Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)

Program Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas ini menyiapkan para calon guru dengan kurikulum komprehensif yang berfokus pada pedagogi, sastra Indonesia, linguistik Indonesia (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dll.), teknologi informasi, serta landasan teologi Kristen.

Hal-hal yang dipelajari mahasiswa adalah seperti teori sastra, tata bahasa Indonesia, kaitan antara bahasa dan budaya, menganalisis teks atau bacaan, dsb. Program wajib Magang pada semester ke-7 dilakukan sebagai upaya dalam memberikan pengalaman mengajar praktis bagi mahasiswa.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dalam mengajar bahasa Indonesia dalam konteks budaya Indonesia, serta memiliki pemahaman yang transformatif dan holistis berdasarkan wawasan dunia Kristen dalam kerangka Teologi Reformed.

Kenapa memilih jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

  1. Peluang karier utama bagi lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menjadi guru bahasa Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di profesi lain seperti membuat kurikulum bahasa, membuat buku pelajaran, dll.
  2. Kamu juga berpeluang untuk menjadi pengajar bahasa Indonesia di luar negeri melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dirancang oleh Badan Bahasa.
  3. Buat yang tertarik dengan bidang jurnalistik, bisa juga jadi jurnalis, atau kalau ingin terjun ke dunia penulisan kreatif bisa menjajal untuk jadi penulis ataupun editor.
  4. Banyak kesempatan yang luas untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana dengan beasiswa di kampus bergengsi.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Karier di sektor pendidikan dengan menjadi guru bahasa Indonesia di sekolah umumnya adalah pilihan utama bagi lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk berkarier di profesi lain di bidang oendidikan. Nah, untuk menjadi guru profesional, diperlukan sertifikasi kompetensi guru ataupun sertifikat pendidik.

Ada juga berbagai peluang karier yang bisa untuk dicoba. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Dengan bekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, kamu bisa mencoba mengembangkan potensi di sektor media juga kreatif juga lho.

  • Tenaga pendidik di berbagai jenjang pendidikan

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu