Bagikan
scoll top
 
goKampus

4 Fungsi Media Sosial, dari Komunikasi hingga Bangun Branding

.
Bagikan

Kamu pasti sudah akrab dong dengan media sosial? Berkat media sosial, kita jadi tetap up to date dengan isu atau informasi yang ada di dunia. Hampir semua orang mengakses social media untuk mencari dan menyebarkan informasi. Selain memperoleh berbagai informasi, apa saja sih fungsi media sosial dalam kehidupan kita? Yuk, kepoin langsung di artikel ini!

4 Fungsi Media Sosial

Berdasarkan riset We Are Social 2022, jumlah pengguna media sosial di dunia ini mencapai 4,62 miliar orang atau setara dengan 58,4% populasi di dunia. Dalam satu tahun terakhir, jumlah pengguna aktif media sosial naik hingga 10,1%. Dengan banyaknya pengguna, kita tentu perlu mengetahui apa sih sebenarnya fungsi media sosial itu? Mengutip dari Gramedia, berikut 4 fungsi media sosial yang sangat berguna di kehidupan kita!

1. Untuk berkomunikasi

Fungsi media sosial ini tentu sudah kita ketahui, ya. Melalui media sosial, kamu dapat dengan mudah menghubungi teman atau keluargamu dengan jarak jauh, kapan pun dan di mana pun tanpa batasan waktu. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan kabar atau update tentang diri mereka. Contohnya, kamu bisa melihat keseharian mereka melalui fitur Instagram Story.

2. Membangun citra atau branding

Media sosial bisa membantumu membangun citra atau branding di mata banyak orang. Kamu dapat menentukan citra apa yang ingin kamu tampilkan di social media dengan berbagai cara. Citra ini dapat kamu buat dengan menonjolkan ciri khas dan karakter kamu. Makanya, gak heran kalau orang yang kamu kenal di media sosial gak mirip atau berbeda dengan dunia nyata, seperti kepribadiannya. Oh iya, fungsi yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk bisnis yang lagi kamu bangun, loh!

3. Bantu kamu untuk berbisnis

Kamu dapat dengan mudah berjualan dan memberikan informasi produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui media sosial. Hal ini karena dalam media sosial sudah terbentuk jaringan sosial yang bisa kamu jadikan target pasar. Selain itu, melalui media sosial kamu juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam. Apalagi, sekarang lagi tren livestreaming shopping. Bisa tuh kamu manfaatkan fitunya untuk bisnismu!

4. Membantu memasarkan produk atau jasamu

Pemasaran melalui media sosial menjanjikan juga loh, khususnya bagi para pebisnis yang ingin melebarkan sayapnya. Media sosial menyedia fitur-fitur yang memudahkan pebisnis untuk menjangkau banyak konsumen. Sebaliknya, konsumen juga bisa menggunakan layanan yang tersedia guna memudahkan proses transaksi.

Salah satu upaya marketing adalah dengan membuat konten yang unik. Melalui konten yang menarik dan unik, akan membuat produk, jasa, maupun bisnismu viral. Konten yang viral mampu memikat banyak pengguna media sosial dari seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, penjualanmu pun akan meningkat.

Baca Juga: Mau Jadi Social Media Specialist? Yuk, Kuasai 5 Skills Ini!

Itulah beragam fungsi media sosial. Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Pekerjaan yang berhubungan dengan social media memang terus berkembang. Sambil mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja atau upgrade skill yang sesuai kebutuhan industri, kamu bisa ambil kelas Social Media Marketing di sini.

Mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

fungsi media sosial dan kelas yang bisa kamu ikuti

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-