Bagikan
scoll top
 
goKampus

3 Hal Wajib Dipersiapkan pada Tahun Ajaran Baru 2021

.
Bagikan

Sudah masuk pertengahan tahun nih itu tandanya tahun ajaran baru 2021 sekolah-sekolah sudah mau dimulai! Dengan kondisi masih di tengah-tengah pandemi Covid-19 pasti menyambut tahun ajaran baru ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Persiapan Tahun Ajaran Baru 2021 dan Seterusnya

Apalagi pembelajaran tatap muka di berbagai sekolah masih belum bisa dibuka, sehingga bisa diprediksi bahwa tahun ajaran baru 2021 masih akan menggunakan pembelajaran secara online atau yang biasa disebut dengan School From Home (SFH). Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk belajar di rumah? Berikut ini adalah 5 hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut pembelajaran tahun ajaran baru!

1. Kuota Internet

Jika nantinya memasuki tahun ajaran baru 2021 akan dimulai dengan belajar dari rumah berarti ini saatnya kamu mempersiapkan kuota internet yang banyak loh. Karena setiap harinya kamu akan menggunakan laptop dan internet untuk mengerjakan tugas atau menghadiri kelas.

2. Perlengkapan belajar

Yang selanjutnya adalah perlengkapan belajar seperti laptop, buku, catatan, dan lain sebagainya. Memasuki tahun ajaran baru 2021 bukan berarti kamu gak mempersiapkan perlengkapannya. Meskipun kamu belum masuk sekolah dan melakukan pembelajaran tatap muka, tapi kamu perlu loh untuk mempersiapkan buku dan catatan dalam kondisi fisik. Hal ini bisa membantu kamu untuk mencatat segala materi yang diberikan oleh guru.

3. Kondisi fisik yang sehat

Meskipun belajar dari rumah berbeda dengan belajar langsung di sekolah, tapi kamu harus tetap menjaga agar badan tetap fit ya. Masalahnya yang akan kamu hadapi adalah duduk dan fokus ke laptop selama berjam-jam loh. Kalau kondisi badanmu juga gak fit, pasti kamu akan gak nyaman untuk menyerap pelajaran.

Baca Juga: Yuk Lihat Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021

Tips Belajar Daring

Nah, selama mengikuti kurikulum tahun ajaran baru pasti kamu akan perlu beradaptasi kembali dengan gaya belajar yang kamu miliki. goKampus juga akan kasih tau kamu tips dan trik belajar daring selama pandemi loh biar kamu gak bosan dan tetap selalu aktif menerima pembelajaran!

1. Atur waktumu dengan tepat

Tips belajar daring yang pertama adalah atur waktu dengan baik dalam satu harimu mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, serta kamu juga harus menyeimbangkan waktu antara belajar dan bermain. Dengan mengatur waktumu, kamu tidak akan kewalahan dalam mengerjakan segala aktivitas.

Nah, kalau misalnya gurumu memberikan tugas, sebisa mungkin kamu harus mengerjakannya di hari yang sama. Hal ini untuk menghindari kamu mengulur-ngulur waktu yang diberikan. Mencicil tugas adalah kunci utama untuk kamu bisa tetap nyaman belajar daring loh guys.

2. Ciptakan ruangan belajar yang nyaman

Tips belajar daring yang kedua adalah kamu harus menciptakan ruangan belajar yang nyaman agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih fokus. Meskipun hanya dilakukan di rumah aja, tentu pembelajaran daring harus dilakukan di tempat yang nyaman dan bersih nih guys.

Setelah membersihkan tempat belajar, para pelajar harus mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang proses pembelajaran, gak hanya elektronik aja, buku catatan juga penting untuk mencatat seluruh kegiatan pembelajaran ya guys.

3. Aktif selama pembelajaran berlangsung

Tips belajar daring yang selanjutnya adalah kamu harus aktif selama kelas berlangsung meskipun hanya melalui daring aja. Meskipun belajar daring bukan pembelajaran tatap muka tapi bukan berarti kamu gak aktif selama di kelas loh ya. Menjaga komunikasi dengan guru dan teman sangat penting, karena dengan terus menjaga komunikasi, maka kamu juga gak akan kesulitan untuk memahami materi pembelajaran.

4. Belajar mengulang materi secara berkala

Tips belajar daring yang selanjutnya adalah sebisa mungkin kamu mengulang materi secara berkala karena mengerjakan tugas aja kadang gak cukup untuk bisa memahami materi pembelajaran loh. Kamu bisa coba menonton kembali video-video pembelajaran yang diberikan, mendiskusikan materi yang dipelajari, hingga membuat rangkuman dan konsep materi yang bisa membantu kamu di masa depan.

5. Refreshing itu penting!

Tips belajar daring yang selanjutnya biar gak bosan adalah refreshing! Selama mengisi waktu di sela-sela sekolah daring, kamu juga bisa menciptakan berbagai kebiasaan-kebiasaan positif seperti menyiram tanaman, membersihkan kamar, membaca buku, menulis jurnal, dan melakukan hobi lainnya yang menyenangkan loh.

Refreshing ini bisa jadi poin penting biar kamu jauh lebih produktif selama belajar. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan bersenang-senang agar kamu gak jenuh selama mengikuti proses pembelajaran secara daring.

6. Temukan gaya belajarmu sendiri

Tips belajar daring yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh. Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke. 

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. Ada banyak sekali caranya guys! Kalian bisa mencoba gaya belajar yang lain sambil mencari gaya belajar seperti apa yang cocok untuk kamu ya!

7. Menjaga fokus itu penting!

Tips belajar daring yang ketujuh adalah kamu harus fokus dengan pelajaranmu! Kalau kamu ada orang yang mudah selalu terganggu atau kamu adalah orang yang suka menunda-nunda ketika ingin belajar seperti main game dulu.

Maka, kamu harus rela untuk mematikan seluruh perangkat elektronik kamu demi mendapatkan cara belajarmu sendiri. Kamu bisa pergi ke perpustakaan untuk bisa mendapatkan suasana belajar yang kondusif agar kamu bisa lebih fokus untuk memahami pelajaran.

8. Gunakan teknik pomodoro

Mungkin sebagian dari kamu udah mengenal teknik pomodoro ini untuk menjaga aktivitasmu biar cara belajar efektif semakin terbukti dan semakin produktif. Buat kamu yang belum mengenal teknik pomodoro ini gampang banget. Atur timer kamu selama 25 menit dan gunakan waktu tersebut untuk belajar.

Namun, ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat agar pikiranmu jauh lebih tenang dan rileks. Dan kalau 5 menit sudah berlalu, set timer 25 menit kembali dan mulai belajar lagi.

Kamu bisa mengatur waktu kamu sesuai target yang kamu inginkan, yang penting adalah kamu harus bisa mencoba on time dan produktif selama timer belum berbunyi.

Oh iya, setelah lulus kuliah nanti, mungkin salah satu keinginan kamu bekerja di perusahaan impian, kan? Sembari kuliah nanti, yuk upgrade juga skill kamu bareng goKampus agar lebih siap kerja setelah lulus nanti!

Asah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja dengan ikutan kelas Keahlian Berpikir Kritis di sini dan kelas Kecerdasan Emosional (EQ) di Tempat Kerja di sini. Kedua soft skill itu penting banget dan dibutuhkan di dunia kerja, loh. Cus, ikutan kelasnya sekarang!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-