Bagikan
scoll top
 
goKampus

10 Manfaat Belajar dari Rumah untuk Kamu Anak SMA

Belajar dari rumah karena physical distancing akibat pandemi covid-19 memang menyebalkan, gak bisa ketemu teman-teman di sekolah bahkan gak bisa menikmati pembelajaran secara tatap muka dengan guru di sekolah. Namun, ternyata belajar dari rumah memberikan segudang manfaat loh. Hmm, kira-kira apa aja ya manfaat belajar dari rumah untuk para siswa? Cek artikel ini, yuk!

10 Manfaat Belajar dari Rumah

1. Lebih mudah menerima materi dengan lebih baik

Manfaat belajar dari rumah yang pertama adalah materi pelajaran yang diberikan lebih mudah diterima dengan baik. Hal ini dikarenakan seluruh bahan materi pembelajaran sudah tersimpan di satu dokumen seperti google drive atau google classroom, sehingga para siswa mampu menyimpan dan mempelajari kembali materi-materi yang diberikan kapan aja.

Kalau belajar secara langsung di sekolah, para siswa harus fokus mendengarkan dan mencatat materi yang diberikan oleh guru, dan materi tersebut hanya bisa diakses satu kali di hari itu aja. 

2. Gaya belajar lebih fleksibel

Manfaat belajar dari rumah yang selanjutnya adalah para siswa lebih memiliki gaya belajar yang cenderung fleksibel. Misalnya seperti kalau di kelas para siswa harus belajar di saat itu juga dan didampingi oleh guru, namun beda dengan belajar di rumah. Belajar di rumah bisa membuat para siswa menemukan gaya belajarnya sendiri.

Mungkin pas di awal-awal, para siswa akan kesulitan untuk beradaptasi, namun seiring berjalannya waktu, anak-anak juga bisa mengikuti proses belajar tersebut bahkan keluar dari zona nyaman dan menemukan gaya belajar yang mereka suka agar lebih mudah memahami pembelajaran.

3. Waktu belajar jadi lebih efektif dan efisien

Manfaat belajar dari rumah yang selanjutnya adalah waktu belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Para siswa gak perlu repot-repot untuk membeli buku pelajaran karena hampir seluruh materi pembelajaran semuanya bisa diakses melalui e-book.

Waktu para siswa untuk mengerjakan tugas juga lebih bisa diatur karena seluruhnya terjadwal melalui google classroom, jadi para siswa bisa lebih bisa belajar mengatur waktu dengan lebih baik.

4. Mampu mengenal gaya belajar dengan baik!

Mengenal dan menemukan gaya belajar yang cocok dan sesuai dengan para siswa bisa sangat membantu saat bekerja di masa depan loh. Dengan belajar dari rumah, para siswa bisa menentukan bagaimana cara mereka mengerjakan tugas. Mungkin beberapa dari mereka ada yang mengerjakan tugas dengan cara mendengarkan musik, ada juga yang belajar di tempat yang tenang. Sistem-sistem tersebut bisa membuat para siswa mengeksplorasi lebih jauh dan membuat mereka lebih semangat belajar.

5. Melatih rasa percaya diri

Manfaat belajar dari rumah yang selanjutnya adalah para siswa mampu melatih rasa percaya diri dengan belajar di rumah. Mungkin ketika di kelas, para siswa merasa malu dan agak takut untuk menyampaikan ide atau memberikan pertanyaan. Namun, belajar di rumah bisa membantu para siswa untuk memiliki rasa percaya diri. Para siswa akan menjadi lebih aktif di diskusi online karena memiliki ruang yang cukup banyak untuk menyampaikan pendapat.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Di Rumah!

6. Jadwal belajar jadi lebih bebas

Para siswa juga bisa lebih bebas menentukan jadwal belajar sesuai dengan yang mereka inginkan. Jadwal belajar dari rumah gak terbatas seperti di sekolah, misalnya saat di sekolah, para siswa hanya belajar dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Sedangkan kalau belajar dari rumah, para siswa bisa belajar di jam berapapun yang mereka inginkan sesuai dengan mood. Hal itu bisa membantu para siswa untuk menyerap materi dengan mudah.

7. Lebih aktif bersosialisasi

Dengan belajar dari rumah, para siswa juga gak hanya berfokus untuk belajar aja, tapi bisa bersosialisasi dengan keluarga di rumah. Hal ini bisa membantu para siswa untuk memiliki keseimbangan antara jam belajar dan jam bermain di rumah.

8. Hemat pengeluaran

Belajar dari rumah sangat membuat pengeluaran lebih hemat, mulai dari transportasi hingga uang jajan. Dengan belajar di rumah, para siswa bisa menabung lebih mudah dan gak perlu keluar uang untuk jajan kecuali hal-hal tertentu.

9. Lebih melek teknologi

Keuntungan belajar di rumah dengan menggunakan teknologi adalah bisa membantu para siswa lebih melek teknologi dan menggunakannya dengan lebih lancar dan cerdas. Namun, penggunaan teknologi yang terlalu berlebihan juga gak baik ya, karena dari kesehatan mata juga perlu diperhatikan.

10. Skill multitasking bisa lebih terlatih

Keuntungan belajar di rumah adalah kamu bisa belajar dan mengerjakan berbagai hal sekaligus dalam satu komputer aja nih guys. Misalnya kamu sedang mengerjakan tugas matematika, namun kamu memiliki referensi untuk pelajaran sejarah, maka kamu bisa melanjutkan kerja pelajaran sejarah langsung di komputer yang sama. 

Tips Efektif Belajar di Rumah

Selain memiliki manfaat yang berguna untuk proses pembelajaranmu, ada juga loh beberapa tips biar belajar di rumah menjadi lebih efektif, seperti:

1. Jangan belajar terlalu lama di depan laptop

Tips belajar di rumah yang kedua adalah kamu jangan belajar terlalu lama di depan laptop ya karena penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan mata dan kesehatan juga loh! Kamu harus bisa meluangkan waktumu untuk beristirahat. Jadi, jangan forsir belajarmu terlalu lama dan intens ya.

2. Berikan reward atau hadiah kepada dirimu sendiri

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah meskipun kamu sangat giat belajar, tapi kamu juga gak boleh lupa nih untuk menghargai diri sendiri. Kamu bisa memberikan dirimu sendiri apresiasi jika sudah selesai mengerjakan tugas yang padat atau baru selesai mengerjakan kuis yang membutuhkan duduk menatap laptop dalam waktu yang lama.

3. Belajarlah secara berulang

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah belajar secara berulang-ulang, nah kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar dalam kurun waktu 5-10 menit aja, tapi bisa sering. Hal ini bisa membantumu mengingat dan memahami banyak hal, kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas.

Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu.

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

Mau promo terbaik dari goKampus? Daftar 1 kelas gratis, dapat 3 kelas premium senilai Rp1,2 juta. Pakai voucher GKFREE untuk kelas-kelas yang ada di halaman ini.

GKFREE: Daftar 1 Kelas Gratis, Dapat 3 Kelas Premium

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-