biaya pendaftaran sbmptn
Daftar Kuliah

5 Alternatif Yang Bisa Kamu Coba Kalau Gagal SBMPTN

Momen pengumuman penerimaan perguruan tinggi emang selalu menegangkan mulai dari SNMPTN sampai SBMPTN. Namanya juga usaha, pasti akan ada yang berhasil dan ada juga yang gagal. Buat kamu yang sedang menunggu pengumuman SBMPTN, tentunya kamu harus siap dengan dua hasil, yaitu antara lolos atau gagal SBMPTN. 

Eits, tapi gagal SBMPTN bukan akhir dari perjuangan kamu ya! Meskipun pahit, jangan sampai kamu menyerah pada keadaan. Masih banyak jalan menuju Roma, kok! Ini 5 hal yang bisa kamu coba untuk kamu yang gagal SBMPTN supaya tetap produktif dan gak berhenti belajar. Yuk disimak!

1. Coba seleksi Mandiri PTN

Ini hal paling lumrah yang biasa dilakukan siswa saat gagal SBMPTN. Jalur ujian Mandiri bisa dibilang jadi solusi atau kesempatan terakhir buat kamu yang kekeh banget pengen masuk PTN. Biasanya ujian Mandiri di PTN-PTN jaraknya lumayan berdekatan, jadi jangan lupa untuk cek jadwal ujian antara PTN yang kamu tuju supaya gak bentrok ya!

Untuk ikut di seleksi Mandiri, kamu perlu mempersiapkan biaya tambahan yaitu biaya pendaftaran. Selain itu, calon mahasiswa yang masuk PTN melalui jalur Mandiri biasanya memiliki biaya kuliah yang sedikit lebih tinggi dibandingkan calon mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Makanya, disarankan juga untuk cek biaya kuliah jika masuk lewat jalur Mandiri.

2. Daftar Universitas Swasta

Nah, goKampus pengen bilang ke kamu nih bahwa PTN bukan segalanya kok! Ada banyak pilihan universitas swasta yang punya kualitas dan fasilitas yang bagus banget dan gak kalah sama PTN. Banyak yang beranggapan kalau universitas swasta biayanya mahal, padahal banyak loh kampus swasta yang menawarkan kualitas oke dengan biaya terjangkau. Selain itu, ada beasiswa juga yang biasanya ditawarkan untuk meringankan uang kuliah.

Untuk daftar ke universitas swasta, jangan lupa buat perhatiin biaya pendaftaran dan juga uang kuliahnya ya! Masih banyak universitas swasta yang membuka jalur pendaftaran melalui rapor, jadi kamu gak perlu capek-capek tes lagi. Buat kamu yang daftar ke kampus swasta lewat Instant Approval goKampus, cukup dengan upload raport dan gak pake biaya pendaftaran udah bisa diterima kuliah loh!

3. Daftar ke Politeknik

Siapa bilang kuliah cuma bisa di universitas doang? Jangan salah, kuliah di Politeknik juga bisa loh! Politeknik adalah perguruan tinggi yang sistem pendidikannya lebih mengedepankan praktek dibandingkan teori. Jika dibandingkan, materi kuliah di Politeknik adalah 60% praktek dan 40% teori. Mahasiswa Politeknik akan mengenyam kuliah selama 4 tahun di jenjang D4 yang nantinya akan bergelar Sarjana Terapan. Kuliah di Politeknik bakal mempersiapkan kamu ke dunia kerja, karena biasanya ada program wajib magang yang terdapat di kurikulumnya. Cocok nih buat kamu yang lebih suka langsung terjun ke lapangan dibandingkan belajar di ruang kelas terus-menerus!

Daftar ke Politeknik juga bisa lewat goKampus loh! Ada beberapa pilihan Politeknik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kuliah nanti lewat program Instant Approval. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

4. Kerja sambil kuliah dengan kelas online atau kelas karyawan

Buat kamu yang memang ada rencana kerja aja kalau gagal SBMPTN, jangan sampai kerja menghalangi mimpi kamu buat kuliah ya! Kamu juga bisa kok, kerja sambil kuliah lewat program kelas karyawan atau kelas full online yang disediakan di beberapa perguruan tinggi. Kelas karyawan adalah jenis program yang berbeda dari kelas reguler karena mahasiswanya terdiri dari orang-orang yang sudah bekerja. Biasanya, kuliah di kelas karyawan diadakan di sore sampai malam hari untuk menyesuaikan jam pulang kerja. Selain itu, materi di kelas karyawan pada beberapa kampus juga biasanya menyesuaikan kebutuhan yang ada di dunia kerja supaya bisa langsung dipraktekkan oleh mahasiswanya.

Selain kelas karyawan, kamu juga bisa nih ikut kuliah berbasis full online. Semenjak pandemi Covid-19, hampir seluruh kampus di Indonesia harus bisa menyediakan kelas online supaya kegiatan belajar-mengajar gak terhambat. Hal ini bikin beberapa perguruan tinggi swasta akhirnya membuat program full online yang bisa dipilih mahasiswa yang punya kesibukan lainnya selain kuliah. Kalau kamu tipe yang lebih fokus belajar sendiri, kamu bisa pilih program kuliah full online, sedangkan kalau kamu tipe yang lebih senang ketemu teman-teman di ruang kelas, bisa pilih kelas karyawan biasa. Jadi, mau pilih yang mana nih supaya bisa kuliah sambil kerja?

5. Ikut kursus 

Alternatif terakhir ini cocok kalau kamu berminat untuk ambil gap year dan coba SBMPTN tahun depan tapi gak pengen nganggur selama setahun. Kamu bisa ikut kursus untuk memperluas atau memperdalam kemampuan kamu sambil mengisi waktu luang. Ada banyak jenis dan bidang yang bisa kamu ikuti lewat kursus, mulai dari bahasa asing, memasak, make up, hairdo, musik, komputer, desain, dan masih banyak lagi. Pengalaman kursus ini berguna juga loh untuk cari kerja nanti, karena tandanya kamu memiliki keahlian lain selain pengetahuan akademis yang didapat dari kuliah. Intinya, dengan ikut kursus, keterampilan yang didapat gak bakal sia-sia, deh!

Ternyata masih banyak hal-hal yang bisa kamu lakuin kalau gagal SBMPTN nih. Selain 5 alternatif di atas yang bikin kamu tetap belajar, kamu juga bisa coba hal lainnya loh, kayak buka usaha atau kerja freelance. Jadi, jangan merasa kalau gagal SBMPTN berarti kamu gagal dalam hidup ya. Keep going, don’t stop!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *