Jurusan Teknik Sipil (S1)

Program Teknik Sipil UPH melatih mahasiswanya untuk merancang, membangun dan memelihara struktur dan infrastruktur fisik yang aman, efisien dan ramah lingkungan. Mahasiswa belajar untuk menerapkan prinsip-prinsip matematika dan teknik mesin, serta keterampilan manajemen proyek.

Selain mata kuliah dasar bidang teknik seperti Mekanika Tanah dan Fluida, Hidrolika dan Dinamika Struktur; mahasiswa juga difasilitasi untuk memilih mata kuliah pilihan yang mencakup antara lain Pengembangan Sumber Daya Air, Desain Pelabuhan Udara, Metode Konstruksi Baja, Optimasi Infrastruktur Transportasi, Sistem Transportasi Umum, dll.

Selain keterampilan teknis, para mahasiswa juga mempelajari prinsip-prinsip kepemimpinan yang disiapkan untuk menjadi ahli teknik yang kompeten dan beretika dengan jiwa kewirausahaan.

Kenapa memilih jurusan Teknik Sipil?

  1. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas terutama di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.
  2. Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan.
  3. Perusahaan juga membutuhkan lulusan Teknik Sipil untuk melakukan rekayasa bangunan.
  4. Lulusan Teknik Sipil juga bisa lho menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer).
  5. Salah satu nilai tambah bagi lulusan Teknik Sipil ialah mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tangan-tangan dingin Sarjana Teknik Sipil turut ambil bagian dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat menjanjikan apalagi Indonesia saat ini sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontaktor.

Atau bisa juga bekerja sebagai konsultan. Sektor lain seperti sektor perbankan juga butuh ahli Sipil untuk mengaudit kredit konstruksi. Setiap jenis pekerjaan di bidang ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan. Lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

  • pegawai negeri sipil,
  • kontraktor,
  • konsultan proyek

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu