jurusan arsitektur

Jurusan Arsitektur

Buat kamu anak-anak SMA yang sudah lulus tapi masih bingung mau ambil jurusan kuliah apa? Nah.. jurusan arsitektur bisa jadi salah satu pilihannya nih apalagi kalau kamu suka banget sama soal teknik!

Pernah kepikiran gak sih gimana ya caranya orang-orang bisa membuat sebuah desain rumah atau desain perkantoran yang sangat bagus dan terlihat sangat indah? Yup.. itu adalah jurusan Arsitektur! Jurusan Arsitektur gak melulu ngebahas soal teknik loh, bahkan Arsitektur terkenal lebih cenderung ke seni dan estetika meskipun secara general berkonsep teknik.

Di jurusan ini kamu akan banyak mendesain bangunan sesuai dengan kebutuhan dari klien. Dan tentu saja kamu harus memperhatikan fungsi, keindahan, dan keamanannya juga loh ya, karena saat kamu diminta untuk membuat kerangka sebuah gedung dan mendesainnya, tentu aja selain estetika, keamanan paling utama ya!

Kenapa memilih jurusan arsitektur?

Ada beberapa fakta menarik tentang jurusan arsitektur loh yang mungkin bisa jadi jawaban atas alasan kenapa kamu harus milih jurusan ini. yang pertama adalah jurusan ini merupakan jurusan yang tugasnya paling enak, ya kalau kamu membayangkan kuliah di jurusan ekonomi atau ilmu sosial yang bisa berpakaian santai, malah jurusan ini lebih enak lagi.

Karena saat kamu menjadi mahasiswa arsitektur, kamu akan banyak ditugaskan untuk jalan-jalan survey ke sebuah bangunan, jalan-jalan ke suatu tempat biar kita sebagai mahasiswa arsitektur bisa merasakan sensasi dan bisa mendapatkan ide untuk mendesain sebuah bangunan. Selanjutnya, layaknya seorang fotografer kita memotret sebuah bangunan.

Yang kedua adalah jurusan ini bisa kuliah dan belajar dimana aja loh. Arsitektur itu tak lebih dari tentang berimajinasi dan merealisasikan suatu bangunan. Jadi, yang penting adalah persiapanmu untuk membuat sketsa udah lengkap, jadi kamu bisa kerja dimana aja deh sambil ngopi-ngopi juga!

ketiga adalah mahasiswa arsitektur dianggap sebagai orang yang paling banyak tau tentang semua hal, kamu akan dianggap oleh teman-temanmu sebagai orang yang tau segala hal tentang bangunan dan rumah loh. Yang keempat adalah mahasiswa arsitektur terkenal dengan banyak pengeluaran untuk membayar seluruh perlengkapannya yang tergolong mahal.

Mata Kuliah di Jurusan arsitektur

Mata kuliah yang didapatkan di jurusan arsitektur:

Matematika Arsitektur  Estetika Bentuk  Teknik Komunikasi Arsitektur  Gambar Teknik  Arsitektur & Lingkungan  Ilmu Bahan Bangunan  Tata Ruang  Mekanika Teknik  Arsitektur Etnik  Pencahayaan  Seni Rupa  Kalkulus  Psikologi Arsitektur  Azas & Metoda Perancangan  Perkembangan Arsitektur

Jurusan Direktori Jurusan

Daftar kuliah melalui goKampus! Buat kamu yang mau kemudahan masuk jurusan Direktori Jurusan.

jurusan arsitektur di gokampus

Karakter yang cocok untuk jurusan arsitektur

Karakter siswa yang sesuai dengan jurusan arsitektur adalah:

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset

Kemampuan yang didapat

Skill yang bisa didapatkan kalau kuliah di jurusan arsitektur:

  • Kreativitas
  • Kemampuan mendesain bangunan
  • Kemampuan perencanaan anggaran
  • Kemampuan membuat analisis
  • Pemahaman gambar 2D dan 3D
  • Detail oriented

Prospek Kerja

  • Drafter
    Profesi drafter bertugas melakukan penyusunan gambar kerja dari sketsa dasar yang telah dibuat oleh arsitek lain. Gambar kerja buatan drafter inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pengerjaan proyek.
  • Pelaksana Proyek
    Lulusan arsitektur juga bisa menjadi pelaksana proyek pembangunan. Sebagai pelaksana proyek, Kamu punya tanggung jawab yang sangat besar. Sukses atau tidaknya sebuah proyek akan sangat dipengaruhi oleh performa kerja yang Kamu tunjukkan.
  • Perencana Struktur
    Perencana struktur memiliki tugas merencanakan struktur bangunan yang akan dibuat. Sama pentingnya seperti drafter, perencana struktur memegang peran penting dalam persiapan sebuah pelaksanaan proyek. Tanggung jawabmu bisa dikatakan sangat besar karena menentukan kualitas dan kekuatan suatu bangunan.
  • Manajer Konstruksi
    Manajer konstruksi merupakan pengawas yang akan mengawasi proses perjalanan suatu proyek pembangunan. Jika menekuni profesi ini, Kamu harus memastikan bahwa suatu proyek berjalan dengan baik sesuai rencana.
  • Surveyor
    Kamu juga bisa memilih untuk bekerja sebagai surveyor. Surveyor memiliki tugas dan tanggung jawab memeriksa apakah suatu proyek yang dijalankan sudah mengikuti peraturan yang berlaku. Tugas yang dipegang oleh surveyor ini sangat penting untuk menjamin berlangsungnya suatu proyek sampai selesai.
  • Site Manager
    Site manager memiliki tanggung jawab penting dalam perencanaan teknis dan operasional sebuah proyek pembangunan. Pelaksanaan proyek tentu tidak akan bisa berjalan lancar tanpa kerja optimal dari seorang site manager.
  • Konsultan Perencana
    Jenis profesi yang satu ini jelas sekali sangat dibutuhkan dalam sebuah proyek pembangunan. Kamu akan memegang tanggung jawab memberikan konsultasi, ide, dan pendapat mengenai perencanaan suatu proyek.
  • Project Manager
    Seorang project manager akan memiliki tugas mengatur sebuah proyek pembangunan.

Jurusan Terkait

Menu