belajar psikologi
Daftar Kuliah

Intip Manfaat Belajar Psikologi Di Dunia Perkuliahan

Semenjak SMA, kamu pasti udah gak asing lagi kan mendengar kata jurusan psikologi? Biasanya untuk para pelajar yang sudah kelas 12 SMA, banyak yang mengincar dan ingin melanjutkan pendidikan ke perkuliahan dengan belajar psikologi. Meskipun jurusan psikologi selalu jadi incaran para pelajar, namun sebenarnya banyak yang bisa dikulik dari belajar psikologi loh. Mulai dari penjelasan tentang ilmu psikologi, mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan psikologi, hingga bagaimana prospek kerja di masa depan jika kita belajar psikologi di perkuliahan. Nah, semuanya akan dikupas di artikel ini, simak yuk!

Salah satu alasan kenapa kamu memilih jurusan psikologi ini adalah jurusan ini selalu jadi favorit di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminat jurusan psikologi semakin meningkat di universitas negeri maupun swasta nih.

Di jurusan ilmu psikologi, kamu akan mempelajari segala hal  tentang kepribadian manusia, bagaimana perilaku manusia, serta sifat-sifat manusia di kesehariannya. Sehingga, jika kamu belajar psikologi kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang membuatmu mengenal diri sendiri, mengenal orang lain, dan mempelajari bagaimana cara berinteraksi antara satu dan yang lainnya.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti selama 4 tahun kuliah adalah kamu akan mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan perilaku, pola pikir, dan mental manusia.

Kamu juga akan belajar seperti filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, dan banyak mata kuliah lainnya. Kalau kamu belajar psikologi, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali kemampuan dan pengetahuan loh, salah satunya adalah pengetahuan membaca data, melakukan analisis, komunikasi, dan mengelola empati.

Biar kamu gak penasaran sama berbagai universitas jurusan psikologi di Indonesia. goKampus akan kasih tau kamu tiga universitas jurusan psikologi yang cukup favorit di Indonesia beserta biayanya. Ini dia!

1. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas psikologi yang pertama adalah di Universitas Tarumanagara (UNTAR). Program Studi Psikologi di kampus ini telah dirintis sejak tahun 1981. Ilmu Psikologi mulai digunakan pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran dalam bentuk mata kuliah Pengantar Psikologi. Pada tahun yang sama didirikan pula Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi yang dikelola langsung oleh Yayasan Tarumanagara.

Ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi UNTAR:

Program studiSPPBPPBiaya sks/blokJumlah sks/blokTotal biaya kuliah semester 1Total biaya kuliah
Psikologi25,000,0008,500,000400,0002016,500,000117.100.000

2. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas psikologi selanjutnya adalah UPH. Dengan enam konsentrasi pilihan (pendidikan psikologi, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi perkembangan, serta psikologi konseling), UPH memiliki tujuan untuk menghasilkan profesional dengan integritas dan kemampuan dalam membuat kemajuan yang diperlukan di bidang psikologi.

Fakultas psikologi UPH memberikan mahasiswanya gambaran tentang studi dasar psikologi dan bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum fakultas psikologi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan perspektif yang luas dalam bidang psikologi, kemampuan luar biasa untuk melakukan penelitian di bidang teknologi perilaku dan konseling, serta dedikasi yang tinggi dalam pelayanan kesehatan mental sesuai dengan profesionalisme.

Untuk bisa mengoptimalkan proses belajar mengajar, mahasiswa akan diberikan penjelasan langsung oleh dosen atau tenaga pengajar yang memiliki pengalaman dan profesional di bidang psikologi. UPH juga memberikan fasilitas berupa laboratorium yang bisa digunakan sebagai tempat workshop.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi UPH:

Program studiFirst payment
2nd semester – complete

Total study fee
Admission feeJacket, orientation,facilities1st semester (semester fee + credit fee)
psikologi45,000,00016,000,00018,850,000127,595,000207,445,000

3. Universitas Surabaya

Universitas psikologi selanjutnya adalah UBAYA. Fakultas Psikologi UBAYA telah menjadi institusi yang digunakan untuk mendidik mahasiswanya lebih dari sekedar mengembangkan ilmunya melalui pengajaran di kelas yang unggul, tetapi juga untuk mengembangkan soft skill mahasiswanya. 

Ubaya juga memberikan mahasiswanya pengajaran softskill melalui pengajaran di ruang kelas, program co curricular dan ekstrakurikuler. Fakultas psikologi memiliki berbagai dosen dan tenaga pengajar yang sudah ahli dan profesional di bidangnya masing-masing. Dan fakultas psikologi Ubaya terbuka dari S1 sampai S3.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi Ubaya:

Fakultas Program studiUPP (per semester)Persyaratan khusus
totalAngsur 5xtunai
Psikologi19,950,0003,990,00019,000,000

Untuk kamu mahasiswa lulusan jurusan psikologi, ada beberapa peluang pekerjaan yang bisa kamu jadiin karir loh antara lain:

1. Human Resources Development (HRD)

Prospek kerja jurusan psikologi yang pertama adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang HRD. pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut, dan salah satu tugasnya adalah kamu akan mengatur tentang rekrutmen di perusahaan tersebut. Kamu akan memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan memperhatikan sumber daya manusia di perusahaan dan mengatur bagaimana agar SDM tersebut bisa bermanfaat untuk perusahaan.

2. Konselor

Prospek kerja jurusan psikologi yang kedua adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang konselor. Kamu akan bertanggung jawab untuk memberikan konseling kepada klien, apabila kamu ditempatkan pada suatu perusahaan, maka kamu akan memberikan layanan konseling kepada karyawan yang membutuhkan. Gak hanya di perusahaan aja, tapi seorang konselor juga dibutuhkan di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 

3. Psikolog

Peluang atau prospek kerja kalau kamu belajar psikologi yang berikutnya adalah kamu bisa menjadi seorang psikolog. Namun, untuk bisa mendapatkan gelar psikolog kamu harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 psikologi dan wajib mengambil jurusan psikologi klinis karena nantinya kamu akan bekerja di rumah sakit.

4. Guru bimbingan konseling

Yang keempat, lulusan psikologi bisa berkarir sebagai guru Bimbingan Konseling atau guru BK. Untuk menangani siswa-siswa yang bermasalah dan memberikan konseling, setiap sekolah tentu memiliki guru BK. Lulusan psikologi juga bisa menjadi guru BK walaupun jurusannya bukan pendidikan guru. Jika ingin menjadi guru PNS, maka Kamu harus lolos seleksi CPNS terlebih dulu. 

5. Dosen atau tenaga pengajar

Yang kelima, peluang bagi lulusan psikologi adalah menjadi seorang dosen psikologi. Terlebih lagi apabila dalam Kamu memiliki passion untuk mengajar, sangat tepat peluang tersebut. Untuk menjadi dosen, Kamu perlu menempuh pendidikan minimal S2. Jadi, setelah Kamu lulus S1, Kamu bisa langsung melanjutkan jenjang S2 untuk mengejar impian menjadi dosen psikologi.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *