Kenalan Yuk Dengan Mata Kuliah Ilmu Politik

18 Mei 2021

Hai guys, kamu berencana untuk kerja di bidang politik dan pemerintahan? Maka, jurusan ilmu politik ini cocok banget buat kamu. Kalau kamu masuk jurusan ini, kamu juga bisa mendapatkan banyak sekali pembekalan dan dasar-dasar mata kuliah ilmu politik di kampus. Penasaran mata kuliah ilmu politik hingga prospek kerja jurusan ilmu politik di masa depan seperti apa? Yuk, cek artikel ini ya!

Program studi ilmu politik membekali para mahasiswa secara teori dan praktik politik karena jurusan ini cukup mengajarkan banyak teori mengenai berbagai macam sistem politik yang ada di dunia, maka para mahasiswa harus sering melakukan riset dan terus bersikap kritis.

Nah, mahasiswa yang masuk dan belajar jurusan ilmu politik harus memiliki daya analisa yang kuat dalam memahami peristiwa-peristiwa sejarah yang mempengaruhi pembentukan struktur politik suatu negara. Kajian yang paling dikenal dalam ilmu politik adalah demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, dan etika sosial politik.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini terdiri dari pengantar ilmu politik, pengantar ilmu sosiologi, pengantar ilmu antropologi, sistem politik Indonesia, pemikiran politik barat, Hak Asasi Manusia (HAM), dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang berencana untuk menyandang gelar sarjana ilmu politik. Ini adalah 10 peluang atau prospek kerja ilmu politik yang wajib kamu ketahui!

1. Aparat Pemerintah

Prospek kerja ilmu politik yang pertama adalah bisa menjadi aparat pemerintah. Kamu bisa menjadi seorang pegawai di pemerintahan mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat. Kamu juga bisa mempelajari ilmu politik secara fokus agar kamu bisa mengurus segala hal mengenai pemerintahan.

2. Anggota Legislatif

Prospek kerja ilmu politik yang selanjutnya adalah kamu bisa menjadi anggota legislatif. Kalau kamu ingin berkontribusi untuk negara, maka profesi ini juga bisa jadi pilihan loh guys. Anggota legislatif juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji serta tunjangan yang besar.

3. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Prospek kerja ilmu politik adalah kamu bisa bekerja menjadi aktivis LSM. Kamu juga bisa berkontribusi untuk kepentingan banyak orang dengan menjadi aktivitas LSM. Di sini kamu punya kesempatan untuk meningkatkan pelayanan di masyarakat. Kisaran gaji yang akan kamu dapatkan antara Rp 3,000,000 hingga Rp 6,000,000.

4. Anggota Partai Politik

Anak politik memang identik dengan semua ilmu yang berkaitan dengan pemerintahan. Kamu bisa bergabung menjadi seorang anggota partai politik hingga memberikan berbagai ide-ide dan aspirasi untuk kepentingan politik.

5. Peneliti atau pengamat politik

Prospek kerja jurusan ilmu politik selanjutnya adalah menjadi seorang pengamat politik. Eksistensi pengamat politik semakin terlihat di era sekarang. Hal ini disebabkan karena profesi ini memiliki kepentingan yang sangat tinggi di dunia politik. 

Peran sebagai peneliti dan pengamat politik akan sangat penting bagi negara. Hasil yang Kamu teliti atau amati bisa menjadi acuan untuk mengambil keputusan dan membuat perubahan. Gaji yang bisa Kamu dapat dengan menekuni profesi ini adalah Rp3.400.000,00 hingga Rp5.400.000,00.

Baca Juga: Kuliah Fakultas Hukum Dan Prospek Kerjanya

6. Jurnalis Politik

Siapa yang gak kenal dengan Najwa Shihab atau Andini Effendi yang berkarir sebagai jurnalis politik? Nah, meskipun kamu jurusan ilmu politik, kamu juga bisa loh bekerja menjadi jurnalis politik. Sebagai jurnalis politik, Kamu akan dituntut untuk kritis dan aktif mengikuti perkembangan dunia politik. Kamu juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Di bidang profesi ini Kamu bisa mendapat gaji Rp3.500.000,00 hingga Rp6.500.000,00.

7. Dosen atau Tenaga Pengajar

Prospek kerja ilmu politik yang selanjutnya adalah bekerja menjadi seorang dosen atau akademisi loh. Tenaga pengajar atau dosen mewajibkan minimal lulusan S2 jurusan ilmu politik kalau misalnya ingin mengajar disiplin ilmu sesuai dengan jurusan tersebut. 

Gaji dosen juga cukup menjanjikan apalagi jika Kamu sudah mendapat sertifikasi. Gaji yang didapat bisa jauh lebih besar jika Kamu aktif membuat jurnal ilmiah. Penghasilan dosen rata-rata berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00. Belum lagi kalau Kamu dapat tunjangan dari profesi sebagai dosen ini.

8. Hubungan Masyarakat

Prospek kerja jurusan ilmu politik yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Hubungan Masyarakat sehingga profesi ini bisa jadi pilihan yang cukup akurat. Kamu juga memegang peran penting dalam proses penyebaran informasi ke masyarakat loh. Menjadi seorang humas juga sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan-perusahaan besar sehingga kamu bisa memastikan informasi bisa tersampaikan dengan baik ke seluruh perusahaan.

9. Bekerja di Perusahaan

Sebagai mahasiswa lulusan ilmu politik, kamu juga bisa langsung melamar ke perusahaan swasta. Kamu juga bisa pilih perusahaan kamu inginkan dan kamu bisa mendapatkan peluang untuk menempati posisi sales, humas, marketing, dan administrasi. 

10. Wiraswasta

Gak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha sendiri setelah lulus kuliah loh. Di jurusan ilmu politik ini, kamu juga bisa belajar banyak hal mengenai pemerintahan, filsafat ilmu, kewarganegaraan, dan juga manajemen SDM. kamu juga bisa memanfaatkan ilmu yang kamu didapatkan di jurusan politik sebagai bahan pertimbangan untuk membuka usaha sendiri dengan pendapatan lebih besar.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Kenalan Yuk Dengan Mata Kuliah Ilmu Politik