gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Manfaat Sertifikat Pelatihan Ternyata Bukan Hanya Untuk Karyawan Loh! Simak Yuk

.
Bagikan

Sertifikat pelatihan adalah sebuah bukti tertulis yang diterbitkan oleh lembaga pelatihan. Fungsinya sebagai bukti resmi bahwa seseorang telah berhasil menyelesaikan suatu program pelatihan kerja tertentu.

Sepertinya gunanya hanya untuk individu, ya. Eits, jangan salah. Sertifikat pelatihan tidak hanya berguna untuk kamu sebagai pekerja, tapi perusahaan juga merasakan manfaatnya. Tapi pertama-tama, kita bahas dulu manfaat sertifikat pelatihan untuk pekerja.

Menambah Skill

Contoh kasus, Tony merupakan seorang karyawan di sebuah agensi iklan bernama Stark Agency. Ia bekerja di bagian konten pemasaran, sebagai desainer grafis. Meskipun pekerjaan Tony lebih banyak berkutat pada visual, tapi ia mencoba meningkatkan kemampuan dengan mengikuti Pelatihan Copywriter yang diadakan sebuah lembaga.

Setelah lulus, karier Tony di Stark Agency lebih cerah. Ia memang tetap desainer grafis, tapi kemampuan Tony dalam membuat copy tulisan telah menarik perhatian atasannya, sehingga Tony berpeluang untuk menuju jenjang karier yang lebih bagus.

Sertifikat Pelatihan Bisa Menambah Nilai Jual Pada CV

Jika Tony ingin keluar dari Stark Agency untuk mencari sesuatu yang berbeda, ia sudah punya bekal. Kini, ia bisa apply pada berbagai lowongan, baik itu desainer grafis yang selama ini ia tekuni, atau melamar sebagai copywriter sebagai tantangan baru.

Tony tinggal menyertakan sertifikat Pelatihan Copywriter dalam Curriculum Vitae (CV) yang ia kirim ke berbagai perusahaan. Dengan pengalamannya sebagai desainer grafis dan skill baru sebagai copywriter, ia bakal punya nilai lebih di mata perusahaan periklanan.

Manfaat Bagi Perusahaan

Selain bermanfaat untuk karyawan, perusahaan juga bisa mencicipi dampak positif sertifikasi pelatihan. Bahkan, banyak perusahaan yang “berinvestasi” pada karyawannya dengan menggelar pelatihan secara gratis, tentunya. 

Soalnya, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan menggelar pelatihan bersertifikasi:

  • Setelah menerima pelatihan, karyawan akan lebih kompeten
  • Mengurangi kesalahan kerja yang dapat terjadi
  • Produktivitas karyawan bakal lebih meningkat
  • Ada kemungkinan karyawan akan lebih setia pada perusahaan, karena telah membantu meningkatkan ilmunya

Salah satu alasan utama perusahaan menggelar pelatihan bagi karyawan adalah mengikuti zaman. Contohnya, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media cetak melakukan pelatihan “Menulis Artikel Online” pada sebagian karyawannya. Tentu saja perusahaan tidak menarik biaya apapun pada karyawannya. 

Mereka melakukannya untuk mengikuti perkembangan zaman. Media cetak sudah semakin tergerus kemajuan teknologi internet, terutama dari segi kecepatan. Dengan melatih karyawannya menulis artikel online, perusahaan akan lebih cepat beradaptasi dan beralih dari cetak ke online, bahkan mungkin tidak perlu merekrut karyawan baru.

Sudah siap memiliki sertifikat pelatihan yang memberikan kamu jaminan kerja? Kamu bisa join kelas sertifikasi yang oke banget di goKampus. Ada kelas dari Nanyang Technological University Singapore (NTU) yang bisa kamu ikuti secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau. Ada diskon up to 65% dan cicilan Rp700 ribu/bulan! Tertarik, kamu bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-