Jurusan Arsitektur (S1)

Program Arsitektur UPH menyiapkan mahasiswanya dengan disiplin ilmu yang fundamental dari segi artistik, ilmiah, dan humanistis, yang berkaitan drngan perancangan bangunan. Selain mempelajari keahlian teknis menggambar dan merancang dalam 2D dan 3D, mahasiswa juga didorong untuk mengembangkan kemampuan menganalisis secara kritis dan kuantitatif.

Kemampuan tersebut dikuatkan dengan pengetahuan ilmu fisika, sosial, dan lingkungan. Para mahasiswa juga terus dipaparkan oleh perkembangan teknologi arsitektur yang bergerak cepat, dan tetap didasari oleh pengetahuan arsitektur yang mendasar.

Kurikulum yang tersedia memberikan basis pendidikan yang luas dan kompetensi pra-profesional yang memadai untuk memasuki dunia kerja di bidang arsitektur dan desain, serta mempersiapkan sarjana untuk jenjang studi lebih lanjut.

Kenapa memilih jurusan Arsitektur?

  1. Lulusan arsitektur banyak dicari seiring dengan berkembangnya permintaan untuk memiliki hunian yang nyaman ditinggali.
  2. Perusahaan developer dan kontraktor juga membutuhkan orang yang ahli di bidang arsitektur untuk mengembangkan kawasan atau merancang bangunan sesuai permintaan klien.
  3. Dapat dicari oleh instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menempati posisi seperti staf tata bangunan dan perumahan.
  4. Bagi yang ingin jadi self-employer bisa membuka Kantor Konsultan Arsitek sendiri kemudian memainkan beberapa peran seperti Arsitek, Cost estimator, Construction documentary, dan lainnya.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Peluang karier yang menanti lulusan Arsitektur sangat banyak dan mencakup berbagai bidang seperti pemerintahan, developer, hingga kontraktor. Lulusan Arsitektur yang menyukai bisnis dan tanaman bisa banget terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lainnya.

Soal gaji, jangan khawatir, gaji yang ditawarkan umumnya kompetitif kok. Apalagi buat yang memiliki banyak pengalaman sebagai project architect. Lulusan Arsitektur juga nggak selalu bekerja di bidang rancangan bangun, tapi bisa juga masuk ke sektor pendidikan, perbankan, maupun media.

Di perbankan contohnya, para lulusan bisa masuk ke bagian kredit kepemilikan rumah. Atau di bidang media, menjadi jurnalis untuk majalah desain rumah.

  • arsitek,
  • peneliti ruang

Jurusan Lain di Fakultas Desain

Menu