gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

5 Cara Nabung buat Beli HP yang Bisa Pelajar dan Mahasiswa Coba!

.
Bagikan

Handphone (HP) atau smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kebanyakan orang, tak terkecuali bagi pelajar dan mahasiswa. Kamu bisa mengakses berbagai informasi di dunia maya melalui smartphone. Namun, harga HP memang kian beragam, baik berdasarkan fungsi, desain, hingga kecanggihan fitur. Bagi pelajar dan mahasiswa, membeli HP membutuhkan dana yang gak sedikit. Tenang, kamu tetap bisa membeli smartphone impianmu dengan beberapa cara. Yuk, kepoin cara nabung buat beli HP di artikel ini!

5 Cara Nabung buat Beli HP

Jangan keburu galau karena gak bisa membeli HP idaman, kamu tetap bisa melakukan cara-cara berikut!

1. Tentukan budget HP impianmu

Cara nabung buat beli HP adalah kamu perlu tahu tipe HP beserta harganya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki gambaran mengenai target yang harus kamu raih saat nabung. Namun, perlu kamu ingat, usahakan beli HP yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan terlena oleh tren yang pada akhirnya akan memberatkanmu. Pilihlah HP yang sesuai dengan kemampuan finansial, tapi tetap berkualitas. Kamu juga bisa membandingkan harga HP di satu toko dengan toko lainnya.

2. Sisihkan uang untuk menabung

Cara nabung bat beli HP yang berikutnya adalah menyisihkan sebagian uang jajan untuk kamu tabung. Misalnya, setiap hari kamu bisa menyisihkan uang jajan sebesar Rp20.000. Dengan begitu, setiap bulannya kamu bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp600.000. Tentu dengan menyisihkan uangmu setiap hari, kamu juga akan berlatih untuk gak konsumtif dan lebih bisa menahan diri terhadap kebutuhan yang gak terlalu penting.

3. Buka rekening khusus tabungan

Langkah ini penting agar uang tabunganmu gak tercampur dengan biaya keperluanmu untuk sehari-hari. Dengan memiliki dua rekening, kamu juga bisa lebih fokus untuk menabung tanpa takut tabungan untuk keperluan sehari-hari terpakai secara gak kamu sadari.

4. Cari pekerjaan sampingan

Kamu punya keahlian apa? Coba cari pekerjaan sampingan, seperti freelance atau part-time yang bisa kamu lakukan. Melalui cara ini, kamu bisa semakin cepat untuk meraih HP impianmu. Namun, kamu harus ingat konsekuensinya, kalau bekerja freelance atau part-time, sebaiknya gak mengganggu waktu belajar atau kuliahmu. Kamu bisa lakukan pekerjaan ini saat libur semester, misalnya.

5. Mulai berinvestasi

Sudah banyak anak muda saat ini yang mulai terjun ke dunia investasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bunga aset yang kamu investasikan. Salah satu investasi yang bisa kamu piih adalah reksa dana karena instrumen investasi ini minim risiko dengan untung yang cukup menjanjikan.

Terlebih, saat ini kamu bisa berinvestasi dengan modal yang kecil, yaitu mulai dari Rp10.000. Ingat, pilihlah perusahaan investasi yang terdaftar ke dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar investasimu lebih aman dan terjamin.

Baca Juga: Begini Cara Investasi yang Menguntungkan dan Aman!

Itulah beberapa cara nabung buat beli HP yang bisa kamu lakukan. Tentu konsisten dalam menabung dan hidup hemat sangat perlu. Hal ini akan melatihmu disiplin mengatur keuangan dan menahan diri dalam mengeluarkan uang. Semoga kamu bisa cepat mendapatkan HP impian, ya!

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri di dunia kerja dengan posisi yang terus berkembang, kamu bisa ambil kelas Managing Business Strategy dari Nanyang Technological University Singapore. Kelasnya bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari kampus ternama Asia dengan biaya terjangkau cukup Rp700 ribu/bulan. Penasaran? Sign up sekarang, yuk!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-