Jurusan Teknik Industri (S1)

Ingin kuliah di jurusan Teknik Industri? Kamu akan belajar bagaimana cara merancang, mengelola, mengembangkan serta menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem yang berkaitan dengan fungsi manufacture. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan nilai tambah suatu barang.

Selama 4 tahun atau 8 semester kuliah, kamu nggak cuma belajar teori saja, tapi juga mempraktikkan teori yang didapat secara langsung, seperti pada mata kuliah Product Design and Development dan Layout Planning. Di semester akhir, kamu juga akan belajar manajemen dengan pemrograman komputer, kecerdasan buatan untuk mengambil keputusan, peramalan berdasarkan data historis, simulasi pelayanan dalam industri jasa, optimasi dengan pendekatan matematis, dan masih banyak lagi. Seru ya?

Buat kamu yang masih penasaran, apa aja sih mata kuliah yang akan ditempuh untuk mendapat gelar Sarjana Teknik Industri, catat ya! Beberapa mata kuliah yang akan kamu temukan adalah Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Rekayasa Produk, Pengendalian dan Penjaminan Mutu, Perancangan E-Business, Perancangan Tata Letak Perusahaan, Analisis dan Perancangan Perusahaan, Rekayasa Keselamatan Kerja, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Kerja, Sistem ERP, hingga Psikologi Industri lho teman-teman. Benar-benar beragam dan penuh skill ya!

Kenapa memilih jurusan Teknik Industri?

  1. Memiliki banyak laboratorium penunjang seperti: Laboratorium Sistem Produksi, Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi, Rekayasa Kualitas, Fisika, Proses Produksi, Laboratorium Mekatronika, Teknik Tenaga Listrik, Pneumatik & Hidrolik, CAD dan CNC.
  2. Banyak penerapan inovasi dan pengembangan profil lulusan agar tidak hanya menjadi sarjana yang biasa saja namun penuh dengan skill.
  3. Lomba, seminar dan Karya ilmiah yang secara periodik diadakan untuk menambah dan memovitasi semangat mahasiswa.

Biaya Kuliah
Mulai dari 15,000,000-40,000,000 / semester
atau 200 jutaan per studi (tergantung masa studi dan prodi yang diambil)

Akreditasi
Unggul (A)        

Universitas Tarumanagara Mulai Rp15,000,000/semester Akreditasi Unggul (A)     

Prospek Kerja

Ke khasan dari Teknik Industri Universitas Tarumanagara adalah menghasilkan calon wirausahawan yang berintegritas, profesional, dan mampu melakukan kegiatan inovasi dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknik industri atau dengan kata lain disebut Innovative and Entrepreneurial Industrial Engineer, yang diharapkan memiliki profil lulusan:

Memiliki kepribadian yang bertakwa, berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas, serta menjunjung tinggi penegakan hukum, moralitas bangsa dan berbudi luhur
Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang teknik industri sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknik-industrian.
Mampu melakukan kegiatan inovasi dan kewirausahaan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan keteknik-industrian.
Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahlian teknik industri maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik industri.

  • Industrial Engineer
  • Production & Inventory Planner
  • Industrial Product Designer
  • QC & QA Engineer
  • Maintenance Planner & Specialist
  • Project Specialist
  • Production Specialist
  • Logistic & Supply Chain Engineer
  • Industry & Bussiness System Developer
  • Consultant
  • Lecturer
  • Researcher
  • Manager
  • Entrepreneur

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu