Jurusan Teknik Mesin (S1)

Tertarik dengan bidang permesinan? Coba kamu gabung dengan jurusan Teknik Mesin, deh. Di sini, para mahasiswanya akan mempelajari perancangan, pengembangan, dan pengelolaan mesin.

Selain itu, Kamu juga akan belajar mengenai energi dan sumbernya untuk kamu analisis, desain, pembuatan, dan pemeliharaan suatu sistem mekanik. Kamu nggak boleh sembarangan merancang mesin, tapi juga harus melakukan simulasinya untuk mengecek berbagai macam materialnya sudah sesuai atau belum. Terakhir, pembelajaran mengenai teknik produksi mesin yang fokus pada kegiatan penelitian dan pengembangan mesin-mesin manufaktur juga harus kamu pelajari lho guys!

Selama kuliah di jurusan Teknik Mesin, sangat disarankan agar teman-teman bisa bergabung dengan kelompok mahasiswa untuk meningkatkan keahlianmu di bidang yang kamu sukai. Dengan begitu kamu akan terbiasa melakukan pekerjaan secara bersama, melakukan riset, mendesain, merancang, hingga proses produksi. Tentu saja pengalaman seperti itu akan meningkatkan nilai jual pada dirimu, sehingga mudah untuk bersaing menghadapi dunia nyata secara profesional.

Kenapa memilih jurusan Teknik Mesin?

  1. Didukung oleh para pengajar yang berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang baik termasuk perpustakaan dan juga laboratorium-laboratorium di dalamnya sangat mendukung dalam proses belajar dan penelitian di Universitas Tarumanagara.
  2. Banyak diadakan dan didukung untuk mengikuti kompetisi berskala nasional atau internasional.

Biaya Kuliah
Mulai dari 15,000,000-40,000,000 / semester
atau 200 jutaan per studi (tergantung masa studi dan prodi yang diambil)

Akreditasi
Unggul (A)        

Universitas Tarumanagara Mulai Rp15,000,000/semester Akreditasi Unggul (A)     

Prospek Kerja

Capaian pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Mesin disusun berdasarkan Core Value dari Universitas Tarumanagara, Yaitu Integrity, Professionalism dan Enterpreneurship (IPE), Rumusan Pembelajaran Lulusan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) serta berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan kriteria IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

  • Junior Engineer
  • Engineer
  • Konsultan Mesin
  • Tester and QC
  • Project Manager

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu