biaya sbmptn
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Pahami 4 Manfaat Berpikir Kritis Buat Mahasiswa

Berpikir kritis tentunya menjadi salah satu soft skill yang wajib kamu miliki di jaman now nih guys. Manfaat berpikir kritis bisa banyak banget loh guys khususnya kalau kamu mulai memasuki dunia perkuliahan. Jadi, penting banget untuk kamu mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Berpikir kritis atau critical thinking merupakan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan mempertanyakan setiap aspek penting di dalam suatu permasalahan. Ketika mencoba mempraktekkan semua kemampuan ini, kamu akan dituntut untuk menganalisis sebuah topik atau permasalahan secara objektif, sehingga hasil yang akan didapatkan gak akan didapatkan secara bias tapi berdasarkan fakta yang ada.

Kamu wajib tau banget nih guys sebenarnya ada banyak banget manfaat berpikir kritis untuk karirmu. Ada apa aja sih manfaatnya?

1. Mudah menyelesaikan masalah

Manfaat berpikir kritis yang pertama adalah dengan melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kamu juga bisa menemukan apa aja nih kesalahan yang mungkin terlewat oleh anggota tim lain atau bahkan atasan. Gak hanya menemukan berbagai permasalahannya aja, tapi kemampuan berpikir kritis ini juga bisa membantu kamu untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan kata lain, berpikir kritis bisa meningkatkan kemampuan problem solving yang juga sangat penting di dalam dunia kerja.

2. Mengetahui kemampuan diri

Manfaat berpikir kritis yang kedua adalah berpikir kritis ini juga bisa membuat kamu lebih mengetahui kemampuan diri sendiri loh. Khususnya ketika kita melakukan analisis sebuah permasalahan secara kritis, kamu akan menemukan informasi baru yang sebelumnya gak diketahui. Hal ini bisa membuat kamu untuk lebih paham terkait dengan kemampuan diri, mengetahui apa aja yang gak diketahui, hingga mencari cara gimana untuk bisa memperbaikinya.

3. Menjadi lebih open-minded

Manfaat berpikir kritis yang kedua adalah ketika kamu menerima informasi baru atau mencari solusi mengenai masalah yang ada, kamu juga harus tetap objektif dan gak bias dengan berbagai pengetahuan yang udah dimiliki sebelumnya. Jadi, kalau kamu sudah mengetahui kemampuan diri dan tetap objektif melihat sesuatu, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk bisa menerima informasi baru. Kamu juga bisa menjadi lebih open-minded dalam menerima informasi baru atau argumen yang disampaikan ke orang lain.

4. Bisa berkomunikasi dengan baik

Manfaat berpikir kritis yang selanjutnya adalah secara gak langsung kamu bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi loh. Mungkin kalau dibahas lebih spesifik, kamu memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan sebuah ide secara sistematis dan informatif. 

Dan berpikir kritis bisa mendorong kamu untuk mempelajari informasi baru, benar-benar memahami apa maksud yang ingin dituju hingga menjelaskan berbagai ide tersebut ke orang lain secara lebih mudah. Kamu juga bisa menyampaikan berbagai ide dengan baik, dan siap memberikan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin akan terkait dengan topik yang dipresentasikan.

Baca Juga: 8 Tips Efektif Cara Menjadi Pintar Zaman Now!

Nah, sebenarnya ada loh beberapa cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang bisa kamu ikuti. Cobain ini yuk!

1. Banyak bertanya!

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang pertama adalah banyak-banyak bertanya. Rasa ingin tau merupakan salah satu kunci utama nih untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir kritis. Hal ini juga bisa dipraktekkan melalui dua cara yaitu bertanya pada diri sendiri dan juga orang lain. Kamu bisa coba berlatih untuk menggunakan prinsip bertanya 5W+1H (what,why,where,when,who,dan how) ketika kamu dihadapkan dengan informasi baru atas suatu permasalahan.

2. Aktif mendengarkan!

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang kedua ini adalah kamu harus aktif mendengarkan berbagai hal yang ada di sekitarmu. Maksudnya adalah kamu benar-benar sebisa mungkin mendengarkan secara aktif ketika orang lain berbicara atau menyampaikan sebuah ide. 

Mendengarkan secara aktif bisa membuat kamu mengerti dan lebih mudah memahami apa perspektif mereka. Dengan mendengarkan, kamu juga bisa memberikan respon yang sesuai dengan situasi dan topik yang sedang dibahas. Hal ini bisa loh membantumu meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis dan juga menciptakan atmosfer perbincangan yang produktif bagi semua pihak.

3. Mempertimbangkan segala kemungkinan

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis lainnya adalah dengan mempertimbangkan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Hal ini bisa dilakukan ketika ketika kamu ingin mengambil keputusan atau melakukan sesuatu. Saat kamu ingin melakukan apapun yang mungkin dapat mempengaruhi orang lain, coba kamu belajar untuk mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada baik positif atau negatif.

Setelah kamu mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, kamu juga bisa mempertimbangkan cara yang bisa digunakan untuk mengantisipasi berbagai macam situasi. Tentunya, dengan mengambil keputusan apapun harus dipertimbangkan positif negatifnya.

Selain kamu harus mengasah kemampuan soft skill dalam berpikir kritis, kamu juga perlu nih berpikir kritis dalam menentukan jurusan kuliah. Apalagi kalau masih banyak yang masih galau menentukan ingin mengambil bidang yang sesuai passion atau mengikuti arahan dari orang tua. Gimana ya sebenarnya cara menentukan jurusan kuliah yang terbaik untuk kita semua?

1. Skeptis memilih kampus!

Cara pertama ini perlu kamu perhatikan! Kamu harus pilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Nah, kalau kualitasnya baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu. Memilih kampus ini penting banget menjadi salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

2. Durasi program studi

Cara kedua adalah dengan mempertimbangkan durasi dari program studi yang kamu pilih. Setiap program studi pastinya punya durasi yang berbeda-beda, misalnya nih kalau kamu ambil kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, biasanya kamu akan menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun aja, atau gak kalau kamu mengambil pendidikan di Australia, ada juga beberapa program studi yang menawarkan durasi program hanya satu sampai dua tahun saja. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan pertimbangan yang kamu inginkan.

3. Konsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman!

Nah, cara menentukan jurusan kuliah yang terakhir ini penting banget dan wajib kamu ikuti. Cara menentukan jurusan kuliah yang ini bisa kamu lakukan agar kamu gak terpengaruh dengan hal lainnya dalam menentukan jurusan. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau orang-orang sekitarmu yang lebih berpengalaman misalnya saja guru-guru di sekolah atau senior yang kamu kenal dan memiliki bidang yang sama.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *