jalur seleksi Mandiri penerimaan mahasiswa baru
Daftar Kuliah

Simak 6 Tips Ikut Seleksi Mandiri, Udah Siap Belum?

Nggak lolos di SNMPTN dan SBMPTN? Jangan sedih, jangan menyerah, karena Seleksi Mandiri masih ada untuk kamu! Seleksi Mandiri jadi salah satu alternatif buat kamu yang masih kekeh ingin masuk PTN. Seleksi mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan atau diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara mandiri mulai dari persyaratan dan mekanisme, daya tampung, biaya pendaftaran, hingga proses seleksinya. Eits, tapi perlu diketahui kalau gak semua PTN menyelenggarakan seleksi mandiri, ya. 

Biasanya, rangkaian seleksi mandiri diadakan gak lama setelah pengumuman SBMPTN dikeluarkan. Buat kamu yang belum beruntung di SBMPTN, seleksi mandiri ini bisa dianggap jadi jalan terakhir kamu untuk memasuki PTN impian, jadi kamu juga harus serius nih melakukan persiapan untuk seleksi mandiri. Ada 6 tips ikut seleksi mandiri yang bisa kamu ikuti nih supaya persiapan kamu lebih maksimal dan bisa diterima di kampus impian! Yuk dicek!

1. Pelajari lagi materi ujian SBMPTN

Pasti kamu heran, SBMPTN udah lewat, tapi kenapa masih harus belajar materi ujian SBMPTN lagi? Saat ini banyak PTN yang menggunakan hasil nilai UTBK atau standar nilai SBMPTN dalam seleksi mandirinya. Banyak juga PTN yang menyelenggarakan tes sendiri dengan kualitas dan jenis soal yang gak jauh beda dengan soal SBMPTN. Jadi, untuk mempersiapkannya, sebaiknya kamu pelajari kembali materi ujian SBMPTN, ya!

Supaya persiapannya lebih maksimal, kamu juga bisa cari tahu tipe soal yang biasa diujikan oleh PTN yang kamu tuju. Biasanya kumpulan soal-soal seleksi mandiri tersedia di internet dan bisa kamu akses secara gratis atau berbayar. Kamu bisa mengetahui materi seperti apa yang biasa diujikan sekaligus latihan mengerjakan soal-soal yang sudah pernah diujikan sebelumnya.     

2. Cari tahu biaya dan lokasi seleksi mandiri 

Dalam seleksi mandiri, biasanya terdapat biaya pendaftaran yang besarannya berbeda tergantung dari tiap-tiap PTN yang kamu tuju. Karena itu, jangan sampai lupa untuk cari tahu biaya pendaftaran dan juga mempersiapkan biayanya ya! Selain itu, jika seleksi mandiri dilaksanakan secara langsung, lokasi ujian juga harus diperhatikan. Beberapa PTN melaksanakan ujian mandiri di beberapa titik daerah, tapi ada juga PTN yang melaksanakan ujian hanya di daerah tempat PTN itu berada. Jadi, lokasi ujian juga harus kamu cek supaya kamu bisa bikin rencana untuk hari H ujian nanti.

3. Pastikan jadwal tes tidak bentrok

Kamu boleh banget loh, mengikuti lebih dari satu seleksi. Tidak ada batasan berapa banyak seleksi mandiri yang boleh kamu ikuti, hanya saja ada satu hal yang harus kamu perhatiin, nih. Jadwalnya juga berbeda-beda tergantung tiap PTN yang menyelenggarakannya. Gak jarang beberapa PTN mengadakan seleksi mandiri di tanggal yang sama. Untuk itu, pastikan jadwal tes seleksi mandiri yang kamu daftar tidak bentrok satu sama lain, ya! Buat jadwal secara rinci mengenai tanggal-tanggal ujian yang akan kamu ikuti supaya tidak ada yang kelupaan dan kamu bisa mengatur persiapannya. 

4. Memilih program studi yang sesuai

Tiap-tiap perguruan tinggi punya program studi yang berbeda-beda. Jangan sampai program studi yang kamu minati tidak tersedia di PTN yang kamu tuju, ya. Ingat juga untuk cek silabus atau garis besar materi tiap mata kuliah yang terdapat pada prodi yang dituju di tiap kampus supaya kamu tahu lebih dalam mengenai program studi yang dituju. Kalau lebih niat lagi, kamu bisa mengatur strategi memilih program studi yang peluangnya lebih besar untuk kamu dengan cara melihat jumlah peminat dan kuota yang tersedia di tiap universitas.

Cek juga ketentuan memilih program studi yang sudah ditentukan dari tiap universitas. Kamu perlu tahu berapa banyak program studi yang bisa kamu pilih, apakah ada ketentuan khusus dalam memilih program studi seperti tidak boleh lintas jurusan, atau ada portofolio atau syarat lain yang harus dikumpulkan untuk mendaftar ke program studi tertentu. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

5. Cari tahu biaya kuliah di PTN jika masuk lewat seleksi mandiri

Biaya kuliah di PTN memiliki kisaran yang berbeda-beda. Perlu diketahui, calon mahasiswa yang masuk melalui seleksi mandiri biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih besar dibandingkan mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN atau SNMPTN. Kamu sebaiknya mencoba cari tahu perkiraan biaya kuliah mulai dari uang pangkal atau uang muka, biaya kuliah per semester, biaya praktikum, dan biaya-biaya lainnya. Meskipun demikian, beberapa PTN juga punya kebijakan penyesuaian biaya kuliah sesuai dengan jurusan atau program studi (prodi) yang dipilih dan juga pendapatan atau gaji orangtua. Jadi, banyak-banyak survey mengenai biaya kuliah dan kebijakan di universitas tujuanmu itu penting banget loh!

6. Jaga kesehatan

Nah ini yang paling penting, nih! Jangan sampai kegagalan pada seleksi sebelumnya bikin kamu down dan kehilangan semangat. Biasanya rangkaian seleksi mandiri berjalan beriringan setelah pengumuman SBMPTN keluar. Jangan sampai dalam masa-masa seleksi mandiri ini kamu sakit sehingga tidak bisa mengerjakan ujian dengan maksimal. Tubuh yang sehat dan bugar sangat mempengaruhi performa dan konsentrasi dalam mengerjakan ujian, loh. Sayang kalau apa yang sudah kamu persiapkan jadi sia-sia karena badan kamu yang tidak fit. Jadi, jangan lupa belajar maksimal tapi istirahat yang cukup juga ya!

Itu dia 6 tips yang bisa kamu lakuin supaya kamu lebih siap untuk ikut seleksi mandiri. Selain ngerjain tips ini, satu hal yang bisa kamu kerjakan adalah berdoa dan minta restu sama orang tua, supaya apa yang kamu usahakan bisa berbuah manis hasilnya. Semangat ya!  

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *