Bagikan
scoll top
 
goKampus

Simak Penjelasan Mengenai Mata Kuliah Ilmu Komputer

.
Bagikan

Sebagai calon mahasiswa baru, pasti kamu gak asing lagi kan dengan jurusan Ilmu Komputer atau yang biasa dikenal dengan jurusan IT? Jurusan IT ini selalu jadi favorit oleh pelajar di Indonesia setiap tahunnya loh guys. Banyak yang bilang bahwa kalau masuk ke jurusan ini hanya khusus untuk orang-orang yang jago menggunakan komputer, padahal gak juga loh! Karena di mata kuliah ilmu komputer kamu akan diajari banyak hal dari awal! Penasaran? Simak artikel ini yuk bersama goKampus!

Apa itu jurusan ilmu komputer?

Jurusan Ilmu Komputer adalah sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu Komputer ini juga mencakup beragam topik yang mungkin berkaitan dengan komputer dimulai dari analisis abstrak algoritma sampai subjek yang lebih konkret . Nah, subjek konkret ini misalnya seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, perangkat keras. Jadi ini semua nanti yang akan kamu pelajari di mata kuliah ilmu komputer.

Mata kuliah ilmu komputer yang akan kamu pelajari di dunia perkuliahan nantinya ada dari mobile programming, sistem otomasi, teknologi mikrotik, matematika komputasi, aljabar linear matriks, sistem instrumentasi, sistem operasi, metode numerik, analisis perancangan sistem, dan lain sebagainya.

Nah, meskipun banyak yang bilang kalau jurusan IT itu sulit dan tugasnya terkenal sangat berat, tapi bisa dibilang kalau hal ini sesuai loh dengan peluang kerja dari jurusan ini. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan mahasiswa dari lulusan jurusan ilmu komputer dengan kemampuan yang tinggi. Bisa kerja jadi apa aja ya kira-kira? Simak 10 peluang kerja jurusan Ilmu komputer ini yuk!

1.Teknisi Jaringan

Peluang atau prospek kerja ilmu komputer yang pertama adalah menjadi teknisi jaringan. Hampir di setiap perusahaan kini telah memanfaatkan jaringan wifi untuk bekerja. Karena itu, hampir setiap perusahaan membutuhkan teknisi jaringan untuk membenahi masalah jaringan yang mungkin muncul. Seorang teknisi jaringan mendapatkan penghasilan mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp8.000.000 per bulan.

2. Programmer Freelancer

Prospek kerja jurusan IT yang selanjutnya adalah menjadi seorang programmer. Kamu bisa mencoba peluang kerja sebagai programmer freelance. Pekerjaan ini bisa Kamu tekuni bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah. Dengan bekerja freelance, Kamu bisa memiliki portofolio kerja sekaligus memiliki pengalaman untuk memasuki dunia profesional.Profesi ini berkaitan dengan pembuatan website, program komputer dan lain-lain. Adapun gajinya yaitu mulai dari Rp6.000.000 per bulan.

3. Dosen dan Tenaga Pengajar

Prospek kerja berikutnya dari jurusan Ilmu komputer adalah menjadi dosen atau tenaga pengajar di jurusan ilmu komputer. Profesi ini sangat cocok bagi Kamu yang senang sharing pengetahuan dan tertarik dengan dunia akademik. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru di sekolah atau bisa juga menjadi dosen di universitas. Namun untuk menjadi dosen, Kamu harus menyelesaikan pendidikan minimal S2. Gaji dari profesi ini yaitu mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

4. Konsultan IT

Pekerjaan berikutnya yang dapat kamu lakukan sebagai lulusan ilmu komputer adalah menjadi konsultan IT. Sebagai konsultan, kamu perlu memiliki hampir semua pengetahuan tentang dunia IT. jadinya kalau kamu memilih profesi ini, kamu bertugas untuk memberikan rekomendasi mengenai sistem aplikasi kepada klien, misalnya perusahaan maupun perorangan. Gaji yang ditawarkan dari profesi ini bisa terbilang tinggi, yaitu mulai dari Rp6.000.000 hingga mencapai Rp11.000.000 per bulan.

5. System Integrator

Prospek kerja jurusan ilmu komputer yang selanjutnya adalah menjadi seorang system integrator. Di mana kamu akan bertanggung jawab untuk menganalisis sistem perangkat lunak yang akan dibuat dan gaji yang didapatkan seorang system integrator adalah sekitar Rp 4,000,000 hingga Rp 5,000,000 per bulannya.

Baca Juga: Cari Tau Soal Jurusan Manajemen Informatika Yuk!

6. Jasa Servis Komputer

Prospek kerja jurusan ilmu komputer yang selanjutnya adalah kamu bisa menyediakan jasa servis komputer. Sebagai lulusan ilmu komputer, kamu gak hanya bisa mendapatkan materi mengenai perangkat lunak tapi juga bisa dapat perangkat keras dari komputer. Jadi, kalau kamu suka mengutak-atik komputer, profesi ini cocok banget buat kamu. Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka usaha jasa servis komputer ini tergantung omset yang didapatkan. Semakin besar omset, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

7. Game Developer

Prospek kerja ilmu komputer yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi game developer. Seorang game developer bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp4.000.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan.

8. Web Designer

Peluang atau prospek kerja ilmu komputer selanjutnya yang bisa Kamu pilih adalah menjadi seorang web designer. Sebagai web designer, Kamu memiliki tanggung jawab untuk membuat website dan merancang tampilan website tersebut. Kamu bisa memilih untuk fokus di front-end developer atau bisa juga di bagian back-end developer Adapun gaji dari profesi web designer ini mulai dari Rp4.000.000 per bulan hingga mencapai belasan juta rupiah per bulan.

9. Penulis Blog Atau Artikel IT

Selanjutnya, Kamu bisa memilih karir sebagai seorang penulis blog atau artikel tentang IT. Bagi Kamu yang senang menulis terutama mengenai tema IT, profesi ini bisa Kamu geluti. Kamu bisa bekerja secara freelance atau bergabung di perusahaan media online atau pun membangun blog Kamu sendiri. Adapun gaji dari penulis blog atau artikel IT yaitu sekitar Rp3.000.000 per bulan.

10. Youtuber

Prospek kerja berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadi Youtuber. Profesi ini adalah membuat konten video yang berkaitan dengan IT. Kamu bisa membuat review tentang gadget seperti laptop, smartphone, atau gadget lainnya. Adapun penghasilan profesi ini yaitu jutaan hingga ratusan juta tergantung jumlah viewers channel Kamu. Semakin banyak subscribers dan viewer channel Youtube Kamu, semakin banyak pula penghasilan yang Kamu dapatkan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5, Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi dan klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-