digital marketing
Beasiswa Daftar Kuliah Dana Pendidikan goKampus

Wajib Tau! Biaya Kuliah Online Di Indonesia

Biaya kuliah online – Sekarang ini kan lagi jamannya seluruh pekerjaan dikerjakan secara online, mulai dari kerja dari rumah, kursus online, bahkan sampai kuliah online. Kuliah online dinilai cukup menarik dan sedang banyak dicari oleh masyarakat nih khususnya oleh para pekerja kantoran.

Untuk persoalan biaya kuliah online pun bukan jadi masalah yang penting para pekerja bisa meningkatkan pengetahuannya dan karir secara seimbang. 

Ternyata kuliah online ini dinilai cukup praktis dan ekonomis juga loh. Kuliah online ini uman menggunakan teknologi modern saat tatap muka dengan dosen.

Mahasiswa menjalani perkuliahan hanya dengan media layar monitor dan jaringan internet aja, dan dosen akan menjelaskan berbagai macam materi dan seluruh kegiatan mahasiswa secara online. Kira-kira apa ya yang bikin kuliah online ini jadi praktis?

1. Bisa diakses “anytime”!

Kuliah online hanya menggunakan perangkat teknologi modern aja tanpa mewajibkan mahasiswanya untuk datang di kelas. Kuliah online pun juga bisa diakses dimana dan kapan aja oleh mahasiswanya. Jadi, mahasiswa gak diharuskan nih datang ke kampus lagi. Tentunya memotong biaya transport bisa membuat biaya kuliah online menjadi praktis banget loh!

2. Materi bisa diulang-ulang!

Tentunya dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh dosen, mahasiswa bisa mengakses materi tersebut secara berulang-ulang, biasanya materi pembelajaran akan tersedia dalam bentuk video dan modul, sehingga mahasiswa dipastikan bisa lebih kreatif dan fokus dalam mendalami materi perkuliahan. Jadi, kamu akan menghemat biaya kuliah online dengan gak membeli buku nih.

3. Biaya kuliah online hanya bayar internet!

Karena program pembelajarannya semua diakses melalui layar monitor dan kelas, tentunya kelas pada kuliah online ini hanya mengandalkan dua peralatan aja nih. Mahasiswa pun juga akan melakukan seluruh kegiatan yang ada di dalam kelas melalui virtual.

Dimulai dari penyampaian materi hingga diskusi secara dunia maya, jadi bisa dipastikan banget nih kalau biaya kuliah online yang dikeluarkan gak terlalu besar. Umumnya para mahasiswa akan mengeluarkan uang sebesar Rp 100-500 ribu per bulannya.

4. Pembayaran dihitung tiap mata kuliah

Dalam perkuliahan online, tentunya setiap perguruan tinggi memiliki standar masing-masing dalam biaya semesternya. Ada yang biaya kuliah online per mata kuliah berkisar antara Rp 1.250.000, jadi kalau mahasiswanya mengambil enam mata kuliah dalam satu semester, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 7.500.000.

5. Biaya skripsi dan uang pangkal

Sama seperti perguruan tinggi lainnya, saat kita mengikuti perkuliahan online para mahasiswa juga akan diberi tanggung jawab untuk membayar uang pangkal pada perguruan tinggi tersebut. Bisa diperkirakan bahwa biaya yang dikeluarkan sebesar Rp4.000.000 hingga Rp 7.000.000 rupiah. Gak hanya itu, biaya yang dikeluarkan saat penulisan skripsi pun juga akan dihitung. 

Baca Juga: 20 Pertanyaan Kepo Tentang Cloud University!

Nah, berhubung semuanya serba online, goKampus mau kasih kamu tips and trick agar kamu bisa memilih kuliah online secara tepat. Apa aja ya? Yuk simak!

1. Pertimbangkan latar belakang pendidikan!

Latar belakang pendidikan kamu itu bisa jadi pertimbangan pertama untuk memilih program kuliah online yang tepat loh. Memilih jurusan atau program studi yang sejalan dengan latar pendidikan sebelumnya bisa membantu kamu memahami materi kuliah biar lebih mudah nantinya.

Tapi, hal ini bukan menjadi satu-satunya penentu jurusan yang akan kamu ambil nanti ya. Bisa jadi juga kamu ingin memilih program kuliah yang gak ada hubungannya dengan jurusan kamu sebelumnya.

2. Pahami diri dan passion kamu!

Bisa jadi nih kamu masih kebingungan ingin ambil mata kuliah apa saat kuliah online nanti. Kamu bisa mulai dengan mengenali passion dan cari tau lebih lanjut apa yang kamu suka. Minat dan passion bisa jadi motivasi yang kuat saat kamu sedang dilanda rasa bosan, jadi kalau kamu saat menjalani kuliah online pun gak sesuai sama passionmu pasti akan bosan banget guys.

3. Tentukan tujuan yang jelas!

Dalam proses memilih kuliah online yang tepat, kamu juga harus tanya sama diri sendiri nih sebenarnya tujuan kamu mengambil kuliah online ini apa sih. Menentukan tujuan kuliah online bisa membantu kamu memiliki titik terang di masa depan.

Setelah mengetahui tujuan dengan jelas, Anda dapat menentukan program studi yang tepat, merencanakan target dan masa studi yang cepat. Selain minat dan passion, tujuan juga bisa menjadi motivasi untuk menyelesaikan studi dengan cepat. Jadi, apa tujuan Anda kuliah online?

4. Kenali berbagai pilihan kampus terbaik

Saat ini ada banyak banget pilihan kampus dalam dan luar negeri yang menyediakan kuliah online. Sebelum kamu menentukan pilihan, sebaiknya kamu cari informasi dulu aja sebanyak-banyaknya tentang kampus yang mau kamu tuju, misalnya kamu mengecek akreditasi, memahami program yang tersedia, mencatat keunggulan dan kelemahan dari masing-masing program serta membaca testimoni dari alumni kampus tersebut.

5. Cek biaya kuliah online

Kamu harus mengecek dan melakukan riset mengenai biaya kuliah online di berbagai program. Satu program studi di sebuah kampus biasanya memiliki biaya kuliah online yang berbeda-beda. Ada yang dimulai dari Rp 10 juta hingga berkisar Rp 60 juta hingga lulus tergantung dari jurusan yang ingin kamu ambil.

Kamu juga wajib mencari informasi apakah kampus tersebut juga akan mengembalikan sebagian biaya kuliah online kamu jika kamu gak menyelesaikan kuliah, karena bisa jadi di tengah jalan ada sesuatu hal yang memaksa kamu harus berhenti.

6.Siapkan persyaratan kuliah online

Sama halnya dengan mendaftar kuliah offline, kamu perlu mempelajari dan memenuhi persyaratan untuk mendaftar ke sebuah program kuliah online. Biasanya ada beberapa hal atau dokumen yang wajib kamu isi seperti formulir pendaftaran, pas foto, fotokopi KTP, CV, dan ijazah serta transkrip nilai.

7. Pastikan kamu memiliki perlengkapan dan fasilitas belajar

Tentunya gak seperti kuliah tatap muka pada umumnya, kuliah online memanfaatkan teknologi dalam sistem perkuliahannya. Dengan kata lain, kuliah online bakal banyak bergantung pada teknologi sehingga kamu juga gak boleh ketinggalan gaptek nih. Pastikan juga komputermu kuat untuk kuliah online ya.

8. Ketahui penyampaian materi kuliah

Kamu juga perlu cari tau kalau gak semua pertemuan di kuliah online tersebut dilakukan secara online. Materi kuliah memang disampaikan secara online tapi bisa juga beberapa materi kuliah sudah tersedia sampai beberapa minggu kedepan dalam platform video ataupun audio, bahkan biasanya kamu juga akan diminta buat bertemu secara tatap muka.

Nah, kamu juga bisa mengikuti program kuliah online Cloud University dari goKampus ya. Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Yuk, kejar mimpimu di kuliah online Cloud University dan dapatkan gelar sarjana dari USA,UK, atau Australia! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *