyediakan prasarana. 

Jika kamu berkuliah di jurusan ini maka kamu akan disiapkan untuk menjadi sarjana yang memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang perbankan dan keuangan di perusahaan atau lembaga negara. Prospek karirnya juga terbuka lebar loh, sebagai mahasiswa anak fakultas ekonomi dan bisnis. Biasanya untuk mahasiswa fresh graduate, kamu akan mulai berkarir melalui business development di sebuah perusahaan. 

Buat kamu yang penasaran gimana serunya kuliah jurusan bisnis khususnya di UNTAR, kunjungi aja halaman ini untuk informasi lebih lanjut ya!

Selain persiapan kuliah bisnis, jangan lupa untuk mempelajari ilmu keuangan kamu dengan ikutan kelas online di goKampus ya! Tujuannya, ketika lulus nanti, ilmu yang kamu dapat dari bangku kuliah bisa kamu kombinasikan dengan skill yang kamu dapat dari kelas goKampus.

Kamu bisa mempelajari berbagai jenis keuangan dan investasi secara mendalam bareng TernakUang yang kini hadir di goKampus! Ada beragam insight dan wawasan yang bisa kamu dapatkan mulai dari keuangan pribadi, reksadana, hingga saham. Ada diskon khusus dari TernakUang buat kamu yang ikutan kelasnya sekarang! Cek kelasnya di link ini ya.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-