rahasia menulis beasiswa kuliah
Daftar Kuliah Tips Mahasiswa

Tips And Trick Cara Menulis Essay Beasiswa!

Untuk bisa mendapatkan beasiswa di kampus-kampus yang kita inginkan di Indonesia memang bukan perjalanan yang mudah, tapi bukan berarti kamu gak mencobanya kan. Mendapatkan beasiswa bukan hal yang mudah, biasanya akan selalu ada persyaratan tertentu yang harus kamu ikuti dan kumpulkan nih sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh universitas. Salah satunya adalah dengan cara menulis essay beasiswa.

Nilai rapor aja gak cukup untuk jadi pegangan oleh universitas untuk memastikan kamu layak mendapatkan program beasiswa ini, biasanya para universitas akan mencoba untuk mengenal kemampuan para pesertanya lebih dekat dengan meminta kamu membuat sebuah essay. 

Essay adalah tulisan singkat yang berisi kurang lebih 500 sampai 1000 kata dan biasanya digunakan oleh pemberi beasiswa untuk melihat karakteristik kamu apakah sudah tepat dan sesuai dengan yang mereka inginkan. Nah, tentunya biar kamu gak kebingungan gimana cara membuat essay agar bisa berhasil mendapatkan beasiswa ini, goKampus memiliki 5 tips cara menulis essay beasiswa khusus untuk kamu! Cek artikel ini ya!

1. Pastikan essay beasiswa yang kamu tulis unik dan beda!

Cara menulis essay beasiswa yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa essay beasiswa yang kamu tulis unik dan berbeda. Tulisan yang kamu buat harus otentik dan unik dari segi penulisan, konsep, cerita, dan pemilihan kata yang kamu pilih. Kamu bisa memulai dengan menulis kegelisahan tujuan kamu ingin mendapatkan beasiswa di kampus ini. Tulisan yang unik adalah tulisan yang jujur tentang diri sendiri karena semakin jujur kamu dengan diri sendiri, maka tulisan essay beasiswamu akan menjadi yang paling beda. 

2. Pastikan tulisan yang kamu tulis “dekat” dengan kehidupanmu!

Tips yang kedua adalah tulisan yang kamu buat harus memiliki kedekatan dengan kehidupan dan tujuanmu. Ciptakan sebuah kedekatan pada tulisan di essay beasiswa yang ingin kamu tulis. Kamu bisa mulai dengan menjabarkan pengalaman, tujuan hidup, kegiatan belajarmu selama ini, tergantung dari permintaan yang diminta di dalam essay beasiswa.

3. Percaya diri penting!

Kunci utama agar sukses dalam penulisan essay adalah percaya diri dalam menulis! Jangan lupa untuk jelaskan secara detail dan padat isi essay sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pemberi beasiswa. Kamu bisa menulis dengan jujur dan percaya diri, jangan melebih-lebihkan tulisan alasanmu kenapa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

4. Jabarkan target yang ingin dicapai!

Tips menulis essay beasiswa yang selanjutnya adalah jangan lupa jabarkan target yang ingin dicapai. Topik ini biasanya awam ditulis oleh banyak orang dan ini bisa menjadi penilaian plus bagaimana para pemberi beasiswa bisa melihat kamu memandang sebuah kehidupan. 

5. Pelajari teknik penulisan essay yang baik dan benar

Menulis dokumen tentu berbeda dengan menulis essay, dibutuhkan pemahaman yang cukup di bidang penulisan khususnya mengenai teknik penulisan yang baik dan benar. Sederhana mulai dari dasar-dasar teknik menulis secara terstruktur mulai dari SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) hingga teknik penulisan yang menarik dan persuasif. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Baca Juga: Rencanakan Beasiswa S1 Ke Luar Negeri Yuk!

Selain 5 tips mengenai cara menulis essay beasiswa, goKampus juga memiliki beberapa cara yang akan dibagikan ke kamu jika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis, antara lain:

1. Mencari informasi sebanyak mungkin

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang pertama adalah dengan mencari informasi yang kamu butuhkan sebanyak mungkin. Kamu gak akan bisa mendapatkan beasiswa kalau kamu gak memiliki niat dan kemauan yang kuat nih. Semuanya harus dimulai dari tindakan. Jadi, kalau kamu ingin mengajukan beasiswa gratis ke pemerintah, kamu harus melihat dengan teliti seluruh persyaratannya. 

2. Menentukan bidang studi yang diinginkan

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang kedua adalah kamu harus bisa menentukan bidang atau program studi yang kamu inginkan. Jangan pernah terburu-buru untuk memilih program beasiswa yang mau kamu jadikan batu loncatan untuk belajar di kampus idamanmu. Kamu bisa mulai dengan mengenali minat dan bakatmu sejak dini. Kebanyakan mahasiswa memilih program studinya berdasarkan dengan minat yang diinginkan sejak dulu.

3. Memiliki kampus idaman

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang selanjutnya adalah kamu harus pintar-pintarnya memilih kampus idaman tempat kamu melanjutkan pendidikan nanti. Setidaknya kamu harus memiliki tujuan untuk kuliah ke kampus mana karena ada beberapa beasiswa yang mengharuskan mereka untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) seperti beasiswa DIKTI, DIKNAS, dan beasiswa LPDP.

4. Siapkan seluruh dokumen penting

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting dulu seperti ijazah, transkrip nilai, serta seluruh sertifikat yang kamu miliki. Jadi, saat kamu mendaftar langsung lengkap semua nih.

5. Siapkan nilai TOEFL atau IELTS!

Kamu juga harus melampirkan nilai TOEFL dan IELTS agar kamu bisa meyakinkan berbagai pihak kalau kamu layak mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Tapi, lampiran nilai ini khusus untuk kamu yang ingin mengambil beasiswa untuk kuliah ke luar negeri ya. Kalau kamu ingin mengambil beasiswa gratis di dalam negeri, kamu bisa mempersiapkan nilai rapor serta sertifikat yang sudah kamu ikuti.

6. Punya tujuan yang jelas!

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis selanjutnya adalah kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Kamu harus pastikan ketika kamu mengajukan permohonan beasiswa, kamu sudah harus tau dulu nih program studi apa yang ingin kamu pelajari. Mulailah untuk memberikan alasan yang kuat, jelas, dan logis secara tertulis mengapa kamu memilih kampus ini.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *