Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)

Pendidikan Real Estat di Universitas Tarumanagara berdiri sejak 1988. Awalnya merupakan Program Diploma 3 dan berada di bawah Jurusan Arsitektur lho. Program ini bertujuan menyiapkan profesional dalam pengembangan dan pengelolaan real estat di Indonesia.

Pada 1992, program D3 Real Estat berkembang menjadi Program Studi S1 Real Estat dan memisahkan dari Jurusan Arsitektur dan berganti nama menjadi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Hingga berjalan lebih dari 20 tahun, telah menghasilkan sekitar 1200 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Prestasi yang membanggakan adalah prodi ini telah mendapat penghargaan “Pelopor Pendidikan Real Estat di Indonesia” dari Properti Indonesia Award 2004 dan Property and Bank 2008.

Kenapa memilih jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota?

  1. Berkembangnya Real Estate tanpa adanya perencanaan wilayah yang baik di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Memberikan ide-ide segar mengenai tata kota dan wilayah agar dapat meminimalisir bencana.
  3. Satu-satunya sekolah Real Estate yang berbasis ilmu Perencanaan Kota dan Kawasan di Indonesia.
  4. Mendapat penghargaan “Pelopor Pendidikan Real Estat di Indonesia” dari Properti Indonesia Award 2004 dan Property and Bank 2008.
  5. Memiliki program S1 dan S2 yang terintegrasi dan memudahkan mahasiswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  6. Lulusan S1 dapat melanjutkan studi lanjut ke universitas terkemuka: Reading University–UK, University of Hong Kong, National University of Singapore, University of New South Wales & Royal Melbourne Institute of Technology – Australia, University of Toronto – Kanada.
  7. Networking yang kuat dengan dunia industri dan pemerintah kota di seluruh Indonesia, yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pendidikan dan peluang pekerjaan.
  8. Alumni menduduki posisi penting di dunia properti.

Biaya Kuliah
Mulai dari 15,000,000-40,000,000 / semester
atau 200 jutaan per studi (tergantung masa studi dan prodi yang diambil)

Akreditasi
Unggul (A)        

Universitas Tarumanagara Mulai Rp15,000,000/semester Akreditasi Unggul (A)     

Prospek Kerja

Dapat menghasilkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan kota dalam sektor swasta. Perubahan ini sejalan dengan arah pengembangan kota dua dekade terakhir, dimana peran sektor swasta terus meningkat dan menyusutnya peran pemerintah. Di skala global, posisi industri real estat makin penting dari sisi aset dan operasional.

Menurut Bloomberg (2004), real estat adalah bisnis terbesar dengan aset sekitar 15 persen dari total GDP dunia. Meningkatnya peran swasta dalam pembangunan kota, perkembangan industri real estat, pemekaran wilayah, otonomi daerah dan bertambahnya kota-kota baru di seluruh Indonesia makin membutuhkan tenaga professional di bidang perencanan kota dan pengembangan real estat yang berkualitas.

  • Account Manager
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Pegawai Bank (Account Officer)
  • Penilai Real Estate
  • Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate
  • Konsultan Properti
  • Bagian Penjualan (Sales) Perusahaan Perumahan
  • Surveyor Tanah
  • Dosen
  • Bartender
  • System Analyst
  • Arsiparis

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu