gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

5 Cara Nabung untuk Beli Rumah Impian, Yuk Mulai dari Sekarang!

.
Bagikan

Bisa punya rumah pribadi dan uang sendiri tentu menjadi dambaan dan kebanggan tersendiri. Apalagi setiap tahun harga tanah dan properti melambung tinggi. Makanya nih, tak sedikit anak muda yang merasa kesulitan nabung untuk membeli rumah. Harga yang naik setiap tahun menjadi momok tersendiri bagi generasi muda. Hmm, kira-kira bisa gak ya kita nabung untuk beli rumah? Nah, goKampus punya 5 cara nabung untuk beli rumah yang bisa kamu ikuti. Yuk, mulai dari sekarang agar kamu bisa membeli rumah impianmu!

5 Cara Nabung untuk Beli Rumah

Dengan menabung mulai sekarang, kamu bisa mengumpulkan uang lebih banyak. Apalagi kamu juga harus membayar uang muka dan biaya lain-lainnya. Berikut cara nabung untuk beli rumah yang bisa kamu lakukan dari sekarang!

1. Buka rekening khusus tabungan rumah

Salah satu cara nabung untuk beli rumah yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah membuka rekening khusus untuk tabungan rumah. Memiliki rekening khusus bisa membantumu untuk mengatur seluruh pendapatanmu secara spesifik.

Dengan memiliki dua rekening, maka uang tabunganmu pun gak akan terganggu untuk pengeluaran sehari-hari karena kamu sudah memiliki rekening khusus untuk kebutuhan harian. Sedikit tips, lebih baik kamu menabung di awal bulan atau sesaat setelah mendapatkan gaji. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jumlah uang yang akan kamu tabung dan yang akan kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari.

2. Tentukan target tabungan

Kamu bisa menentukan target tabungan, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol keuanganmu karena memiliki target yang harus kamu capai. Namun, hindari menetapkan nominal yang terlalu besar dalam menabung karena hal ini malah bisa menjadikanmu beban untuk menabung. Pastikan, kamu menabung gak lebih dari 30% dari pendapatanmu.

3. Mulailah hidup hemat

Jika punya impian untuk bisa membeli rumah, maka kamu harus mengubah pola hidupmu menjadi lebih hemat. Hindari membeli barang-barang yang gak terlalu penting agar uangmu gak cepat habis. Jangan lupa lunasi semua hutang jika kamu memiliki impian membeli rumah. Hal ini agar kamu bisa fokus menabung tanpa memikirkan biaya tanggungan lain.

4. Cari pendapatan tambahan

Cara nabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan mencari pendapatan tambahan, seperti melakukan pekerjaan sampingan (freelance) atau melalui investasi. Hasil yang kamu dapatkan dari kedua hal tersebut bisa menjadi tambahan untuk tabunganmu. Dengan begitu, target bisa lebih cepat tercapai dan rumah impian pun bisa lebih cepat tergapai. Kamu juga bisa loh menabung buat di rumah di instrumen investasi, seperti saham maupun reksa dana jika kamu ingin menabung lebih dari 5 tahun.

5. Ikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Kamu bisa mengikuti berbagai program KPR, mulai dari KPR subsidi pemerintah, milenial, dan lainnya. Apalagi, sekarang banyak bank yang menyediakan program KPR khusus untuk anak muda yang sudah berpenghasilan. Nah, kamu bisa menyesuaikan program KPR berdasarkan pendapatanmu per bulan.

Itulah 5 cara nabung untuk beli rumah yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Memang gak ada yang bisa berhasil secara instan. Kamu harus disiplin serta konsisten dalam menabung agar targetmu tercapai.

Baca Juga: Nabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Gimana Caranya?

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri di dunia kerja dengan posisi yang terus berkembang, kamu bisa ambil kelas Managing Business Strategy dari Nanyang Technological University Singapore. Kelasnya bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari kampus ternama Asia dengan biaya terjangkau cukup Rp700 ribu/bulan. Penasaran? Sign up sekarang, yuk!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-