Bagikan
scoll top
 
goKampus

Ini Dia Cara Mendaftar UTBK, Jangan Sampai Salah!

UTBK bisa jadi salah satu aspek penting untuk masuk kuliah apalagi buat kamu yang tekadnya sudah bulat untuk masuk PTN. Apalagi, dalam beberapa tahun belakangan, UTBK tidak hanya digunakan untuk penilaian SBMPTN saja tapi juga untuk beberapa seleksi jalur mandiri PTN. Dengan penilaian seperti ini, pasti kamu sudah mempersiapkan mental, fisik, dan juga pengetahuan kamu supaya lebih siap menghadapi UTBK.

Eits, tapi sebelum ikut UTBK, ada langkah pertama yang wajib banget kamu lakukan, yaitu mendaftar! Jangan sampai sudah siap semua tapi malah lupa daftar. Berikut adalah alur dan cara untuk mendaftar UTBK secara lengkap yang tertera di situs LTMPT.

sumber: situs LTMPT

Bingung ya? Nah supaya gak salah langkah dalam pendaftarannya, goKampus informasikan cara mendaftar UTBK-SBMPTN dalam artikel ini, secara rinci ya. Yuk cek langkah-langkahnya!

1. Registrasi akun di situs LTMPT

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan registrasi di portal LTMPT. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu bisa masuk dan mengakses akunmu di portal LTMPT selama periode SNMPTN-SBMPTN berlangsung. 

2. Login di portal LTMPT

Masukkan kombinasi email dan password yang sudah terdaftar di akun LTMPT. Setelah berhasil masuk, pilih UTBK-SBMPTN Pendaftaran UTBK-SBMPTN

3. Lengkapi biodata

Pastikan biodata yang telah terisi seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah saudara kandung, dan status disabilitas netra sudah benar. Ingat, data yang sudah kamu konfirmasi akan tersimpan secara permanen dan tidak dapat diubah lagi. Cek dengan teliti, ya!

4. Memilih program studi

Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN dan paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Jangan lupa juga untuk memperhatikan persyaratan program studi dan juga biaya pendidikan atau UKT. Bagi pendaftar pemegang KIP Kuliah, kamu tidak dapat memilih PTN atau program studi yang berada di bawah Kementerian Agama seperti UIN, ya.

5. Mengunggah portofolio 

Persyaratan ini khusus untuk program studi yang mewajibkan persyaratan portofolio seperti program studi di bidang olahraga dan kesenian. Perhatikan jenis portofolio yang harus dikumpulkan, ya. Jika kamu sudah pernah mengunggah portofolio dari SNMPTN, kamu tidak perlu mengunggah kembali portofolio karena sudah tersimpan sebelumnya.

Jika program studi yang kamu pilih tidak mewajibkan untuk mengunggah portofolio, silahkan klik tombol ‘lanjutkan’ untuk melanjutkan pendaftaran ke tahap berikutnya.

6. Memilih pusat UTBK

Sangat dianjurkan untuk memilih pusat UTBK yang terdekat dengan domisili kamu saat ini untuk mempermudah mobilisasi kamu. Jangan sampai kamu terlambat sampai di lokasi UTBK karena terlambat, ya. Resiko ditanggung sendiri apabila ada kesalahan pemilihan pusat UTBK.

Baca Juga: Simak Lebih Lanjut Sistem Penilaian UTBK 2021

7. Konfirmasi akhir pendaftaran UTBK

Pada halaman Detail Pendaftaran UTBK akan muncul tampilan informasi yang sudah kamu isi sebelumnya seperti nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (bagi pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, Kelompok Ujian, dan Pusat UTBK. Pastikan semua data yang kamu berikan benar karena semua data yang sudah kamu konfirmasi tidak bisa diubah.

8. Pembayaran pendaftaran UTBK

Setelah konfirmasi data, maka kamu akan diarahkan ke halaman untuk pembayaran pendaftaran. Bagi pemegang KIP Kuliah, kamu tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan langsung bisa mengunduh kartu peserta.

Untuk pendaftar yang tidak memegang KIP Kuliah, kamu bisa mengunduh slip bayar yang berisi detil kode pembayaran, bank, dan jangka waktu pembayaran. Jangan sampai melewati batas pembayarannya, ya! Nanti kamu tidak akan bisa mengikuti UTBK jika belum membayar biaya pendaftaran ini.

9. Konfirmasi kartu tanda peserta

Jika sudah melakukan pembayaran, kamu wajib melakukan konfirmasi akhir dan menyimpan data yang kamu isi secara permanen. Setelah melihat pilihan program studi dan portofolio yang sudah tersimpan sebelumnya, kamu harus centang pernyataan untuk menyimpan secara permanen. Setelah itu, kamu bisa mengunduh atau mencetak kartu UTBK-SBMPTN untuk dibawa saat pelaksanaan UTBK dan juga daftar ulang SBMPTN nanti. 

Dalam kartu peserta UTBK terdapat informasi jadwal, lokasi, pilihan program studi, dan perlengkapan yang harus dibawa saat ujian. Pastikan kamu sudah membaca dan memahami instruksi yang tertera di kartu dengan baik.

Itu tadi informasi mengenai cara mendaftar UTBK. Bagaimana, gak sulit kan? Jangan lupa untuk selalu membaca instruksi dalam formulir dan juga cek data diri yang kamu isi di tiap halaman. Semoga cara mendaftar UTBK yang sudah dirangkum goKampus ini bisa membantu kamu. Jika masih membutuhkan informasi lainnya secara lengkap, kamu bisa mengakses ke situs LTMPT. Ingat untuk selalu berdoa, jaga kesehatan, dan sering-sering latihan soal yang biasanya muncul di UTBK. Semoga sukses dalam menjalani UTBK, ya! 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-