jurusan yang sepi peminat tapi peluang besar
Daftar Kuliah

20 Jurusan IPS Favorit Dan Prospek Kerjanya!

Kamu calon mahasiswa baru dan dari jurusan IPS? Pas banget nih! Kalau kamu masih bingung mau kuliah ke mana dan ambil jurusan apa, goKampus ada referensinya nih! Simak 20 jurusan IPS favorit pelajar yuk!

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan IPS pertama dan paling sering diincar oleh para pelajar di Indonesia setiap tahunnya adalah jurusan akuntansi. Kalau kamu mengambil jurusan ini di perkuliahan, kamu akan belajar lebih detail dan spesifik mengenai akuntansi.

Secara umum, akuntansi adalah suatu proses mencatat, menyajikan data, mengklasifikasi segala hal mengenai transaksi keuangan sehingga bisa digunakan oleh orang yang berkepentingan dan bisa menjadi laporan untuk pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Saat kuliah nanti kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah akuntansi seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Analisis Laporan Keuangan, Perpajakan, Audit, Akuntansi Pemerintahan, dan mata kuliah lainnya. 

Prospek kerja jurusan akuntansi: Akuntan, Perencana Keuangan, Konsultan Keuangan, Internal Auditor, Credit Analyst, dan lain sebagainya.

  1. Jurusan Sastra Inggris

Jurusan IPS yang selanjutnya adalah jurusan sastra Inggris. Seperti yang kamu tau, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di dunia, sehingga penting untuk kamu masuk ke jurusan sastra inggris jika ingin mengasah kemampuan bahasa inggris sekaligus kamu adalah penyuka sastra.

Di jurusan sastra inggris, kamu akan banyak mengkaji berbagai karya bahasa inggris. Kamu akan mempelajari tentang isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi teks atau tulisan karya sastra inggris mulai dari novel, naskah drama, puisi. Selain itu, kamu juga akan mempelajari linguistik bahasa inggris secara mendalam. 

Prospek kerja sastra inggris: editor tulisan, jurnalis, penulis, content writer, blogger, dan lain sebagainya.

3. Jurusan Hukum

Pilihan ketiga ini adalah jurusan Hukum yang selalu jadi jurusan IPS favorit di Indonesia loh. Jurusan Hukum merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Kalau kamu masuk ke jurusan Hukum, kamu akan belajar dasar-dasar ilmu hukum seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum pajak, hukum internasional, hukum dagang, dan pelajaran lainnya.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Gak hanya mempelajari hukum di Indonesia, kamu juga akan mempelajari tentang aturan hukum di dunia loh jadi wawasan tentang ilmu Hukum kamu akan semakin luas. 

Prospek kerja ilmu hukum: Pengacara, Hakim, Jaksa, pegawai pemerintahan, jurnalis, notaris, dan pekerjaan lainnya.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Banyak yang berasumsi kalau jurusan ilmu komunikasi hanya belajar “ngomong”, padahal gak juga loh.

Di dalam jurusan ilmu komunikasi, kamu akan belajar bagaimana menyampaikan sebuah pesan dengan baik melalui berbagai medium yang digunakan seperti tulisan, video, foto, gambar, suara, film, dan lain sebagainya.  Jadi,gak hanya diajarkan bagaimana cara berbicara, tapi kamu juga akan menguasai bagaimana cara menyampaikan pesan melalui tulisan, video, dan lain sebagainya.

Kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang dipelajari seperti public speaking, mengkaji iklan, manajemen media massa, komunikasi politik, komunikasi antar pribadi, komunikasi internasional, komunikasi massa, komunikasi pemasaran, dan lain sebagainya.

Prospek kerja ilmu komunikasi: jurnalis, public relations, blogger, youtuber, copywriter, pegawai instansi pemerintah, staff kementerian, dan lain sebagainya.

5. Jurusan Jurnalistik

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini bisa dibilang selalu banyak peminatnya loh guys! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah. 

Prospek kerja jurusan jurnalistik: wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Baca Juga: Apa Saja Jurusan Kuliah Yang Pas Untuk Anak IPA/IPS?

6. Jurusan Administrasi Fiskal

Pernah dengar jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini gak? Kedengarannya memang gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah IPS lainnya kan? tapi , kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu! 

Di jurusan administrasi fiskal, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal. Wah.. wah rumit ya? Sabar dulu! Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh.

Prospek kerja jurusan administrasi fiskal: dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu.

7. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang berikutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Di mana jurusan ini bisa dibilang termasuk salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi karena selalu jadi incaran banyak pelajar Indonesia. Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Prospek kerja jurusan Hubungan Internasional: pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri, dan lain sebagainya. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

8. Jurusan Aktuaria

Jurusan Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko terhadap keuangan di masa depan. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi dari peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Kalau kamu termasuk orang yang suka dan ahli banget dalam hitung-hitungan, jurusan ini cocok banget untuk kamu!

Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria memang masih terdengar asing, tapi setelah kamu lulus dan menjadi sarjana aktuaria, maka kamu tidak perlu pusing karena kesempatanmu untuk dapat pekerjaan sangat besar, dan gajinya juga luar biasa!

Prospek kerja jurusan aktuaria: aktuaris, konsultan keuangan, akuntan, dan pekerjaan lainnya.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

9. Jurusan Bisnis Digital

Jurusan IPS yang satu ini mulai banyak berkembang di Indonesia nih guys, mumpung saat ini kita sedang fokus di industri 4.0 maka program studi Bisnis Digital bisa jadi solusi terbaik buat kamu yang ingin selalu berkembang dan menyesuaikan diri dengan zaman.

Kamu akan belajar banyak mengenai teknologi, bisnis online, startup, marketing digital, dan banyak hal yang berkaitan sama teknologi nantinya. Pastinya gak akan membosankan deh!

Prospek kerja jurusan bisnis digital: konsultan bisnis, entrepreneur, performance marketing, digital marketing, business development, dan lain sebagainya.

10. Jurusan Data Manajemen

Banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia membuat program studi ini menjadi salah satu program studi yang memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan data merupakan salah satu kebutuhan pokok yang paling rahasia dan penting bagi sebuah perusahaan.

Nah, kalau kamu memilih di program studi ini, kamu akan banyak mempelajari tentang bagaimana mengolah data yang baik dan benar. Saat ini, ada banyak sekali berbagai perusahaan besar yang membutuhkan kemampuan untuk menganalisis data manajemen perusahaannya.

Prospek kerja jurusan data manajemen: konsultan, data analyst, analis keuangan, pengusaha, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

11. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Di dalam jurusan psikologi, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti dasar-dasar ilmu psikologi, psikologi kepribadian, filsafat, statistika, dan mata kuliah lainnya.

prospek kerja jurusan psikologi: Human Resources Development (HRD), peneliti, psikiater, psikolog.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

12. Jurusan Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan bisa banget ambil jurusan manajemen perhotelan guys! Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan. Di jurusan ini kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. 

Prospek kerja jurusan manajemen perhotelan: perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

13. Jurusan Bisnis Fashion

Dari dulu dunia fashion selalu jadi bidang yang dibutuhkan serta selalu berkembang di setiap zamannya, bahkan semakin kesini dunia fashion menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh orang banyak. 

Program Studi Bisnis Fashion akan sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu menyukai pelajaran-pelajaran yang terlalu banyak teori. Disini kamu akan mempelajari tentang bagaimana mengatur bisnis dan perilaku konsumen pada trend fashion saat ini.

Prospek kerja jurusan bisnis fashion adalah:  visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan desainer terkenal.

14. Jurusan Kriminologi

Kalau kamu lihat dari namanya saja pasti kamu tahu bukan apa yang akan dipelajari di program studi ini kan? Program Studi Kriminologi akan fokus mempelajari teori dan praktek tindak kriminal secara empiris, baik dalam ruang lingkung nasional maupun internasional.

Program studi ini akan sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum namun khawatir dengan banyaknya pesaing karena Program Studi Hukum hingga saat ini merupakan salah satu program studi yang paling memiliki banyak peminat.

Prospek kerja jurusan kriminologi: Detektif, investigator swasta, analis intelijen, staff identifikasi dan rekam jejak kepolisian.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

15. Jurusan Ekonomi Kreatif

Meskipun program studi yang satu ini memiliki sedikit peminat, namun program studi ini memiliki berbagai prospek kerja yang sangat menjanjikan loh! Program studi ekonomi kreatif ini mengajarkan kamu bagaimana caranya bisa membangun dan mengembangkan segi perekonomian Indonesia dari segi kreatif.

Prospek kerja jurusan ekonomi kreatif: entrepreneur, digital marketing, konsultan bisnis.

16. Jurusan Sastra Mandarin

Nah, jika kamu pikir memilih Program Studi Sastra Mandarin gak ada gunanya, maka kamu salah besar loh! Program Studi Sastra Mandarin memang menjadi salah satu program studi yang memiliki sedikit peminat karena dianggap tidak memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Padahal jika kamu sadari, saat ini Indonesia sangat bergantung dengan Tiongkok dalam dunia perdagangan dan ekonomi. Banyak sekali perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia, dan perusahaan Indonesia sedang banyak yang menjalin kerjasama dengan perusahaan Tiongkok lainnya.

Prospek kerja sastra mandarin, translator, tour guide, staff perusahaan, dan lain sebagainya.

17. Jurusan Bisnis/Manajemen

Jurusan IPS yang selanjutnya adalah jurusan bisnis/manajemen. Buat kamu yang banget jadi entrepreneur atau pebisnis, jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget buatmu! Jurusan bisnis dan manajemen ini selalu saja ramai para peminatnya karena prospek karir yang terjamin di masa depan. Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen.

Prospek kerja jurusan bisnis/manajemen: analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

18. Jurusan Sosiologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu sosiologi. ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat. Buat kamu yang suka banget dengan kondisi atau fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat, jurusan ini cocok buat kamu. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Prospek kerja jurusan sosiologi adalah: dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

19. Jurusan Ilmu Politik

Nah, kalau jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengen jadi anggota parlemen atau politisi.Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan kamu akan mendalami sistem politik luar negeri loh! 

Prospek jurusan ilmu politik: politikus, jurnalis, presenter, analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

20. Jurusan Kesejahteraan Sosial

Jurusan IPS yang selanjutnya adalah jurusan kesejahteraan sosial. Jurusan ini mungkin memang jarang terdengar di Indonesia, namun jurusan ini memiliki peluang kerja yang oke loh. Program Studi Kesejahteraan Sosial akan banyak mengkaji dan mengembangkan pemikiran serta metode yang pas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Prospek kerja jurusan kesejahteraan sosial: Corporate Social Responsibility (CSR), staff di perusahaan, public relations,  atau bahkan Manajer Layanan Sosial dan Komunikasi.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *