Bagikan
scoll top
 
goKampus

3 Skill Ini Dibutuhkan Di Era Digital, Simak Yuk!

.
Bagikan

Siapa di sini yang update dengan perkembangan zaman menuju era digital? Sepertinya hampir semua ya. Hal yang wajar kalau kita sebenarnya berada di dalam kondisi di mana semua kegiatan yang mendukung kehidupan semakin mudah berkat hadirnya inovasi digital.

Ke depannya, era digital juga akan menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien. Nah, perkembangan era digital ini juga akan berdampak pada kehidupan masyarakat menuju kehidupan baru. Misalnya dengan hadirnya jaringan internet, perangkat digital, aplikasi, media sosial, membuat orang berlomba-lomba untuk membuat hal baru yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari dari berbagai hal.

Jika zaman sudah sejauh itu, apa yang bisa kamu lakukan sebagai generasi terkini? Jawabannya adalah meningkatkan skill seputar dunia digital. Kamu harus mampu memenuhi kebutuhan skill saat ini untuk menjawab tantangan era web 2.0 menuju 3.0. Seperti apa cara meningkatkan skill-nya? Susah gak mempelajarinya?

Tenang, pada 9 Maret 2022, Nathanael Santoso, Founder & CEO goKampus membagikan tips persiapan skill yang dibutuhkan di era web 3.0 loh. Berikut penjelasannya.

1. Digital Literacy

Digital literacy atau literasi digital adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam menjalin komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun manfaat dari digital literacy, yaitu:

  1. Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu
  2. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.  Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca
  3. Meningkatkan kemampuan verbal individu
  4. Meningkatkan fokus serta konsentrasi individu
  5. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

2. Analytical Thinking

Analytical thinking atau berpikir kritis adalah kemampuan seseorang untuk mengatasi masalah dengan mengumpulkan seluruh informasi dan mengevaluasi informasi tersebut, sehingga menghasilkan solusi kreatif untuk memecahkan masalah secara cepat dan efektif. Seseorang dengan kemampuan berpikir yang baik dicerminkan dengan analytical skills. Perpaduan kemampuan ini dapat membantu tim dalam organisasi atau perusahaan ketika membuat keputusan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan tujuan yang teridentifikasi.

Manfaat analytical thinking yaitu:

  1. Lebih open-minded
  2. Mudah menyelesaikan masalah
  3. Meminimalkan salah persepsi
  4. Mengetahui kemampuan diri
  5. Mampu berkomunikasi lebih baik
  6. Tidak mudah dimanfaatkan oleh orang lain

3. Problem Solving Skills

Problem solving skills adalah kemampuan untuk menganalisis masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah tersebut. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja. Keahlian ini sangat penting ketika kamu mengambil keputusan dan juga mengatasi masalah di dunia kerja, baik untuk masalah yang terduga maupun tak terduga.

Beberapa manfaat memiliki problem solving skill adalah sebagai berikut.

1. Melatih leadership

2. Belajar mengatur waktu

3. Memperluas jaringan atau networking

4. Mengasah kemampuan sosial.

5. Manajemen konflik yang lebih baik

Apakah sulit mendapatkan akses belajar untuk mengasah skill-skill tersebut? Tentu tidak dong. Soalnya goKampus memfasilitasi seluruh pembelajaran yang memungkinkan kamu meningkatkan skill digital. Apa saja skill digital untuk menjawab tantangan web 3.0 yang bisa kamu dapatkan di goKampus?

  1. Critical Thinking And Analysis (bisa kamu klik di sini)
  2. Active Learning & Problem Solving (bisa klik di sini)
  3. Technology Use, Monitoring & Control (bisa klik di sini)
  4. Leadership & Social Etiquette (klik di sini)
  5. Digital Literacy (klik di sini atau di sini)

Gimana? Sudah siap untuk meningkatkan skill dalam menghadapi tantangan digital web 3.0 belum? Langsung pilih kelas-kelasnya di goKampus tadi ya! Sebagai marketplace program pendidikan, goKampus memberikan informasi lengkap seputar kelas online dan referensi universitas terbaik dalam dan luar negeri.

Oh iya, di goKampus kamu juga bisa daftar kuliah dengan instant approval loh. Bisa jadi mahasiswa baru langsung dalam 24 jam. Penasaran? Klik di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-