Bagikan
scoll top
 
goKampus

10 PTN Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbud 2022

.
Bagikan

Siapa sih yang gak mau melanjutkan pendidikan di PTN terbaik di Indonesia? Bisa kuliah di kampus favorit tentu menjadi satu hal yang pelajar mana pun amat dambakan. Selain punya nama besar, kampus favorit biasanya punya fasilitas lengkap, sistem pembelajaran menyenangkan, serta memiliki jaringan alumni yang berguna selepas lulus nanti. 

Nah, di Indonesia ada banyak kampus ternama dengan kualitas maksimal yang gak perlu kita ragukan lagi. Namun, di sisi lain, saking banyaknya kampus yang mengklaim sebagai yang terbaik, terkadang membuat kita bingung mau pilih yang mana. Itulah alasannya banyak orang yang mencari informasi mengenai PTN terbaik di Indonesia. 

Daftar PTN Terbaik di Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) punya daftarnya nih, guys. Berdasarkan data dari Webometrics Ranking of World Universities, mereka merilis peringkat PTN terbaik di Indonesia pada 2022. Semoga saja daftar ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih kampus favorit!

1. Universitas Indonesia (UI), salah satu PTN Terbaik di Indonesia

Inilah salah satu PTN yang paling banyak calon mahasiswa di Indonesia minati. UI selalu berada dalam 10 besar kampus terbaik versi manapun. Gak mengherankan memang kalau kampus yang berdiri pada 1849 ini menjadi salah satu representasi kampus dengan sejarah pendidikan tertua di Asia dan telah terakreditasi “A”. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa intip info selengkapnya di web resmi UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

PTN terbaik di Indonesia kedua versi Kemendikbud adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta ini berdiri pada 1949 dan memiliki jurusan yang tercatat sebagai jurusan terbanyak di Indonesia. Saat ini UGM juga telah terakreditasi “A” dan menjadi salah satu yang populer di kancah internasional.  Kalau kamu tertarik kuliah di UGM, kunjungi website resmi UGM untuk kepoin segala informasi tentang kampus ini.

Daftar 1 kelas gratis, dapat 3 kelas premium senilai Rp1,2 juta.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Di peringkat ketiga versi Kemendikbud, ada Universitas Brawijaya (UB). Kampus ini memiliki berbagai jurusan dengan beragam disiplin ilmu. Yang menarik, rutinitas yang mahasiswa UB miliki, yaitu Senin sampai Jumat kuliah, selebihnya bisa mahasiswa gunakan untuk organisasi dan berwisata. UB atau Unibraw berdiri pada 1963 ini telah terakreditasi “A” dan berlokasi di Malang, Jawa Timur. Jika kamu berminat, kamu bisa mengakses web resmi UB untuk cari info selengkapnya.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTN terbaik di Indonesia peringkat 4 versi kemendikbud, ada Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB didirikan pada tahun 1963 dengan nama Bogor Agricultural University. Kemudian, pada 2019, institut ini mengubah namanya menjadi IPB University. Saat ini, kampus yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat tersebut telah terakreditasi “A”.  Kalau kamu tertarik, silakan mengakses website resmi IPB untuk mengetahui informasi seputar kampus yang satu ini.

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Posisi kelima kampus terbaik versi Kemendikbud 2022 adalah Universitas Airlangga. Universitas yang terletak di Surabaya ini berdiri pada tahun 1954. UNAIR adalah kampus ketiga tertua setelah UI dan UGM yang juga sudah terakreditasi “A”. 

UNAIR memiliki 3 kampus dengan 3 lokasi berbeda, yaitu di Tambaksari, Gubeng, dan Mulyorejo yang ketiganya ada di Surabaya, Jatim. Jika membutuhkan informasi detail soal kampus ini, silakan akses ke web resmi UNAIR.

6. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Berikutnya, di peringkat keenam PTN terbaik di Indonesia versi Kemendikbud, ada Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Kampus yang berada di Surakarta, Jawa Tengah ini berdiri pada 1976.  UNS juga sudah terakreditasi “A”, guys. Kalau kamu tertarik melanjutkan studi di sini, segera akses website UNS Untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Di peringkat ketujuh, ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. ITS yang berdiri pada tahun 1960 ini juga sudah terakreditasi “A”. Kalau kamu berminat kuliah di sini, langsung kunjungi web resmi ITS buat kepoin kampusnya!

8. Universitas Telkom

Selanjutnya, ada Universitas Telkom. Kampus yang berada di Bandung ini awalnya bernama STT Telkom yang didirikan pada 1990. Kemudian, kampus ini bertransformasi menjadi Universitas Telkom pada 2013 dengan menggabungkan 4 institusi. Saat ini, Universitas Telkom telah terakreditasi “A”. Jika kamu tertarik, kunjungi website resmi Universitas Telkom untuk info lebih lanjut. 

9. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Di posisi kesembilan, ada Institut Teknologi Bandung atau ITB. Kampus ini berdiri pada 1959 dan telah terakreditasi “A”. ITB memiliki 3 Kampus dengan 3 lokasi berbeda yaitu di Ganesa, Jatinangor, dan Cirebon, Jawa Barat. Jika kamu berminat, segera akses web ITB untuk info detailnya. 

10. Universitas Lampung (UNILA)

PTN terbaik di Indonesia versi Kemendikbud yang kesepuluh adalah Universitas Lampung. Kampus yang berdiri pada 1965 ini sudah terakreditasi “A”. Jika kamu tertarik kuliah di kampus yang berada di Bandar Lampung ini, kamu bisa mengakses website resmi UNILA.

Jangan khawatir ketinggalan kuliah! Kamu tetap bisa belajar di goKampus

Nah, itulah daftar PTN terbaik di Indonesia versi Kemendikbud untuk 2022. Semoga daftar ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu saat memilih universitas! 

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-