kelas karyawan dan reguler
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Kenalan Dengan Mata Kuliah Ilmu Gizi Yuk!

Buat kamu para calon mahasiswa baru yang tertarik dengan bidang ilmu gizi dan pangan, maka jurusan ini cocok banget buat kamu guys! Jurusan Ilmu gizi adalah jurusan yang mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan manusia, dan produktivitasnya. Nah, biasanya ilmu gizi juga akan memiliki hubungannya dengan sektor pertanian, ekonomi, dan sosial budaya, serta kualitas manusia. Kalau kamu mengambil jurusan ilmu gizi, ini adalah 10 mata kuliah ilmu gizi yang perlu kamu ketahui:

1. Ilmu bahan pangan

Mata kuliah ilmu gizi yang pertama adalah ilmu bahan pangan, di mana saat ini gizi yang kita dapatkan berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, jadinya kalau kamu suka banget membahas tentang bahan pangan, mata kuliah ini cocok banget buatmu.

2. Biokimia Gizi

Mata kuliah ilmu gizi yang kedua adalah biokimia gizi, yang di mana kamu akan mempelajari tentang reaksi kimia di dalam tubuh manusia yang bisa berhubungan dengan asupan gizi yang masuk ke tubuh.

3. Prinsip-prinsip ilmu gizi

Mata kuliah ilmu gizi yang ketiga adalah kamu akan mendapatkan berbagai penjelasan mengenai prinsip-prinsip ilmu gizi. Mata kuliah ini menjadi mata kuliah yang penting banget buat kamu ketahui ya karena kamu akan mendapatkan bekal ilmu dasar untuk mendalami lebih jauh mengenai ilmu gizi.

4. Metabolisme zat gizi

Mata kuliah ilmu gizi yang selanjutnya adalah metabolisme zat gizi, di mana mata kuliah ini akan mempelajari tentang proses metabolisme gizi yang masuk ke dalam tubuh, jadi kamu akan belajar bagaimana caranya zat gizi dicerna dan proses metabolisme seperti apa yang akan dilalui.

5. Teknologi pengolahan pangan

Mata kuliah ilmu gizi yang selanjutnya adalah mata kuliah teknologi pengolahan pangan, di mana kamu akan belajar banyak hal mengenai kandungan gizi makanan untuk bisa diproduksi.

Nah, selain kamu akan mendapatkan berbagai mata kuliah ilmu gizi yang diatas, kamu juga akan belajar mengenai gizi masyarakat, evaluasi gizi, gizi kuliner, manajemen pelayanan makanan, hingga pengembangan produk makanan. Jurusan ilmu gizi juga memiliki peluang kerja yang oke loh di masa depan, Yuk intip 10 prospek kerja ilmu gizi di Indonesia, ini dia!

1. Konsultan Gizi

Prospek kerja ilmu gizi yang pertama adalah sebagai konsultan gizi. Bekerja sebagai konsultan gizi banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Tanggung jawab dan tugasmu di perusahaan itu adalah memberikan saran terkait jumlah nutrisi yang baik dikonsumsi oleh manusia.

Kisaran gaji yang akan kamu dapat akan dimulai dari Rp3.500.000 hingga bisa mencapai Rp6.000.000 per bulan. Seiring perjalanan karir dan kemampuan yang kamu miliki, gaji yang kamu dapatkan akan semakin tinggi.

2. Staf Rumah Sakit

Prospek kerja yang kedua adalah bekerja sebagai staf rumah sakit khususnya di bagian gizi. Kamu bisa menjadi ahli gizi atau konsultan gizi untuk pasien di rumah sakit. Jika ada pasien yang bermasalah pada gizi, Kamu yang bertugas memberikan saran dan informasi untuk menangani masalah tersebut. Kisaran besaran gaji yang akan kamu dapatkan sebagai staf rumah sakit di bagian gizi adalah Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

3. Staf Institusi Pemerintah

Prospek kerja ilmu gizi yang ketiga adalah sebagai staf institusi pemerintah. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah contohnya di BPOM. Kamu bisa menjadi bagian dari tim yang menentukan apakah suatu produk sudah sesuai untuk mendapatkan izin dari BPOM atau tidak. Gaji yang Kamu dapatkan dari profesi ini juga cukup menjanjikan, yaitu mulai dari Rp5.000.000 per bulan.

4. Dosen/Tenaga Pengajar

Prospek kerja ilmu gizi yang keempat adalah menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar di bidang ilmu gizi. Kalau kamu tertarik dengan dunia pendidikan dan memiliki passion dalam mengajar, kamu bisa berkarir di bidang ini.

Setelah lulus program sarjana jurusan ilmu gizi, kamu bisa melanjutkan kuliah S2 dan bekerja sebagai dosen. Kamu bisa mendaftar di universitas yang kamu inginkan. Sebagai dosen, kamu bisa mendapat gaji Rp5.000.000 per bulan dan bisa semakin besar karena ada banyak jenis tunjangan-tunjangan lainnya.

5. Pengusaha

Prospek kerja ilmu gizi yang kelima adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang pengusaha. Sebagai lulusan jurusan ilmu gizi, kamu bisa membangun bisnismu sendiri. Kamu bisa menjadi pengusaha kuliner dengan mengandalkan bekal ilmu gizi yang kamu miliki, bahkan kamu bisa memulai berbagai usaha catering dengan menu khusus yang sedang tren di kalangan masyarakat sekarang misalnya seperti menu diet atau menu khusus untuk orang dengan sakit tertentu.

Sebagai pengusaha, gaji yang kamu dapat tentu sangat beragam bahkan bisa mencapai angka yang sangat besar. Semakin besar usaha yang kamu miliki, semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan.

Baca Juga: Belajar Jurusan Bioteknologi Yang AntiMainstream

6. Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja ilmu gizi yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja sebagai staf di lembaga kesehatan masyarakat. Banyak lembaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan ahli gizi. Beberapa contoh lembaga kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia yaitu puskesmas, posyandu, hingga klinik.

Tugas Kamu di antaranya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi. Gaji yang didapat bisa mulai dari Rp3.000.000 per bulan dan akan terus meningkat sesuai pengalaman.

7. Bekerja Di Perusahaan

Prospek kerja ilmu gizi selanjutnya adalah kamu juga bisa bekerja di perusahaan. Sebagai lulusan jurusan ilmu gizi, kamu bisa bekerja di perusahan makanan.

Kamu bisa bertugas di bagian Quality Control. Jadi, kamu memastikan produk makanan yang dihasilkan perusahaan tempat kamu bekerja sudah sesuai dengan kebutuhan gizi yang disarankan. Besar gaji yang bisa kamu dapat tentu bervariasi tergantung pada posisi yang kamu tempati. Rata-rata gaji yang didapatkan sekitar Rp4.000.000 per bulan.

8. Bekerja Di Restoran

Peluang atau prospek kerja ilmu gizi berikutnya adalah bekerja di restoran. Sebagai lulusan dari jurusan ilmu gizi, kamu bisa bekerja di restoran ternama, misalnya restoran bintang lima atau restoran di kapal pesiar. Banyak restoran yang membutuhkan ahli gizi untuk menyusun menu makanan di sana. Dari pekerjaan ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp4.000.000 per bulan.

9. Peneliti

Prospek kerja ilmu gizi selanjutnya adalah kamu bisa memilih karir sebagai peneliti di bidang gizi. Kalau kamu tertarik dengan dunia akademik, kamu tidak harus menjadi dosen. Kamu bisa berkontribusi di dunia ilmu pengetahuan dengan menjadi peneliti. Kamu akan mengadakan berbagai penelitian demi perkembangan ilmu gizi saat ini dan di masa yang akan datang.

Sebagai peneliti, Kamu bisa mendapat penghasilan yang besar, mulai dari Rp6.000.000 per bulan hingga bisa mencapai belasan atau bahkan puluhan juta rupiah.

10. Bekerja Di Sekolah

Yang terakhir adalah kamu bisa bekerja di sekolah. Prospek kerja ilmu gizi yang satu ini memang bisa dibilang termasuk baru dan terdengar masih sangat langka. Tetapi, saat ini ada banyak sekolah yang menyediakan fasilitas makan siang untuk para pelajarnya. Kamu bisa bekerja di sekolah dengan menyusun menu makan bergizi. Gaji yang bisa kamu dapatkan dari profesi ini mulai dari Rp4.000.000 per bulan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu juga bisa klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *