Jurusan Bioteknologi (S1)

Biologi adalah bidang multidisipliner yang terus berkembang dan menyentuh berbagai aspek kehidupan baik dari masa lampau hingga masa kini. Program Biologi di Universitas Pelita Harapan membekali mahasiswa dengan teori ilmiah yang kuat dan penerapan teknologi yang praktis di bidang ini.

Para mahasiswa juga mempelajari bisnis bioteknologi yang terkait untuk meningkatkan produktifitas serta mengikuti perkembangan informasi bioteknologi yang terbaru dari bidang kedokteran, farmasi, pangan, industri dan lingkungan. Fasilitas yang disediakan berupa Industrial engineering lab, lab biologi, dsb.

Lulusan dari program studi ini diharapkan untuk siap berkontribusi serta menghasilkan berbagai ide dan produk inovatif dalam berbagai sektor, termasuk dalam sektor kesehatan, industri, dan lingkungan.

Kenapa memilih jurusan Bioteknologi?

  1. Prospek kerja yang luas, karena ilmu yang didapat bisa diterapkan pada berbagai bidang seperti kedokteran, lingkungan pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, dan sebagainya.
  2. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat ahli bioteknologi semakin dicari.
  3. Lulusan Biologi bisa kerja sebagai analis biodiversitas di Taman Nasional maupun di lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan seperti World Wildlife Fund (WWF) dan Flora Fauna International (FFI).
  4. Buat yang senang bereksperimen, bisa bekerja di laboratorium sebagai peneliti, analis, ataupun teknisi.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Peluang karier yang menanti lulusan Biologi itu sangat luas. Karena lulusan Biologi benar-benar memahami alur kehidupan makhluk hidup dengan baik. Semakin banyak perusahaan yang menaruh minat pada lulusan Biologi terutama dalam bidang pengaplikasian teknologi dalam ilmu Biologi.

Lulusan Biologi banyak dibutuhkan di berbagai bidang mulai dari lingkungan, pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan hingga dunia kedokteran.

Jenis dan jenjang kariernya juga sangat bervariasi, lho. Secara umum, rata-rata gaji awal yang ditawarkan kepada lulusan Biologi berada pada rentang Rp4,000,000, dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, tingkatan jabatan.

  • teknisi laboratorium biologi,
  • peneliti,
  • petugas jaminan mutu

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu