Bagikan
scoll top
 
goKampus

Gimana Rasanya Kuliah Jurusan Arsitektur Ya?

.
Bagikan

Buat kamu anak-anak SMA yang sudah lulus tapi masih bingung mau ambil jurusan kuliah apa? Nah.. jurusan arsitektur bisa jadi salah satu pilihannya nih apalagi kalau kamu suka banget sama soal teknik!

Pernah kepikiran gak sih gimana ya caranya orang-orang bisa membuat sebuah desain rumah atau desain perkantoran yang sangat bagus dan terlihat sangat indah? Yup.. itu adalah jurusan Arsitektur! Jurusan Arsitektur gak melulu ngebahas soal teknik loh, bahkan Arsitektur terkenal lebih cenderung ke seni dan estetika meskipun secara general berkonsep teknik.

Di jurusan ini kamu akan banyak mendesain bangunan sesuai dengan kebutuhan dari klien. Dan tentu saja kamu harus memperhatikan fungsi, keindahan, dan keamanannya juga loh ya, karena saat kamu diminta untuk membuat kerangka sebuah gedung dan mendesainnya, tentu aja selain estetika, keamanan paling utama ya!

Gak cuman mendesain aja nih, tapi kamu juga akan dibekali dengan kemampuan perencanaan anggaran nih. Hmm.. terkesan rumit ya? Tapi tenang aja, karena jurusan arsitektur dari Universitas Tarumanagara (UNTAR) akan memudahkan proses pembelajaranmu nih. Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara merupakan salah satu jurusan Arsitektur unggulan yang dikenal luas di dalam negeri maupun internasional nih. Berbagai mahasiswa jurusan arsitektur juga aktif di bidang akademis dan menghasilkan lulusan-lulusan sarjana jurusan arsitektur yang beretika, unggul, dan memiliki daya saing yang tinggi di industri 4.0.

Program Studi Arsitektur berdiri bersamaan loh dengan berdirinya UNTAR pada tahun 1962, dan jurusan Arsitektur di UNTAR merupakan jurusan Teknik Arsitektur swasta tertua di Jakarta. Dan jurusan ini juga sudah memperoleh akreditasi A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nih. Wah.. keren banget kan guys!

Jurusan arsitektur yang ada di UNTAR juga memiliki tujuan yang oke banget nih.. Antara lain adalah jurusan arsitektur UNTAR menyelenggarakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan dunia arsitektur di masa sekarang dan mendatang.

Selain itu, jurusan arsitektur juga berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, fasilitas, dan keaktifan mengikuti unjuk kemampuan di berbagai perlombaan di bidang arsitektur. Jurusan arsitektur UNTAR juga menyebarluaskan dan menyumbangkan pemikiran akademis kepada dunia profesional melalui banyaknya kerjasama antara jurusan Arsitektur UNTAR dengan swasta dan instansi lainnya. 

Pada umumnya, jurusan ini akan masuk ke dalam bagian fakultas teknik, meskipun proses pembelajarannya gak hanya tentang teknik. Jadi, kalau kamu melihat gedung-gedung tinggi yang indah, itu merupakan salah satu bagian dari pekerjaan lulusan para arsitektur nih guys..

Tapi, ada beberapa fakta menarik tentang jurusan arsitektur loh, yang pertama adalah jurusan ini merupakan jurusan yang tugasnya paling enak, ya kalau kamu membayangkan kuliah di jurusan ekonomi atau ilmu sosial yang bisa berpakaian santai, malah jurusan ini lebih enak lagi. Karena saat kamu menjadi mahasiswa arsitektur, kamu akan banyak ditugaskan untuk jalan-jalan survey ke sebuah bangunan, jalan-jalan ke suatu tempat biar kita sebagai mahasiswa arsitektur bisa merasakan sensasi dan bisa mendapatkan ide untuk mendesain sebuah bangunan. Selanjutnya, layaknya seorang fotografer kita memotret sebuah bangunan.

Baca Juga : Yuk Cari Informasi Tentang Fakultas Teknik

Yang kedua adalah jurusan ini bisa kuliah dan belajar dimana aja loh. Arsitektur itu tak lebih dari tentang berimajinasi dan merealisasikan suatu bangunan. Jadi, yang penting adalah persiapanmu untuk membuat sketsa udah lengkap, jadi kamu bisa kerja dimana aja deh sambil ngopi-ngopi juga!

Fakta yang ketiga adalah mahasiswa arsitektur dianggap sebagai orang yang paling banyak tau tentang semua hal, kamu akan dianggap oleh teman-temanmu sebagai orang yang tau segala hal tentang bangunan dan rumah loh. Yang keempat adalah mahasiswa arsitektur terkenal dengan banyak pengeluaran untuk membayar seluruh perlengkapannya yang tergolong mahal. 

Pasti kamu sebagai calon mahasiswa akan bertanya-tanya kalau bergabung menjadi mahasiswa jurusan arsitektur di UNTAR, apa aja sih mata kuliah yang akan dipelajari? Nah, mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain adalah Matematika Arsitektur, estetika bentuk, teknik komunikasi arsitektur, gambar teknik, Arsitektur & Lingkungan, Ilmu Bahan Banguna, Tata Ruang, Mekanika Teknik, Arsitektur Etnik, Pencahayaan, Seni Rupa, Kalkulus, Hukum Lingkungan, Psikologi Arsitektur, Asas & Metoda Perancangan, Perkembangan Arsitektur, Struktur & Konstruksi, Fisika Bangunan, Teknologi Bahan, Perancangan Arsitektur, Fotografi Arsitektur, dan utilitas.

Selain mata kuliah yang bisa kamu pelajari, jurusan ini juga punya beberapa kriteria dan sifat mahasiswa yang akan banyak kamu temui nih. Yang pertama adalah kamu harus membiasakan dirimu lebih teliti dibandingkan biasanya, karena ketelitian dibutuhkan banget  saat kamu menjadi arsitektur. Yang kedua adalah ketekunan, butuh ketekunan yang lebih loh, karena kamu akan banyak banget berhadapan dengan gambar dan sketsa, jadi kamu akan butuh ketekunan nih.

Yang ketiga adalah detail dan terstruktur sebagai seorang mahasiswa arsitektur.. Karena kamu harus pintar-pintar membagi tugas-tugasmu ya. Sebagai seorang mahasiswa arsitektur, kamu gak bisa nih sembarangan untuk mengerjakan tugas, karena beberapa tugasmu pasti akan menuntutmu untuk bisa membagi tugas menjadi sangat terstruktur.

Nah, setelah kamu udah ngecek nih apa aja yang dipelajari di mata kuliah arsitektur, kamu perlu tau juga nih kalo prospek karir di jurusan ini juga terbuka luas loh. Selain pastinya kamu bisa jadi arsitek, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer Arsitektur dan juga insinyur, kamu juga bisa menjadi pengawas dan penyelidik untuk properti pemerintah, kamu juga bisa menjadi manajer konstruksi, perencanaan kota dan wilayah, pengawas konstruksi dan bangunan, desainer interior, serta ahli peta infografi. 

Biasanya saat kamu bekerja menjadi arsitektur, kamu akan dituntut untuk harus aktif dan pintar berkomunikasi loh, karena biasanya kamu akan menjadi pemimpin di dalam sebuah kelompok untuk mengarahkan tugas-tugas ke teman-teman kelompokmu. Coba kamu bisa kebayang kan kalo misalnya kamu gak bisa mengarahkan tugas-tugas dengan baik, pasti bakal jadi masalah banget tuh!

Gimana nih menurutmu informasi tentang jurusan arsitektur? Yang pasti adalah jurusan arsitektur yang ada di Universitas Tarumanagara bisa sesuai banget nih sama keinginan kamu. Buat kamu yang pengen cari tau lebih lanjut mengenai jurusan arsitektur di UNTAR, kamu bisa klik halaman ini ya! Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-