Jurusan Teknologi Pangan (S1)

Program Teknologi Pangan UPH menyediakan fondasi yang kuat dalam sains dasar dan sains pangan bagi mahasiswa. Dengan berorientasi kepada industri, para mahasiswa didorong untuk menerapkan teori ke dalam berbagai situasi kehidupan yang nyata, sehingga lulusan dari program ini telah siap untuk memulai bisnis sendiri atau bekerja di perusahaan-perusahaan pangan terkemuka di dunia.

Program Studi Teknologi Pangan UPH memiliki mandat dan tanggung jawab untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi pangan yakni analisis dan kimia pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, pengolahan dan rekayasa pangan, biokimia pangan dan nutrisi, dan ilmu pangan terapan serta kecakapan hidup.

Untuk mendukung proses pembelajaran, fasilitas yang disediakan seperti lab kimia, mikrobiologi, pengawasan mutu pangan, dsb.

Kenapa memilih jurusan Teknologi Pangan?

  1. Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri pangan terutama di bagian research and development, dan quality control.
  2. Sarjana teknologi pangan punya peran penting dalam kegiatan produksi industri makanan. Contohnya dengan menjadi pengawas jalannya produksi dan pengawasan mutu produk. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan terpenting di industri pangan.
  3. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti BPOM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.
  4. Bekal ilmu dan keterampilan yang dipelajari di bangku kuliah bisa diterapkan untuk berwirausaha. Kamu bisa membuat berbagai produk panganan yang aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Biaya Kuliah
Mulai dari Rp 16,500,000 / semester

Akreditasi
Baik Sekali (B)        

Universitas Pelita Harapan Mulai Rp16,500,000/semester Akreditasi Baik Sekali (B)     

Prospek Kerja

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan memiliki prospek kerja yang sangat beragam. Umumnya, perusahaan pangan membutuhkan lulusan Ilmu dan Teknologi untuk pengembangan produk dan penjaminan mutu.

Rata-rata gaji awal lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan berada pada kisaran Rp4.000.000, tergantung dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, serta tingkatan yang dimasuki.

Jenjang karier yang ditawarkan juga cukup menjanjikan lho. Tapi kamu juga bisa mencoba bidang lain untuk mengembangkan potensimu. Membangun usaha sendiri juga bisa banget dilakukan lulusan ini.

  • staff QA,
  • QC,
  • industri pabrik pangan,
  • industri ingridien pangan

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Menu