jurusan hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional

Sebagai calon mahasiswa baru, pasti kamu udah gak asing lagi nih sama jurusan Hubungan Internasional. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit yang ada di Indonesia nih. Selain setiap tahunnya jurusan HI selalu menjadi incaran, prospek kerja Hubungan Internasional pun juga sangat luas loh di masa depan. Sebelum kita bahas tentang 7 prospek kerja Hubungan Internasional, kita cari tau dulu yuk jurusan Hubungan Internasional itu belajar apa sih?

Program studi Hubungan Internasional memiliki kurikulum pembelajaran yang terkait dengan interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Jurusan Hubungan Internasional gak cuman belajar tentang hubungan diplomasi satu negara dengan negara lain aja nih, tapi juga membahas mengenai konflik, kesejahteraan, ekonomi, sampai perdamaian dunia.

Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan banyak mendapatkan tugas untuk menulis kajian tentang diplomasi, politik luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, bahkan sampai hukum internasional. Kamu juga akan banyak mendalami tentang isu-isu global serta kerja sama internasional. Pokoknya jurusan ini bakal seru banget deh dan kamu akan belajar banyak banget tentang aktivitas lintas negara.

Kenapa memilih jurusan hubungan internasional?

Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan banyak mendapatkan tugas untuk menulis kajian tentang diplomasi, politik luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, bahkan sampai hukum internasional. Kamu juga akan banyak mendalami tentang isu-isu global serta kerja sama internasional. Pokoknya jurusan ini bakal seru banget deh dan kamu akan belajar banyak banget tentang aktivitas lintas negara.

Ada beberapa kemampuan atau skill yang harus kamu miliki nih sebagai calon mahasiswa di Jurusan Hubungan Internasional, misalnya aja seperti Kemampuan komunikasi, kemampuan bahasa asing, kemampuan berpikir kritis, kemampuan melakukan analisis, kemampuan negosiasi dan persuasi, dan kemampuan problem solving.

Mata Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan hubungan internasional adalah:

Organisasi Internasional  Hukum Internasional  Politik Luar Negeri dan Diplomasi Republik Indonesia  Teori Hubungan Internasional  Teori Politik Internasional  Diplomasi  Negosiasi dan Resolusi Konflik  Minoritas dan Integrasi Nasional  Ekonomi Internasional  Pengantar Studi Demokrasi  Globalisasi  Budaya dan Bahasa Perancis  Budaya dan Bahasa Mandarin  Sistem Politik Amerika Serikat  Politik di Indonesia

Jurusan Direktori Jurusan

Daftar kuliah melalui goKampus! Buat kamu yang mau kemudahan masuk jurusan Direktori Jurusan.

jurusan hubungan internasional di goKampus

Karakter yang cocok untuk jurusan hubungan internasional

Karakter siswa yang cocok untuk jurusan hubungan internasional adalah:

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah

Kemampuan yang didapat

Skill dan kemampuan yang akan didapatkan oleh mahasiswa di jurusan Hubungan Internasional adalah:

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan bahasa asing
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan negosiasi dan persuasi
  • Kemampuan problem solving

Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan Hubungan Internasional adalah:

  • Duta Besar
    Duta besar adalah pejabat diplomatik yang memang ditugaskan untuk bisa merepresentasikan negara asalnya pada negara berdaulat lain untuk suatu urusan organisasi internasional. Duta besar juga bertugas sebagai perantara kerjasama bisnis dari negara asal untuk negara tujuan.
  • Staf Kedutaan
    Prospek kerja Hubungan Internasional selanjutnya adalah kamu bisa kerja sebagai staf kedutaan. kamu akan diberikan tanggung jawab untuk bekerja untuk mengatasi masalah ekonomi antara negara asal dan tujuan.
  • Jurnalis
    Kamu bisa bekerja di media dan menulis serta mengumpulkan berbagai berita dan diinformasikan ke masyarakat. Lulusan Hubungan Internasional sendiri bisa bekerja sebagai seorang jurnalis yang ditugaskan di luar negeri.
  • Tenaga Ahli Anggota DPR
    Prospek kerja Hubungan Internasional yang selanjutnya adalah bekerja menjadi tenaga ahli di DPR RI. Tenaga ahli bertugas membantu anggota DPR dalam rapat komisi, menyusun kajian, analisis di daerah pemilihan anggota DPR tersebut, dan yang terkait fungsi DPR di bidang legislasi dan pengawasan.
  • Government Relations Officer
    Kamu juga bisa bekerja menjadi government relations officer di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Government relations officer berdiskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintahan dengan tujuan mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan yang terkait dengan bisnis klien tersebut atau meminta dana dari pemerintah.
  • Konsultan Internasional
    Seorang konsultan internasional bekerja membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait prospek aktivitas perusahaan tersebut di pasar internasional.
  • Dosen atau Tenaga Pengajar
    Prospek kerja Hubungan Internasional yang terakhir adalah menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar. Menjadi seorang dosen gak cuma memberikan pengajaran dan melakukan transfer ilmu pengetahuan, tapi juga membimbing mahasiswa agar menjadi manusia yang berkompeten di bidang keilmuan yang ditekuninya, dalam hal ini ilmu Hubungan Internasional.

Jurusan Terkait

Menu