kuliah jurusan akuntansi
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Kuliah Jurusan Akuntansi Bikin Bosan? Cek Ini Yuk!

Kuliah jurusan akuntansi selalu menjadi incaran para pelajar SMA yang baru lulus nih guys! Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan, jurusan akuntansi, dan segala jenis tentang perpajakan, berarti sudah waktunya nih kamu cari tau lebih banyak tentang kuliah jurusan akuntansi di kampus idamanmu nih. 

Kira-kira kuliah jurusan akuntansi bakal belajar apa aja ya saat di kelas? Saat kamu kuliah jurusan akuntansi di semester pertama, kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang laporan keuangan.

Nah, selama 4 tahun kamu akan belajar dasar-dasar membuat laporan keuangan seperti dari bagaimana caranya membuat laporan keuangan yang sesuai sama standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai standar kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa menerawang dan menilai prospek kedepannya. 

Gak cuman itu guys, kamu juga secara sederhana akan belajar bagaimana cara melihat dan mempelajari apakah laporan keuangan itu dapat dikatakan layak atau gak.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui saat kamu kuliah jurusan akuntansi yang akan kamu dapatkan antara lain adalah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan,dan masih banyak lagi nih. 

Meskipun ini keliatannya kayak sulit padahal sebenarnya gak loh, bahkan bisa dikatakan peminat yang ingin kuliah jurusan akuntansi ini sangat banyak dan selalu bertambah dari pelajar-pelajar di Indonesia. Bahkan banyak banget yang menganggap bahwa jurusan ini adalah jurusan primadona bagi para pelajar di Indonesia. 

Selain kamu mencari tau tentang apa aja mata kuliah akuntansi yang akan kamu pelajari, kamu juga harus tau nih kira-kira sebagai calon mahasiswa jurusan akuntansi, apa aja sih pengetahuan dan keterampilan yang harus kita miliki?

1. Kemampuan mengelola keuangan

Kemampuan yang harus kamu miliki saat kamu ingin kuliah jurusan akuntansi adalah  kemampuan untuk mengelola keuangan. Karena saat kamu menjadi mahasiswa akuntansi kamu harus aktif dan terbiasa dengan masalah keuangan yang ada, dan kamu harus mencari tau gimana cara mengatasinya.

Skill problem solving atau memecahkan masalah juga sangat penting untuk kamu tekuni dan pelajari nih jika kamu merupakan bagian dari mahasiswa akuntansi.

2. Kemampuan menyajikan laporan keuangan

Kemampuan yang harus kamu miliki saat kamu ingin kuliah jurusan akuntansi kedua adalah kamu harus bisa menyajikan laporan keuangan secara akurat dan bisa mempresentasikannya dengan baik. Kemampuan ini bisa kamu pelajari semenjak dini loh.

Contohnya kamu bisa mempraktekkan dan membuat laporan pengeluaranmu selama sebulan saat sekolah, dan kamu bisa berpura-pura mempresentasikannya di depan keluargamu atau sekedar untuk konsumsi pribadimu.

3. Kemampuan melakukan analisis laporan keuangan

Kemampuan yang harus kamu miliki saat kamu ingin kuliah jurusan akuntansi yang ketiga adalah melakukan analisis laporan keuangan. Kemampuan analisis ini biasanya sangat dibutuhkan kalo kamu harus melakukan presentasi tentang laporan keuangan sebuah perusahaan.

Nah, jika kamu bercita-cita ingin menjadi akuntan profesional, kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi akuntan setelah kamu lulus S1 nih, kamu juga bisa banget mengambil program sertifikasi untuk meningkatkan berbagai kemampuan dan keahlianmu. Misalnya saja dengan mengambil Certified Public Accountant (CPA) atau Certified Management Accountant (CMA).

Baca Juga: Terdengar Asing? Cek Jurusan Ekonomi Pembangunan

Nah, selain kemampuan yang akan kamu dapat jika kamu mengambil kuliah jurusan akuntansi. Peluang kerja jurusan akuntansi juga besar di Indonesia loh karena pekerjaan akuntansi merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Ini adalah 8 peluang kerja jurusan akuntansi di Indonesia. Simak artikel ini yuk!

1. Akuntansi Publik

Dengan kuliah jurusan akuntansi, kamu bisa berkarir sebagai akuntan publik. Profesi akuntan publik adalah akuntan yang mendapat izin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntan kepada publik. Kamu akan mendapat izin untuk membuka kantor akuntan publik dan memberikan jasa akuntan kepada klien. Seorang akuntan publik bisa mendapat gaji antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Semakin berpengalaman, maka gaji yang didapat akan semakin besar.

2. Akuntansi Privat

Dengan kuliah jurusan akuntansi, kamu bisa berkarir sebagai seorang akuntan privat. Akuntan privat disebut juga dengan nama akuntan intern. Akuntan ini bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi tertentu. Jika akuntan publik bisa membuka kantor akuntan publik dan menerima klien dari berbagai latar belakang, akuntan privat hanya bekerja pada satu perusahaan.

Dengan kata lain, kamu yang bekerja sebagai akuntan di suatu perusahaan disebut juga dengan akuntan privat. Profesi ini mendapat peluang gaji sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan untuk akuntan yang masih pemula.

3. Financial Analyst

Dengan kuliah jurusan akuntansi, kamu bisa bekerja menjadi financial analyst atau analis keuangan. Financial analyst adalah profesi yang bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis. Seorang financial analyst yang masih pemula bisa mendapat gaji hingga Rp 10 juta tiap bulan.

4. Auditor internal

Dengan kuliah jurusan akuntansi, kamu bisa menjadi seorang auditor internal. Profesi yang satu ini memiliki tugas memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen. Gaji yang diperoleh seorang auditor internal berkisar Rp 10 juta dan bisa terus meningkat.

5. Konsultan Pajak

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi konsultan pajak. Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak. Besarnya gaji yang didapat oleh seorang konsultan pajak sangat bervariasi. Semakin kompleks kasusnya maka akan semakin tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah. Konsultan pajak di Indonesia menerima gaji di kisaran angka mulai Rp2.000.000 hingga mencapai Rp15.000.000 per bulan.

6. Perencana Keuangan

Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah menjadi seorang perencana keuangan, dimana kamu bisa bertugas untuk menyusun perencanaan keuangan. Gajinya juga bervariasi tergantung keputusan dengan pihak klien. Bukan gak mungkin Kamu bisa mendapat belasan juta rupiah dari profesi ini.

7. Accounts Payable/receivable clerk

Dengan kuliah jurusan akuntansi, kamu bisa bekerja sebagai Accounts Payable/Receivable Clerk. Profesi ini bertugas mengurusi akuntansi utang piutang. Jika Kamu memilih karir ini, Kamu berkesempatan mendapatkan gaji kurang lebih Rp5.000.000 per bulan.

8. Credit Analyst

Pekerjaan akuntansi selanjutnya adalah sebagai analis kredit. Profesi yang satu ini biasa bekerja di industri perbankan untuk menganalisis calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman. Selain perbankan, Kamu juga bisa bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti perusahaan leasing, financial technology, dan sejenisnya.

Seiring pertumbuhan lembaga keuangan di Indonesia, semakin besar pula kesempatan Kamu untuk bekerja di bidang ini. Gaji yang didapatkan oleh seorang credit analyst adalah sekitar Rp5.000.000 sampai dengan Rp7.000.000 tiap bulannya.

Kamu bisa cari informasi lebih lanjut dengan klik halaman ini ya. Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus.

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *