Jurusan Ilmu Pariwisata (S1)

LSPR sendiri untuk jurusan pariwisata ini memiliki 2 konsentrasi yaitu Hotel & Tourism, dan ada juga Hospitally & MICE. Untuk Hotel & Tourism ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan individu dalam mengelola bidang perhotelan dan pariwisata. Hal ini mencakup strategi pemasaran dan manajemen usaha hotel serta diharapkan mampu meningkatkan Awareness terhadap potensi wisata di Indonesia. Sedangkan, Hospitality & MICE ini mempelajari ragam ranah perhotelan, tempat tinggal eksklusif, layanan makanan dan minuman, MICE bisnis, agen perjalanan, pusat rekreasi, penerbangan, kapal pesiar dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk meletakkan fondasi komitmen pada keunggulan, kecakapan bertindak, dan keterampilan serta memberikan pengalaman langsung yang dibutuhkan untuk karier masa depan dalam manajemen Hospitality & MICE.

Ilmu Pariwisata juga mengajarkan kita kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dan benar, kemampuan negosiasi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan melakukan observasi, berwawasan luas, serta menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif lohh.

Kenapa memilih jurusan Ilmu Pariwisata?

  1. Lulusan Pariwisata memiliki prospek yang cerah karena industri pariwisata yang semakin berkembang. Jadi tidak perlu khawatir yaa.
  2. Kamu berkesempatan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di dunia. Kapan lagi ya jalan-jalan tapi dibayar?
  3. Terjun ke dunia pariwisata akan membuatmu mempunyai banyak pengalaman. Bekerja di industri pariwisata membuatmu bertemu dengan orang-orang dari berbagai wilayah, dengan begitu wawasanmu akan bertambah luas.
  4. Bidang pekerjaan yang ditawarkan oleh industri pariwisata tidak hanya sebagai pemandu wisata lho. Kamu juga bisa terjun di bidang perhotelan, kuliner, event management, kapal pesiar, dll.
  5. Lulusan Pariwisata juga dibutuhkan di instansi pemerintah seperti Kementerian Pariwisata. Selain itu, kawasan wisata milik pemerintah dalam pengelolaannya juga memerlukan Sarjana Pariwisata.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 13,000,000 / semester

Akreditasi
Unggul (A)        

London School of Public Relations Mulai Rp13,000,000/semseter Akreditasi Unggul (A)     

Prospek Kerja

Lulusan Pariwisata memiliki prospek dan peluang untuk kerja yang luas di industri pariwisata. Ada banyak bidang pekerjaan yang bergerak di industri pariwisata dengan jenis dan jenjang karier yang bervariasi. Mulai dari perhotelan, culinary, tour and travel, event management, dan lainnya. Bahkan kamu juga bisa menjadi pengusaha yang membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Di masa berkuliah pun kamu juga sudah bisa mulai terjun ke industri pariwisata lohh, dengan menjadi pemandu perjalanan wisata (tour guide). Selain sektor swasta, ternyata instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan Pariwisata lho.

  • Wedding organizer/wedding planner
  • Pramugari/pramugara
  • Staff maskapai penerbangan
  • Concierge hotel
  • Pemandu wisata (tour guide)
  • Kondektur transportasi
  • Sales hotel
  • Sales agensi wisata
  • Event planner/event organizer
  • Wirausaha (entrepreneur)
  • Research and development (RnD)
  • Dll

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu