jurusan desain komunikasi visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kamu calon mahasiswa baru yang mau masuk jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV)? Kamu wajib banget cek artikel ini ya karena artikel ini akan membahas banyak hal mengenai jurusan DKV nih. DKV ini juga merupakan salah satu jurusan di Indonesia yang memiliki banyak banget peminatnya setiap tahun loh. Biasanya jurusan dan mata kuliah DKV ini selalu menjadi favorit karena dianggap seru banget guys.

Biasanya jurusan DKV ini di beberapa kampus masuk ke dalam bagian Fakultas Seni Rupa dan Desain, dimana jurusan DKV ini bisa dibilang memiliki persaingan yang cukup tinggi karena peluang dan prospek kerja DKV memang cukup menjanjikan di era industri 4.0. Jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan berbagai elemen visual ataupun rupa untuk bisa menyampaikan pesan atas tujuan tertentu.

Biasanya mahasiswa sarjana DKV dituntut untuk bisa dan mampu mengolah pesan dan konsep komunikasi tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif. Jadi, sebenarnya kamu gak cuma perlu punya bakat menggambar aja, tapi kamu juga harus punya kreativitas tinggi untuk bisa mengemas sebuah karya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Kenapa memilih jurusan desain komunikasi visual?

Biasanya mahasiswa sarjana DKV dituntut untuk bisa dan mampu mengolah pesan dan konsep komunikasi tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif. Jadi, sebenarnya kamu gak cuma perlu punya bakat menggambar aja, tapi kamu juga harus punya kreativitas tinggi untuk bisa mengemas sebuah karya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Secara umum, mata kuliah DKV akan banyak mempelajari tentang Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan Indonesia, Teori Dasar Desain Komunikasi Visual, animasi, Fotografi Dasar dan Periklanan, Menggambar, Dasar Matra Visual, Komputer Grafis, Reproduksi Grafika, dan Estetika.

Kamu juga akan banyak melakukan berbagai praktek untuk bisa menciptakan karya desain di berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan lain-lainnya. Jadi. buat kamu yang memang penasaran dan ingin berkecimpung di dunia kreatif.

Mata Kuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan DKV adalah:

Dasar Seni Rupa dan Desain  Rupa Dasar 2D  Pengantar Rekayasa & Desain  Rupa Dasar 3D  DKV Dasar  Tipografi Dasar  Ilustrasi Dasar  Fotografi Dasar  DKV Aplikatif  Tipografi Aplikatif  Ilustrasi Aplikatif  Fotografi Aplikatif  Metode Produksi  Komunikasi Visual  Komunikasi Visual Multimedia

Jurusan Direktori Jurusan

Daftar kuliah melalui goKampus! Buat kamu yang mau kemudahan masuk jurusan Direktori Jurusan.

jurusan desain komunikasi visual di goKampus

Karakter yang cocok untuk jurusan desain komunikasi visual

Karakter siswa yang sesuai dengan jurusan DKV adalah:

  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Keterampilan komunikasi
  • Bisa bekarjasama dengan team

Kemampuan yang didapat

Skill dan kemampuan yang akan kamu dapatkan di jurusan DKV adalah:

  • Kemampuan komunikasi verbal, visual, dan tekstual
  • Keterampilan menggambar teknis
  • Kemampuan mengoperasikan software gambar
  • Kreatif dan inovatif
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir kritis

Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan DKV adalah:

  • Web Designer
    Pekerjaan Web Designer ini bisa dibilang sangat populer dan selalu dicari oleh banyak perusahaan. Kamu bisa bekerja menjadi seorang Web Designer freelancer atau karyawan kantoran yang membuat bidang ini sangat populer.
  • Visual Designer
    Pekerjaan Visual Designer memiliki tugas kerja yang mirip dengan Web Designer. Bedanya adalah lingkup kerja Visual Designer ini lebih luas dari hanya mendesain sebuah website, karena kau akan bekerja untuk mendesain sebuah brand atau produk.
  • Graphic Designer
    Tugas kamu menjadi Graphic Designer adalah membuat desain grafis menggunakan aplikasi desain grafis yang ada.
  • Illustrator
    Bekerja menjadi seorang ilustrator juga memegang berbagai peranan yang tentunya sangat penting bagi para klien tentunya. Dengan bantuan dari seorang ilustrator, kamu akan mudah untuk melihat ilustrasi dari sebuah rancangan yang ingin dibuat.
  • Art Director
    Prospek kerja DKV yang selanjutnya adalah menjadi seorang Art Director, dimana kamu akan bekerja menjadi seorang pengarah di bidang kreatif. Kamu juga bisa berkarir di banyak sekali bidang khususnya di bidang kreatif dan industri perfilman, periklanan, hingga di bagian seni teater.
  • Creative Director
    Tugas dari Creative Director ini tentunya sama seperti pengarah yang tugasnya memberikan arahan kepada karyawannya agar bisa memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya khususnya di bidang kreatif.
  • Fotografer
    Tentunya menjadi seorang fotografer gak hanya jago di bidang foto aja, tapi kamu juga bisa mengedit foto maupun memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah.
  • Freelance Designer
    Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memang gak menyukai pekerjaan yang terikat oleh waktu. Selain kamu bisa menyesuaikan jadwal kerja, penghasilan yang akan kamu peroleh juga akan lebih tinggi dan bervariasi tergantung dari banyaknya pekerjaanmu yang diterima dari klien. Jadi, semakin banyak pekerjaan yang bisa kamu terima dan selesaikan, maka bakal banyak juga nih penghasilan yang bisa kamu dapatkan.
  • Mobile Designer
    Tugas mobile designer seperti web designer. Hanya saja, kamu membuat desain tampilan web agar bisa sesuai dengan tampilan layar smartphone atau mobile phone. Bekerja di bidang ini tentu akan membutuhkan keahlian yang mumpuni, terutama keahlian di bidang UI/UX design.
  • Animator
    Profesi sebagai animator bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya. Apalagi kartun adalah tontonan yang diminati dan disaksikan oleh banyak orang. Menjadi seorang animator adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Semakin populer animasi yang dibuat otomatis akan semakin tinggi bayarannya apalagi kalau perhitungannya dilakukan per-detik.

Jurusan Terkait

Belum ada jurusan terkait

Menu