Jurusan Matematika Terapan dan Aktuaria (S1)

Program studi Matematika dan Aktuaria dibuka pada tahun 2005 dimana kurikulum yang disediakan dirancang terus diperbarui untuk memperlengkapi mahasiswa dengan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis agar mudah beradaptasi dengan karir profesional di berbagai bidang yang berkaitan dengan keuangan, perbankan, asuransi, dan teknologi.

Penelitian yang dilakukan mencakup bidang-bidang seperti matematika keuangan, ilmu aktuaria, matematika terapan, dan pendidikan matematika dan statistik. Kami menawarkan bidang peminatan yang diperlukan di dunia profesional saat ini:

  • Matematika Aktuaria
  • Matematika Bisnis
  • Matematika Komputasi

Departemen ini juga bekerja sama dengan organisasi terkemuka di industri seperti Society of Actuaries (SOA), Institute and Faculty of Actuaries (IFOA) dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yang banyak memberikan kesempatan praktis bagi mahasiswa UPH dan membantu kami mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi aktuaria mutakhir di lapangan.

Kenapa memilih jurusan Matematika Terapan dan Aktuaria?

  1. Ilmu Matematika sejatinya sangat aplikatif, sehingga ada banyak peluang karier bagi lulusannya, misalnya di sektor keuangan, teknologi informasi, dan sebagainya.
  2. Saat ini, perusahaan asuransi wajib menggunakan tenaga aktuaris untuk merancang produk asuransi dan tingkat premi, menentukan status keuangan perusahaan, dan melakukan proyeksi keuangan. Nah ini peluang besar bagi lulusan Matematika.
  3. Banyak perusahaan juga membutuhkan lulusan Matematika sebagai analis bisnis pada bagian production planning control maupun supply chain management.
  4. Kamu yang senang matematika tapi juga tertarik dengan dunia bisnis, punya peluang untuk jadi seorang big data analyst, lho.
  5. Kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana juga terbuka lebar bagi lulusan Matematika.1. Buat teman-teman yang teratirk dengan pengembangan SDM dan berperilaku manusia jurusan ini cocok buat kalian.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Ada banyak peluang karier yang menanti lulusan Matematika. Karena ilmu yang dipelajari selama kuliah sangat aplikatif, tak heran kalau jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Lulusan Matematika bisa mengembangkan potensinya di sektor keuangan, teknologi informasi, dan lainnya.

Jadi kamu perlu bangga dengan penguasaan ilmu Matematika, karena punya nilai jual yang tinggi. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Matematika berada pada kisaran Rp4,000,000, dengan pekerjaan sebagai staf dari bidang tertentu di suatu perusahaan.

  • aktuaris,
  • manajer risiko,
  • konsultan bisnis

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu