gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur dan Prospek Kerjanya

Kamu anak-anak SMA yang sudah lulus dan suka merancang atau mendesain rumah atau mungkin mendesain kamar? Kamu masih bingung milih jurusan kuliah? Nah, jurusan arsitektur bisa jadi salah satu pilihan apalagi kalau kamu suka banget dengan dunia mendesain ruangan!

Pernah kepikiran gak sih gimana caranya orang-orang bisa membuat desain rumah atau perkantoran yang bagus dan terlihat indah? Yup, itu adalah jurusan arsitektur! Jurusan arsitektur gak cuman ngebahas soal teknik loh, bahkan lebih cenderung ke seni dan estetika walau secara general berkonsep teknik.

Di jurusan ini, kamu juga akan banyak mendesain bangunan sesuai dengan kebutuhan dari klien. Tentu saja kamu harus memperhatikan fungsi, keindahan, dan keamanannya juga. Hal ini karena saat kamu membuat kerangka gedung dan mendesainnya, tentu aja selain estetika, keamanan paling utama.

Yuk, Ambil Jurusan Ini di UPH

Gak cuman mendesain aja loh, tapi kamu juga akan dibekali dengan kemampuan perencanaan anggaran nih. Hmm, terkesan repot dan rumit ya? Namun, tenang aja, karena jurusan arsitektur dari Universitas Pelita Harapan (UPH) akan memudahkan seluruh proses pembelajaranmu nih.

Jurusan Arsitektur di UPH merupakan salah satu jurusan Arsitektur unggulan yang dikenal di dalam negeri maupun internasional nih. Mahasiswa jurusan arsitektur juga aktif di bidang akademis dan menghasilkan lulusan yang beretika, unggul, dan mampu bersaing di industri 4.0.

Program arsitektur di UPH menuntut mahasiswanya dengan disiplin ilmu dari segi artistik, ilmiah, dan humanis yang terkait dalam perancangan bangunan. Nah, selain mempelajari keahlian teknis untuk menggambar dan merancang dalam bentuk 2D dan 3D, seluruh mahasiswa jurusan arsitektur di UPH juga mengembangkan kemampuan analisis secara kritis dan kuantitatif yang berpadu dengan pengetahuan ilmu fisika, sosial, dan lingkungan. 

Baca Juga : Yang Perlu Kamu Tahu Soal Jurusan Teknik Informatika

Mahasiswa harus terus mengikuti perkembangan wacana dan teknologi arsitektur, tetapi tetap mengakar pada dasar-dasar pengetahuan arsitektur. Kurikulum jurusan arsitektur di UPH juga berbasis pendidikan yang luas dan kompetensi pra-profesional yang siap memasuki dunia kerja.

Jurusan arsitektur di UPH juga fokus menghasilkan lulusan arsitektur yang kreatif dan tanggap pada setiap perkembangan teknologi. Selain itu, mahasiswa lulusan arsitektur di UPH juga mampu menjadi pemimpin yang profesional, kritis, dan mandiri dalam menjalankan peran dan profesi arsitek di masa depan.

Mahasiswa jurusan arsitektur juga diminta untuk memiliki pribadi yang bertanggung jawab dan etika untuk mengembangkan gagasan yang inovatif yang bisa berdampak bagi masyarakat. Gimana? Keren banget kan mahasiswa lulusan arsitektur UPH?

Pada umumnya, jurusan arsitektur akan masuk ke dalam bagian fakultas teknik, meskipun proses pembelajarannya gak hanya tentang teknik. Jadi, kalau kamu melihat gedung-gedung tinggi yang indah, itu merupakan salah satu bagian dari pekerjaan lulusan para arsitektur nih guys.

Fakta Menarik Jurusan Ini

Ada beberapa fakta menarik tentang jurusan arsitektur loh. Pertama, kamu akan banyak jalan-jalan atau bangunan, ke tempat tertentu biar kamu bisa mendapatkan ide mendesain bangunan. Selanjutnya, layaknya fotografer, kamu akan memotret bangunan.

Kedua, jurusan ini bisa kuliah dan belajar di mana aja loh. Arsitektur itu tak lebih dari tentang berimajinasi dan merealisasikan suatu bangunan. Jadi, yang penting adalah persiapanmu untuk membuat sketsa udah lengkap, jadi kamu bisa kerja dimana aja deh sambil ngopi-ngopi juga!

Fakta yang ketiga adalah kamu akan dianggap oleh teman-temanmu sebagai orang yang tau segala hal tentang bangunan dan rumah. Yang keempat adalah mahasiswa arsitektur terkenal dengan banyak pengeluaran untuk membayar seluruh perlengkapannya yang tergolong mahal. 

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Pasti kamu sebagai calon mahasiswa bertanya-tanya, apa aja sih mata kuliah yang akan dipelajari? Nah, mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain:

  1. Sistem fungsi untuk sebuah bangunan
  2. Teori arsitektur di zaman modern dan kontemporer
  3. Sistem struktur untuk sebuah bangunan
  4. Perencanaan desain pasif dan buatan
  5. Pengantar arsitektur perkotaan
  6. Simulasi dan metode desain yang berbasis komputer
  7. Hal dasar dalam keprofesian arsitektur
  8. Bahan dan konstruksi sebuah bangunan

Selain mata kuliah tersebut, jurusan ini juga punya beberapa kriteria untuk mahasiswa yang ingin bergabung di jurusan arsitektur nih. Yang pertama adalah kamu harus membiasakan diri kamu lebih teliti karena ketelitian penting banget. Kedua, ketekunan. Butuh ketekunan yang lebih karena kamu akan banyak banget berhadapan dengan gambar dan sketsa, jadi kamu akan butuh ketekunan nih.

Terakhir, kamu harus detail dan terstruktur sebagai mahasiswa arsitektur. Kamu harus pintar-pintar membagi tugas-tugasmu ya. Sebagai mahasiswa arsitektur, kamu gak bisa nih sembarangan untuk mengerjakan tugas karena kamu harus membaginya dengan terstruktur.

Nah, setelah tahu mata kuliah jurusan arsitektur, kamu perlu tau juga nih kalo prospek kariernya. Selain menjadi arsitek, kamu bisa menjadi insinyur, pengawas dan penyelidik properti pemerintah, manajer konstruksi, perencanaan kota dan wilayah, pengawas konstruksi dan bangunan, desainer interior, serta ahli peta infografi. 

Biasanya saat kamu bekerja menjadi arsitektur, kamu harus aktif dan pintar berkomunikasi. Kamu akan menjadi pemimpin di dalam kelompok untuk mengarahkan tugas-tugas ke teman-teman kelompokmu. Bayangin deh kalo misalnya kamu gak bisa mengarahkan tugas-tugas dengan baik, pasti bakal jadi masalah banget tuh!

Gimana nih menurutmu informasi tentang jurusan arsitektur? Yang pasti adalah jurusan arsitektur yang ada di UPH bisa sesuai banget nih sama keinginan kamu. Buat kamu yang pengen cari tau lebih lanjut mengenai jurusan arsitektur di UPH, langsung kunjungi halaman ini ya! Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-