Jurusan Ilmu Desain Komunikasi Visual (S1)

Jurusan Desain Komunikasi Visual di LSPR mempunyai dua konsentrasi, yang pertama ada Videography and Photography. Buat kalian yang ingin sekali terjun ke dunia perfilman, cocok banget nih ambil konsentrasi yang ini disini kita belajar bagaimana menjadi filmmaker, videographer dan photographer yang profesional dengan fokus pembelajaran yang di bagi menjadi tiga tahapan proses. Dimulai dari Pra produksi seperti konsep awal penetapan tujuan, penulisan naskah, pembuatan story board, shot list, budgeting, teknik menggunakan camera, dan teknik pencahayaan.

Yang kedua ada Graphic Design, buat kalian yang kreatif dan suka menggambar disini kita tidak hanya mempelajari tentang desain. Tetapi, kita juga mempelari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual atau rupa untuk penyampaian suatu pesan dengan tujuan tertentu. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas komunikasi lohh, yang bisa diterapkan dalam dunia percetakan, internet, multimedia dan lain-lain.

Kenapa memilih jurusan Ilmu Desain Komunikasi Visual?

  1. Kamu akan mendalami ilmu yang lebih spesifik lagi ketika memasuki perkuliahan di tahun ke-3. Konsentrasi minat yang bisa kamu pilih yakni: Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.
  2. Dengan mengambil jurusan DKV kamu juga akan menguasai ilmu desain dari sudut pandang bisnis, karena karya yang kamu buat harus mampu disampaikan sesuai dengan tujuan tertentu, khususnya tujuan perusahaan.
  3. Tidak hanya mempelajari desain grafis dua dimensi (2D), kamu juga akan belajar desain untuk diaplikasikan pada media-media baru secara tiga dimensi (3D).
  4. Bekerja sesuai dengan passion menjadi keuntungan utama bagi lulusan DKV. Enak banget kan bisa mendapatkan penghasilan berdasarkan hobby.
  5. Terdapat banyak software yang bakal kamu kuasai seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dll.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 13,000,000 / semester

Akreditasi
Unggul (A)        

London School of Public Relations Mulai Rp13,000,000/semseter Akreditasi Unggul (A)     

Prospek Kerja

Tawaran pekerjaan untuk sarjana DKV selalu ramai, karena di setiap industri membutuhkan seseorang yang mampu menyampaikan pesan secara visual. Selain itu, kalian juga bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau entrepreneur seperti, illustrator, fotografer, animator, web designer, dan layouter.

Terdapat beberapa bidang utama yang umumnya digeluti, seperti industri media massa, percetakan dan penerbitan, biro konsultan desain, periklanan, production house, film production, serta industri game.

Meskipun begitu, persaingan juga cukup ketat . Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki portofolio yang beragam dan menarik, agar peluang kerja yang bisa kamu peroleh juga semakin besar. Dari sisi penghasilan, besaran yang bisa diperoleh juga sangat variatif, bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jabatan yang diterima, dan pengalaman yang dimiliki.

  • Illustrator
  • Perencang web (web designer)
  • Desain produk
  • Desain graphic
  • Animator
  • Dll.

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu