Beasiswa Jerman
Tips Mahasiswa

Uang Habis Buat Kuliah? Coba Daftar Beasiswa Jerman Aja!

Kalau mendengar tentang kuliah ke Jerman, yang terlintas di pikiranmu pasti adalah “gratis”. Banyak sekali para pelajar di Indonesia yang melanjutkan kuliah ke Jerman dengan mendapatkan beasiswa yang gratis aka semuanya full dibayar!

Sebenarnya, kenyataannya gimana sih? Apa benar kuliah di Jerman gratis seperti yang terkenal di kalangan pelajar? goKampus akan kasih tau kamu mengenai 3 beasiswa jerman yang tersedia dari pemerintah dan tips untuk bisa mendapatkannya! Cek ini yuk!

Beasiswa Erasmus + (Erasmus plus)

Beasiswa jerman yang satu ini adalah favoritnya para pelajar Indonesia dan kerap kali jadi incaran loh guys. Erasmus + adalah beasiswa penuh dari European Commision yang merupakan badan di bawah Uni Eropa. Yang terpenting, mereka mensponsori beasiswa untuk mahasiswa dari 160  negara di luar Uni Eropa untuk melanjutkan kuliah di negara-negara Eropa, salah satunya adalah Jerman.

Mahasiswa yang berhasil lolos beasiswa jerman ini akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 1000 atau sekitar Rp 170 juta. Selain itu, beasiswa ini menanggung semua kebutuhan biaya kuliahmu, asuransi kesehatan, hingga tiket transportasi. Gimana? Seru banget kan?

DAAD Scholarship

Beasiswa jerman yang satu ini langsung dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) atau German Academic Exchange Service. Lembaga ini menawarkan beasiswa full untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 di Jerman yang memiliki ketertarikan dengan perkembangan:

  • sosial,
  • politik, dan
  • ekonomi di negara asal.

Selain itu, kamu juga harus memiliki gelar sarjana dalam 4 tahun studi. Gelar sarjana itu pun tidak berusia lebih dari 6 tahun.

Kurt Hansen Science Scholarships

Bagi pelamar yang ingin merambah ke dunia sains, tawaran beasiswa yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kurt Hansen Science adalah program beasiswa yang sumber pendanaannya dari Bayer. Beasiswa yang tersedia pun bervariasi, bisa berupa:

  • pendanaan proyek,
  • magang,
  • pelatihan tenaga pengajar sains,
  • semester musim panas,
  • program persiapan dan suplementer,
  • dan lain-lain.

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Jerman

Well, setelah kamu mengetahui lembaga dan platform apa aja yang bisa memberikan beasiswa Jerman untuk kamu, mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya bahkan ragu untuk mendaftarkan diri ke beasiswa tersebut. goKampus bakal kasih kamu beberapa tips bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri yang perlu kamu ketahui nih, yaitu:

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

1. Jangan takut, jangan ragu! Beasiswa di Jerman bisa kamu dapat

Biasanya masih banyak yang takut dan ragu-ragu untuk mengambil kuliah ke luar negeri, tapi kalau kamu mampu untuk mendapatkan beasiswa kenapa gak? Kesempatan gak datang dua kali loh!

2. Yakinkan kalau cari beasiswa di Jerman itu pilihanmu yang tepat.

Selain memilih jurusan dan kampus terbaik, kamu juga harus meyakinkan diri kalau pilihanmu itu adalah pilihan yang tepat! Tentunya kalau kamu bisa belajar di sesuatu yang memang kamu suka dan berguna di karir masa depan, kamu gak bakal kesusahan dan akan happy ngejalaninnya loh guys!

3. Persiapkan dokumen secara lengkap

Setelah kamu mendapatkan banyak referensi universitas yang kamu minati dan mengincar beasiswa yang kamu inginkan, saatnya kamu mengumpulkan berbagai persyaratan yang diminta mulai dari transkrip nilai, ijazah, hingga motivation letter dan dokumen dasar lainnya. 

Daftar beasiswa ke luar negeri saat ini bisa melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan daftar melalui aplikasi goKampus, kamu bisa daftar kuliah dengan mudah loh. Ada 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima!*

*) 1 jam bisa diterima kuliah khusus pendaftaran ke universitas di Indonesia.
Foto oleh Ingo Joseph dari Pexels

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *