prospek kerja teknik elektro
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Simak Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Lebih Rinci

Hai para murid anak kelas 12 SMA yang lagi nyari kampus! Udah paham belum istilah-istilah yang familiar didengar orang waktu daftar kuliah misalnya seperti UTBK dan SBMPTN? Buat kamu yang masih bingung dengan istilah-istilahnya, goKampus akan kasih tau kamu apa sih perbedaan UTBK dan SBMPTN! Simak yuk!

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat dengan SBMPTN. Seleksi ini biasanya dilakukan secara bersamaan untuk menjadi salah satu proses penerimaan Maba (Mahasiswa Baru) pada PTN, dan pelaksanaannya pun menggunakan pola ujian tertulis nasional.

Dan pada akhir tahun 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal kegiatan dan ketentuan mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Buat kamu yang penasaran jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu seperti apa aja, idealnya jalur masuk PTN 2021 sendiri terbagi menjadi 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), serta Seleksi Mandiri PTN.

UTBK-SBMPTN 2021 terbuka untuk semua calon mahasiswa termasuk siswa yang mungkin gak lolos SNMPTN 2021. Untuk SBMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN. Berikut ini adalah jadwal, ketentuan, materi, hingga biaya UTBK-SBMPTN 2021.

Jadwal SBMPTN 2021
DaftarTanggal 
Registrasi Akun LTMPT7 Februari – 12 Maret 2021
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15 Maret – 1 April 2021
Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang)Gelombang 112 April – 18 April 2021
Gelombang 226 April – 2 Mei 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN14 Juni 2021 @15.00 WIB

Buat kamu yang masih kebingungan dan belum terlalu paham apa perbedaan UTBK dan SBMPTN, Yuk kita bahas apa itu penjelasan dari UTBK!

A. UTBK itu apa sih?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang merupakan ujian atau tes seleksi yang kamu ambil untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mengikuti UTBK pun berarti kamu akan menempuh ujian menggunakan komputer bukan kertas lembar jawaban dan pensil.

UTBK pun baru diresmikan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)  sejak 2018 dan mulai dilaksanakan pada tahun 2019 yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.

B. Pilihan mata ujian UTBK

Untuk pilihan mata ujian UTBK terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Soshum, Saintek, dan campuran. Saintek merupakan kepanjangan dari Sains dan Teknologi yang biasa dikenal dengan kelompok IPA, dan beberapa contoh jurusan yang ada di kelompok Saintek yaitu Kedokteran, Teknik, Farmasi, Kimia, Matematika, dan Fisika.

Soshum merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora yang biasa dikenal dengan kelompok IPS, dan contoh jurusan yang terdapat di kelompok Soshum adalah jurusan Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra, dan Hubungan Internasional.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2021

Untuk kelompok campuran merupakan gabungan antara kelompok Saintek dan Soshum. Misalnya saja seperti di SBMPTN nanti kamu akan memilih pilihan pertama di jurusan Kedokteran dan pilihan kedua ada di jurusan Akuntansi, maka kamu harus mengambil kelompok campuran.

Buat kamu yang masih bingung gimana menentukan kelompok-kelompoknya.  Ada beberapa cara yang mesti kamu ketahui ya, yaitu:

1. Bagaimana tata cara dan ketentuan memilih kelompok studi tersebut?

Seperti yang kamu tahu untuk memasuki dunia perkuliahan nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok, ada yang studi IPA (Saintek) dan studi IPS (soshum). Saintek sendiri merupakan singkatan dari sains dan teknologi.

Biasanya, hanya siswa yang berasal dari jurusan IPA yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi ini. Sedangkan untuk kelompok Soshum adalah singkatan dari sosial dan humaniora. Dan ini hanya diperuntukkan untuk mengambil jurusan pada kelompok IPS.

2. Apa aja sih materi yang diujikan pada kelompok jurusan tersebut?

Untuk Kelompok saintek, ada beberapa materi yang sering diujikan dalam kelompok saintek ini, antara lain adalah Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. 

Sedangkan untuk kelompok Soshum, materi yang diujikan terkait dengan pelajaran yang dipelajari di jurusan IPS, antara lain adalah Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Dan untuk kelompok campuran, materi yang akan diujikan adalah campuran dari Saintek dan Soshum.

C. Persyaratan Peserta UTBK 2021 adalah:

  1. Peserta wajib memiliki akun LTMPT
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA/MA/MK Kelas 12 pada tahun 2021 atau merupakan peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  3. Peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
  4. Persyaratan peserta ujian: peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Peserta yang memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
  6. Peserta harus membayar biaya UTBK 2021.

D. Persyaratan peserta SBMPTN 2021 adalah:

  1. Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019/2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Peserta mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
  3. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio

Buat yang mau cari daftar kampus swasta di aplikasi goKampus, kamu bisa klik halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *