Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara mulanya memiliki 5 program studi Sarjana saja loh, teman-teman. Yaitu Prodi/ jurusan Arsitektur, Sipil, Mesin, Planologi (Wilayah dan Tata Kota) saja. Namun pada tahun 1992, terdapat jurusan baru yaitu Teknik Informatika. Berkembang sangat pesat, pada tahun 2000, Jurusan Teknik Informatika keluar dari Fakultas Teknik dan mulai beridri sendiri sebagai Fakultas Teknologi Informasi. Dan setelah itu, pada tahun 2005 dibuka jurusan baru yaitu Teknik Industri. Sehingga total jurusan/ prodi Fakultas Teknik saat ini telah berjumlah 6 program sarjana, 3 prodi magister dan 1 prodi doktoral. Hebat bukan?

Selain itu, Fakultas Teknik Untar juga telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dengan mengikuti berbagai macam kompetisi dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswanya, baik itu dalam bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat (Abdimas), dan kemahasiswaan. Berbagai macam penghargaan ditingkat nasional maupun internasional telah didapatkan, yang menunjukkan prestasi dan kompetensi para dosen dan mahasiswanya.

Prestasi yang membanggakan beberapa diantaranya adalah adalah juara 1 untuk kompetisi : Supply Chain Award, Lean Competition Award, dan Undergraduated Research Competition pada tahun 2021. Selain itu, Universitas Tarumanagara (Untar) juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konvensi Nasional XI Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM PII), 16 dan 23 Januari 2021 melalui webinar.

Jurusan yang tersedia

Unggul (A)        

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia loh, guys. Jika kamu tertarik untuk mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan, maka program studi ini cocok untuk kamu. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, kamu harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Rp 20,500,000 /semester

Baik Sekali (B)        

Pendidikan Real Estat di Universitas Tarumanagara berdiri sejak 1988. Awalnya merupakan Program Diploma 3 dan berada di bawah Jurusan Arsitektur lho. Program ini bertujuan menyiapkan profesional dalam pengembangan dan pengelolaan real estat di Indonesia.

Rp 15,000,000 /semester

Unggul (A)        

Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia lho teman-teman. Ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain.

Rp 20,000,000 /semester

Baik Sekali (B)        

Ingin kuliah di jurusan Teknik Industri? Kamu akan belajar bagaimana cara merancang, mengelola, mengembangkan serta menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem yang berkaitan dengan fungsi manufacture. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan nilai tambah suatu barang.

Rp 15,500,000 /semester

Unggul (A)        

Tertarik dengan bidang permesinan? Coba kamu gabung dengan jurusan Teknik Mesin, deh. Di sini, para mahasiswanya akan mempelajari perancangan, pengembangan, dan pengelolaan mesin.

Rp 15,000,000 /semester

Baik Sekali (B)        

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari energi listrik, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Kenapa? Karena selain mempelajari energi listrik, ternyata perkembangan energi tidak hanya listrik saja lho di masyarakat.

Rp 15,000,000 /semester

Biaya Kuliah
Mulai dari 15,000,000-40,000,000 / semester
atau 200 jutaan per studi (tergantung masa studi dan prodi yang diambil)

Akreditasi
Unggul (A)        

Menu