Bagikan
scoll top
 
goKampus

Pertimbangan Kuliah Di Luar Negeri Vs Dalam Negeri

.
Bagikan

Masuk kuliah atau perguruan tinggi memang menjadi tahap berikutnya di kehidupan setelah kamu selesai pendidikan di jenjang SMA. Ada yang bersemangat, tapi ada juga yang masih bingung menentukan pilihan antara melanjutkan kuliah di luar negeri atau dalam negeri.

Di satu sisi, sebenarnya memasuki dunia perkuliahan terdengar sangat menyenangkan guys… Kamu melepas seragam putih abu-abu dan memulai bertemu orang baru. Namun di sisi lain, biasanya kamu akan muncul dilema tersendiri. Salah satunya adalah saat kamu harus menentukan jurusan bahkan memilih kampus yang akan kamu tuju.

Kegalauan anak-anak calon mahasiswa biasanya untuk menentukan plus minusnya kuliah di dalam vs kuliah di luar negeri. Simak yuk!

1. Bertemu dengan banyak orang baru

Salah satu kelebihan kamu merantau ke luar negeri adalah kamu akan bertemu orang dari berbagai penjuru dunia. Meskipun dengan berkuliah di dalam negeri, peluang membuat pertemanan baru juga terbuka sama lebarnya, namun feelingnya akan terasa berbeda dibandingkan kamu kuliah di luar negeri.

Namun, kekurangannya kamu kuliah di luar negeri adalah kamu harus lebih berhati-hati untuk bisa percaya dan berteman dengan orang lain, karena di luar negeri kamu gak hanya bertemu dengan orang yang mayoritas dari negara itu aja, tapi kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara.

Jadi kamu harus lebih skeptis nih untuk bisa berteman dengan orang yang benar-benar bisa membantu kamu dan bisa kamu percaya di luar negeri.

2. Mengenal tempat baru

Sebagian dari kita mungkin berpikir dengan kita kuliah di luar negeri pastinya lebih malu dan lebih sulit untuk bisa beradaptasi dengan tempat baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya. Nyatanya gak loh.

Kuliah di luar negeri justru sangat memungkinkan kamu untuk merasakan tempat dan pengalaman berbeda yang mungkin bisa kita dapatkan di kota asal. Bahkan gak cuman tempat baru aja, tapi kamu bisa semakin beradaptasi dengan cuaca dan budaya di masing-masing daerah yang kunjungi.

Namun, kekurangannya kamu kuliah di luar negeri di bagian ini adalah mungkin kamu akan membutuhkan lebih banyak biaya untuk bisa jalan-jalan ke tempat yang memang kamu inginkan.

Yang pertama adalah karena akses transportasi umum di luar negeri tergolong mudah namun bisa dibilang gak terlalu murah. Sehingga kalau kamu ingin menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, maka kamu harus bisa siap secara finansial dulu ya!

2. Kesempatan berkarir lebih besar

Jika tujuan terakhir kamu adalah untuk meniti karir di luar negeri, maka itu bagus untukmu karena kamu bisa mendapatkan networking yang lebih luas dan kesempatanmu untuk bisa berkarya di luar negeri di berbagai perusahaan besar bisa terbuka sangat lebar.

Pendapatan yang mungkin kamu dapatkan juga akan lebih tinggi dan kamu bisa belajar dan mengeksplor banyak hal saat kamu di luar negeri.

Namun, kekurangannya adalah persaingan untuk bisa bekerja di luar negeri akan semakin banyak dan ketat. Mencari kerja di luar negeri bisa dibilang sangat sulit terutama jika kita adalah pendatang.

Jadi, kamu harus benar-benar bisa memiliki dan mengembangkan skill mu dulu nih untuk bisa bersaing dengan orang-orang dari seluruh dunia!

3. Homesick!

Nah, ini adalah hal yang paling menyedihkan di momen saat kamu merantau ke luar negeri, karena kamu pastinya akan langsung terbiasa hidup dan tinggal sendiri serta jauh dari keluarga khususnya orang tua.

Saat kamu kuliah di luar negeri, tentunya jadwal kamu untuk bisa pulang ke Indonesia pun juga dibatasi loh, apalagi biaya yang tergolong lumayan mahal untuk kamu bisa terbang ke Indonesia.

Baca Juga : Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika

Tapi, hal positifnya adalah kamu bisa belajar untuk hidup mandiri tanpa adanya ketergantungan dari orang tua, mulai dari makan hingga tabungan pun kamu yang memutuskan sendiri, sehingga secara gak langsung kamu akan belajar untuk memutuskan segala sesuatu dalam hidupmu.

Nah, kalo yang empat poin diatas adalah membahas tentang plus minus yang akan kamu dapatkan setelah kamu memilih kuliah di luar negeri.

Setelah ini, goKampus akan membahas apa aja sih plus minusnya kamu saat lebih memilih kuliah di dalam negeri dibandingkan kuliah di luar negeri. Cek penjelasan berikut ya!

1. Biaya kuliah lebih murah

Nah, kondisi finansial gak memungkiri kamu untuk bisa menjadi salah satu masalah krusial dalam memilih pendidikan. Tentunya, biaya kuliah di dalam negeri akan tergolong jauh lebih murah dibandingkan kamu memilih kuliah di luar negeri. Dari harga makanan, tempat tinggal jika kamu merantau, dan uang per semester pun masih tergolong murah.

Kekurangannya adalah meskipun biaya kuliahnya lebih murah tapi balik lagi ke kemampuan finansial kamu dan keluargamu ya. Ada banyak pilihan antara kuliah negeri atau kuliah swasta, karena rata-rata biayanya per tahun dan jurusan pun juga berbeda-beda.

2. Pilihan kampus berkualitas beragam

Sebenarnya dimanapun kamu kuliah di luar negeri atau dalam negeri, pastinya akan selalu ada kampus-kampus yang berkualitas yang gak kalah kerennya loh. Kamu bisa memilih sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan di seluruh Indonesia.

Nah, kekurangannya adalah kalau dibandingkan dengan kualitas pendidikan di luar negeri, pastinya akan berbeda, karena kalau dilihat secara rangking dan fasilitas di dunia, kampus-kampus yang ada di Indonesia belum ada yang menempati posisi 5 besar terbaik di dunia, semuanya ada di universitas luar negeri.

3. Kemampuan bahasa asing terbatas!

Meskipun kamu kuliah di dalam negeri memang gak menjamin kamu gak bisa bahasa inggris, namun kalau kamu kuliah di luar negeri, kamu akan memiliki kemampuan bisa berbahasa asing yang lebih banyak apalagi jika kamu kuliah di negara yang bahasa pengantarnya bukan bahasa inggris misalnya saja seperti Rusia.

Sehingga, yang lulusan luar negeri pastinya akan lebih memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan lulusan dalam negeri.

4. Fasilitas kampus yang cukup menjamin.

Tentunya kalau kamu kuliah di luar, fasilitas yang akan kamu pakai atau kamu terima di kampus tersebut bisa dibilang sangat berkualitas.

Tapi, kalau kamu kuliah di dalam negeri,  fasilitasnya juga gak kalah loh! Ya meskipun gak bisa dibandingkan dengan kampus di luar negeri, tapi bisa dijamin kampus di Indonesia juga aktif untuk terus berinovasi, setidaknya selama kamu kuliah pun kamu akan mendapatkan fasilitas yang bisa terbilang cukup menjamin untuk menunjang proses pembelajaranmu ya!

Gimana menurutmu pertimbangan kuliah di luar negeri VS kuliah di dalam negeri? Pastinya semua keputusan ada di kamu ya! Kamu bisa mendaftar dan melihat kampus berkualitas di luar negeri dengan mengunjungi halaman goKampus ini ya!

Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-