pertanyaan seputar snmptn
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Di Masa Depan

Tentunya di setiap program studi keilmuan akan selalu ada praktek dari teori yang ada di dalamnya kan? Nah, sama seperti program studi ilmu komunikasi yang pastinya setelah kamu lulus menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam prospek kerja ilmu komunikasi yang akan kamu kerjakan nanti.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana prospek kerja ilmu komunikasi di masa depan, sebenarnya ilmu komunikasi itu apa sih? Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, bisa dimulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni.

Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antar manusia dan kehidupan sosial.

goKampus akan kasih tau kamu 10 prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa kamu jadikan referensi setelah nanti kamu resmi lulus jadi mahasiswa ilmu komunikasi. Apa aja ya? Ini dia!

1. Sutradara Film

Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama adalah tentunya menjadi sutradara film. Seperti yang kita tau, saat ini dunia perfilman bisa dibilang lagi hits nih! Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu merangkai skenario dan cerita dalam membuat film atau iklan maupun tayangan lainnya. Khususnya jika kamu saat kuliah mengambil konsentrasi Broadcasting, pasti kamu sudah memiliki teori-teori dasar yang bisa kamu manfaatkan.

2. Camera Person

Prospek kerja ilmu komunikasi yang banyak diminati adalah menjadi seorang camera person atau yang biasa disebut dengan cameraman. Buat kamu yang mengambil konsentrasi jurnalistik atau bidang broadcasting pasti sudah belajar banyak hal tentang pengambilan gambar di televisi. Gak hanya memproduksi sebuah liputan berita, namun seluk beluk media lainnya. 

3. Fotografer

Prospek kerja ilmu komunikasi yang ketiga adalah bekerja menjadi seorang fotografer. Tentunya sebagai sarjana ilmu komunikasi, dunia fotografi pasti sudah gak asing lagi untuk dibahas. Kamu bisa menjadi fotografer di bidang apapun yang kamu inginkan. Kamu harus mampu memilih, mengambil dan menentukan gambar yang ingin dan pas untuk digunakan. Sebuah gambar dalam komunikasi merupakan media bagi tersampainya sebuah pesan. 

4. Jurnalis atau wartawan

Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah menjadi seorang jurnalis atau wartawan di media. Kamu bisa berkarir menjadi wartawan di kanal apapun di media yang kamu pilih. Misalnya kamu bisa menjadi wartawan infotainment ataupun wartawan berita di media online tempat kamu kerja. Yang penting skill yang harus dimiliki adalah skill menulis, berbicara, dan beradaptasi dengan banyak orang.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

5. Penyiar radio

Prospek kerja ilmu komunikasi yang selanjutnya adalah menjadi seorang penyiar radio. Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi yang menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan selalu up to date dengan peristiwa yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Gak sembarang orang mampu memerankan peran ini loh!

Baca Juga: Pelajari Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Di Kampus

6. Penulis

Prospek kerja ilmu komunikasi yang selanjutnya adalah menjadi seorang penulis. Tentunya kemampuanmu dalam merangkai kata pastinya sudah gak perlu diragukan lagi. Kamu bisa berprofesi sebagai penulis yang informatif misalnya seperti menulis sebuah artikel di blog atau media, atau kamu juga bisa menjadi penulis buku loh!

7. Public relations

Prospek kerja ilmu komunikasi yang berikutnya adalah menjadi seorang public relations atau yang biasa dikenal dengan bidang Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu profesi yang cukup dicari oleh sarjana komunikasi. Banyak organisasi/perusahaan yang membutuhkan tenaga Humas atau Public Relation (PR), begitu juga instansi pemerintah. Lulusan Humas juga dapat berkarir di bidang event organizer, konsultan kehumasan, MC, dan sebagainya.

8. Bidang advertising

Nah, bidang pekerjaan satu ini luas banget ada di Indonesia loh guys. Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini adalah bekerja di bidang advertising atau periklanan. Khususnya seiring dengan perkembangan zaman saat ini pastinya seorang pembuat atau penyedia iklan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar iklan tersebut bisa tertarik dengan iklan tersebut. Kemampuan komunikasi di bidang advertising inilah yang bisa kamu asah di dunia kerja guys.

9. Start-up atau perusahaan

Sebagai lulusan ilmu komunikasi, kamu juga bisa loh bekerja dan berkarya di perusahaan atau di startup yang kamu inginkan. Hal ini dikarenakan prospek kerja ilmu komunikasi bisa mengisi bidang-bidang pekerjaan tertentu yang dibutuhkan di perusahaan/startup tersebut. Misalnya, kamu bisa mengisi di bidang copywriter atau tim campaign specialist.

10. Content Creator

Prospek kerja ilmu komunikasi yang terakhir adalah menjadi seorang content creator. Khususnya di industri 4.0 saat ini, dengan berkembang media sosial seperti YouTube, podcast, dan platform-platform lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten, sehingga peluangmu untuk menjadi seorang content creator sangat terbuka lebar.

Selain kamu bisa mengetahui berbagai prospek kerja ilmu komunikasi setelah kamu lulus kuliah nanti, kamu juga akan memiliki berbagai kemampuan secara umum yang bisa kamu gunakan sebagai skill kamu nih. Yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Salah satu kampus yang memang fokus ke mata kuliah ilmu komunikasi di Jakarta adalah London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Fakultas ilmu komunikasi di LSPR hingga saat ini telah menghasilkan berbagai lulusan-lulusan bergengsi yang fokus di bidang profesional seperti  Prilly Latuconsina, Alyssa Soebandono, Ayushita, Sandra Dewi. Ada juga beberapa lulusan LSPR yang menjadi influencer di Indonesia seperti Rachel Vennya dan Paula Verhoeven.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

LSPR juga merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi! 

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Mata kuliah Ilmu Komunikasi yang akan diajarkan di LSPR terdiri dari Public Relations & Digital Communication, Marketing Communication, International Relations Communication, Mass Media Communication, Performing Arts Communication, dan Digital Creative Production.

Nah, gimana nih penjelasan mengenai prospek kerja ilmu komunikasi dan penjelasan mengenai kampus LSPR? Yakin masih ragu-ragu untuk menjadi salah satu mahasiswa ilmu komunikasi di LSPR? Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut dengan mengunjungi halaman ini ya agar tidak ketinggalan informasi lainnya. 

Konsultasikan juga semua kebutuhan perkuliahanmu dengan goKampus, semua masalah perkuliahanmu akan diurusin sampai beres! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *