jurusan teknik industri

Jurusan Teknik Industri

Pernah dengar jurusan teknik yang selalu jadi favorit para pelajar di Indonesia gak guys? Jawabannya ada di Teknik Industri! Kalau dibandingkan sama jurusan-jurusan teknik lainnya, biasanya teknik industri cukup jadi primadona.Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.

Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Meskipun para mahasiswa jurusan teknik industri juga harus mempelajari ilmu studi lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik.

Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik. Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Kenapa memilih jurusan teknik industri?

Ada berbagai alasan loh kenapa kamu harus memilih teknik industri.. Apa aja sih ruang lingkupnya teknik industri? Yang pertama adalah sistem manufaktur bidang studi ini menggunakan pendekatan teknik industri dalam rangka meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah produksi industri.

Adapun faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah integrasi antara manusia, mesin, material, energi, dan informasi yang dilakukan melalui proses perencanaan, perancangan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan terus menjaga harmonisasi antara manusia dengan lingkungan kerjanya.

Lebih spesifik, beberapa bidang keilmuan yang menjadi pokok bahasan dalam sistem manufaktur antara lain sistem Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, dan Ergonomi.

Yang kedua adalah manajemen industri di bidang keahlian ini, pendekatan teknik industri dimanfaatkan dalam aktivitas penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha yang dilakukan melalui fungsi dan proses manajemen.

Adapun sebagai tumpuan utamanya adalah keunggulan sumber daya manusia sendiri dalam menghadapi berbagai gejolak yang mungkin timbul di dalam lingkungan usaha dengan sifat yang dinamis.

Beberapa jenis bidang keilmuan yang secara khusus akan dibahas dalam manajemen industri antara lain Ekonomi teknik, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Keputusan, Manajemen Inovasi, dan Manajemen Kualitas.

Yang ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, yang dimana pendekatan industri pada bidang keahlian sistem industri dan tekno ekonomi dipakai untuk meningkatkan daya saing sistem integral yang tersusun atas bahan baku, energi, teknologi, informasi, infrastruktur, dan tenaga kerja.

Dalam pembelajarannya, beberapa mata kuliah yang akan diberikan untuk memenuhi kompetensi bidang keahlian ini antara lain OR (Operational Research), Sistem Basis Data, Statistika Industri, Logika Pemrograman, dan Sistem Logistik.

Mata Kuliah di Jurusan teknik industri

Mata kuliah teknik industri adalah:

Matematika  Fisika Dasar  Kimia Dasar  Menggambar Teknik  Teori Probabilitas  Material Teknik  Mekanika Teknik Dasar  Matriks dan Ruang Vektor  Statistika Industri  Elektronika Industri  Pengantar Ergonomi  Psikologi Industri  Proses Manufaktur  Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi  Kalkulus

Jurusan Direktori Jurusan

Daftar kuliah melalui goKampus! Buat kamu yang mau kemudahan masuk jurusan Direktori Jurusan.

jurusan teknik industri di goKampus

Karakter yang cocok untuk jurusan teknik industri

Karakter siswa yang sesuai untuk jurusan teknik industri adalah:

  • siswa yang Teliti
  • Tekun
  • Detail oriented
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Kemampuan yang didapat

Skill yang bisa didapatkan oleh mahasiswa jika masuk ke jurusan teknik inustri adalah:

  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir sistematis
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan membuat keputusan
  • Kemampuan bekerja dalam tim
  • Pemahaman matematika
  • Pemahaman dasar teknologi

Prospek Kerja

Prospek kerja teknik industri adalah:

  • Analisis Produksi
    Pekerjaan Jurusan Teknik Industri yang memiliki prospek kerja luas pertama adalah menjadi analis produksi. Sebagai analis produksi, kamu dituntut untuk bertanggung jawab menganalisis proses produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan pemeliharaan alat-alat produksi, hingga pengendaliannya.
  • Manajemen Sumber Daya Manusia (HRD)
    Kamu bisa menjadi pekerja di bagian manajemen sumber daya manusia atau biasa disebut HRD (Human Resources Development). Seorang HRD, akan bertanggung jawab penuh, dalam mencari calon karyawan yang dibutuhkan oleh setiap divisi. Dan sebaliknya, jika seorang HRD tidak bisa memanajemen sumber daya manusia yang dipilihnya, maka sinergi perusahaan pun bisa saja malah akan menurun, dan bangkrut. Sehingga memanajemen manusia, ternyata juga sangat penting.
  • Quality Control (QC)
    Pekerjaan berikutnya adalah menjadi quality control atau disingkat QC. Divisi ini bertanggung jawab atas kualitas barang yang dihasilkan oleh setiap mesin produksi, di dalam sebuah industri manufaktur. gak hanya bertanggung jawab terkait kualitas, QC juga bertanggung jawab memastikan agar barang-barang produksi sesuai dengan standar yang telah diterapkan sebelumnya.
  • Health and Safety Environment Engineer
    Jika kamu bekerja di dalam posisi ini, kamu akan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil oleh perusahaan terkait, aturan dan keselamatan kerja karyawannya.
  • Peneliti
    Kamu juga bisa bekerja menjadi peneliti loh. Kalau Kamu suka dengan riset dan praktikum selama kuliah, tidak ada salahnya memilih profesi ini. Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian milik negara atau swasta. Jika Kamu ingin bidang yang linier, Kamu bisa menjadi peneliti di bidang pertanian, khususnya agroteknologi.
  • Pengusaha
    Kamu juga bisa berkarir sebagai seorang pengusaha. Kamu bisa menjadi seorang pengusaha yang mengembangkan agroindustri di Indonesia. Butuh kerja keras, ketelitian, kecakapan, strategi, dan kepemimpinan dalam mengembangkan bisnis kamu.
  • Manajer Pertanian
    Kamu bisa menjadi manajer pertanian. Sebagai manajer pertanian, Kamu bertugas melakukan manajemen dan koordinasi hal-hal terkait dengan pertanian.

Jurusan Terkait

Menu