perbedaan snmptn dan sbmptn
Daftar Kuliah FAQ goKampus Tips Mahasiswa

4 Tips Freelance Buat Mahasiswa Nambah Uang Jajan

Sebagai mahasiswa, biasanya kamu akan mulai untuk mencari uang jajan tambahan nih.. Pilihannya ada dua, antara kamu part time atau ambil freelance. Apalagi sekarang lagi masa pandemi nih… Kamu bisa menyesuaikan waktu-waktu kamu kuliah online dengan menerima jasa freelance. Tapi, ambil freelance juga gak bisa sembarangan loh! Apa aja sih yang mesti diperhatikan? goKampus akan kasih kamu 4 tips freelance untuk mahasiswa. Check this out!

1. Atur Jadwal Kuliahmu

Tips pertama kalau kamu sudah memutuskan untuk mengambil pekerjaan freelance, kamu harus atur waktu kuliah sebaik mungkin dengan jam kerja freelance yang akan kamu ambil. Meskipun freelance bisa dikerjakan di mana saja tapi ada beberapa pekerjaan yang mengharuskanmu untuk ke lapangan loh. Jangan sampe jam kerja freelance mengganggu waktu kuliahmu, ya!

2. Pahami Dan Tentukan Skill Yang Kamu Miliki

Sebelum kamu mencari freelance yang tepat, kamu harus tau nih skill yang ingin kamu berikan ke perusahaan apa. Misalnya, kalau kamu belum terlalu paham tentang segala hal yang berkaitan dengan editing video, nah lebih baik kamu cari tau dan pelajari dulu tentang editing video sebelum kamu menerima jasa freelance itu guys.. Karena saat ini perusahaan sering banget loh untuk mengajak kamu konsultasi tentang request yang mereka mau, jadi kalo kamu gak terlalu paham tentang pekerjaanmu, bakal jadi gawat nih!

Baca Juga : Kenapa Sih Harus Daftar Kuliah di Untar?

3. Cari Pekerjaan Yang Tepat

Tips freelance mahasiswa yang ketiga ini penting banget buat kamu semua yang baru aja mulai untuk ambil kerjaan freelance: Kamu gak boleh sembarangan untuk mencari pekerjaan freelance ya! Penting banget untuk kamu mengutamakan riset tentang pekerjaan dan perusahaan yang memberikan jasa freelance itu. Gak cuman riset tentang pekerjaannya aja, tapi kamu juga harus riset tentang perusahaan yang mau kamu terima serta benefit yang akan diberikan. Cek bener-bener ya!

4. Pelajari Budaya Kerja Freelance

Budaya kerja freelance pastinya berbeda dengan part time ataupun full time ya, di freelance penting banget buat kamu untuk mengenal bagaimana budaya kerjanya, misalnya aja untuk jam kerja freelance pastinya gak beraturan, kamu bisa aja mendapatkan tugas di jam malam atau saat weekend tiba, karena biasanya kamu akan berurusan langsung dengan klien perusahaan loh. Jadi waktu kerja kamu akan sangat fleksibel.

Udah siap untuk ambil uang jajan tambahan dari freelance kamu? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *